Review realme C21 : Bukan Hape Entry Level Biasa!!!

GadgetSquad.ID – “Diam-diam menghanyutkan” ungkapan tersebut layak disematkan kepada sepak terjang realme di Indonesia, pada awal tahun ini. Namun pasca merilis seri narzo 30A beberapa waktu lalu, tanpa memberi waktu menghela “nafas” sejenak, dua hape anyar kreasi realme dipastikan mendarat ke Tanah Air.

Kedua hape tersebut adalah realme C25 dan realme C21. Datang dengan identitas seri “C”, sudah pasti sudah pasti kedua hape itu akan meneruskan kesuksesan realme di kelas entry level. realme menjanjikan kedua perangkat ini akan membawa peningkatan besar dibandingkan C-series generasi sebelumnya

Seperti apa peningkatan yang disajikan realme kali ini. Nah kebetulan di meja redaksi GadgetSquad, sudah disambangi oleh salah satu hape terbaru realme, yakni seri C21. Bagaimana ketangguhan dan peningkatan apa saja yang dimiliki realme C21? Ini dia ulasan lengkapnya..cus!!!

Desain
Kotak penjualan hape baru ini sangat realme banget, warna dasarnya kuning lengkap dengan tulisan realme C21 sebagai identitas produk. Langsung aja GadgetSquad akan mengulas tampilan desain realme C21.

Rancang bangunnya nggak neko-neko, namun tetap terlihat elegan dan mewah. Kesan elegan tidak lepas dari balutan warna dasar hitam yang membalut bodi realme C21. Hape ini tersedia dalam pilihan warna Cross Blue, serta Cross Black seperti yang GadgetSquad ulik kali ini.

Aura mewah terlihat saat GadgetSquad menelusuri bodi belakang realme C21. Sesuai identitas warnanya yakni Cross Black, bodi belakang realme C21 memiliki pattren yang nampak seperti hurup “X” saat dilihat dari jauh. Pihak realme sendiri menyebutnya sebagai desain “crosshatch”, yang terinspirasi dari bentuk jam pasir.

Bagian belakang yang bertekstur, diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi. Penggunaan teknologi ini membuat realme C21 lebih berwarna, menarik, tak mudah tergores, nggak gampang kotor oleh sidik jari, serta lebih nyaman digenggam saat dibawa beraktivitas.

Pada area belakang, selain menemukan desain bodi nan mewah, terdapat 3 lensa kamera plus lampu flash yang tersusun dalam bingkai kotak, sensor sidik jari, logo realme di bagian bawah kiri serta corong speaker. Sementara bagian sisinya terdapat tombol power, volume, slot sim card, port jack audio 3,5mm dan port charger.

Secara garis besar, desain realme C21 nampak apik saat berada dalam genggaman. Menurut Gadget Squad, di seri C21 sekali lagi realme membuktikan, jika mereka bisa menaikkan derajat desain hape entry level. realme bisa membuat desain realme C21 yang datang dari segmen entry level terlihat mewah, layaknya hape flagship masa kini.

Layar
Sisi eksterior masih menjadi fokus eksplorasi, tentu saja sekarang saatnya bagian layar yang akan diulas. Layar realme C21 yang bergaris tengah 6,5 inci dengan kombinasi rasio 20:9, plus resolusi menyentuh level HD+ 720*1600, terbilang sudah mengikuti tren saat ini.

Layarnya realme C21 sendiri memiliki konsep Mini-drop, dimana sudah mengadopsi proses susunan baru yang ditingkatkan berdasarkan fungsi, sehingga area poni berkurang dan menghadirkan rasio layar hingga 89,5%.

Imbas kreasi tersebut, membuat tampilan layar realme C21 nampak semakin luas. Alhasil, mampu memberikan pengalaman menakjubkan saat digeber bermain game, hingga menonton video dengan kualitas tinggi. Jadi jangan heran, kamu bisa lupa waktu jika sudah asik beraktivitas dengan realme C21.

Sertifikasi Kelas Dunia
Walau dibuat untuk bertarung di kelas pemula, realme tidak main-main dalam mengembangkan seri C21. Demi unggul di kelas pemula, realme menerapkan sertifikasi keandalan sesuai survei internal, termasuk pengujian dari badan ternama, yaitu TÜV Rheinland.

Selama 8 bulan terakhir, realme dan tim penguji di TÜV Rheinland bekerjasama untuk menetapkan standar kualitas baru yang ditingkatkan untuk hape. Setidaknya ada 23 proses pengujian, untuk berhasil mendapat sertifikat keandalan masa pakai smartphone selama tiga tahun sesuai standar TÜV Rheinland.

Mulai dari 10 Skenario Pengujian Penggunaan Harian seperti jatuh, abrasi karena penggunaan semisal bergesekan dengan celana jeans atau yang saat ini sering terjadi adalah penggunaan hand sanitizer, yang menyebabkan perubahan warna pada bodi belakang. Ada juga 7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu super tinggi dan super rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara. Serta, skenario Uji Reliabilitas 6 Komponen.

Hasilnya, realme C21 sudah lulus uji dan tahan banting untuk jangka pemakaian tiga tahun menurut 23 uji keandalan TÜV Rheinland.

Kamera
Walau datang dari kelas entry level, realme tidak ragu untuk memposisikan realme C21 sebagai hape dengan kualitas kamera mumpuni. Yup, realme C21 menjadikan kamera sebagai salah satu senjata utama, untuk bersaing dengan kompetitor di level yang sama dengan slogan “Tiga Kamera Kualitas Juara”.

Apakah kualitas kamera realme C21, bisa membuat hape ini menjadi “jawara” di kelasnya. Menilik slogan yang diusung, sudah pasti tiga kamera di bodi belakang, menjadi senjata utama realme C21 untuk menggoda konsumen.

mode malam

Kamera utamanya berteknologi AI dengan sensor 13MP, serta aperture f/2.2. Bukaan yang menyentuh angka f/2.2 terbilang besar, alhasil GadgetSquad jadi lebih mudah berburu objek foto dalam berbagai kondisi cahaya. Untuk foto dalam kondisi cahaya normal, baik di dalam maupun luar ruangan, hasil bidikan realme C21 sudah memuaskan.

normal

Sedangkan saat kondisi minim cahaya, memang ada noise namun masih dalam batas wajar. Beruntungnya, hape ini ternyata sudah tersedia moda “night”, yang sangat membantu jika kamu ingin berburu foto malam maupun saat kondisi minim cahaya.

makro

Jika kamu ingin menghasilkan foto dengan detail yang akurat, lensa macro 2MP siap mewujudkan keinginan tersebut. realme C21 memiliki lensa makro dengan jarak pengambilan gambar super dekat, hingga 4cm. Hasil foto makronya terbilang memuaskan, gak kalah dengan kompetitor di kelas yang sama.

bokeh

Kreativitas kamu menghasilkan foto artistik nan kece dengan kamera realme C21, bisa dieksplor lebih jauh dengan memaksimalkan lensa 2MP B&W dan Retro. Hal lain yang perlu diketahui, kamera realme C21 memiliki kemampuan 4x zoom.

Bagaimana untuk keperluan foto selfie? Untuk tetap eksis di sosial media, realme C12 menggoda pencinta foto selfie dengan kamera depan 5MP. Kamera depannya mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie.

Tidak ketinggalan, fasilitas imaging realme C21 juga bisa bertranformasi menjadi perekam video. Video yang dihasilkan memiliki kualitas 720p / 1080p, 30fps. Kualitasnya videonya sudah terbilang lebih dari cukup, untuk sekedar membuat konten standar sosmed yang dipublish di Instragram dan sebagainya.

Performa
Jika selama ini kamu memiliki anggapan bahwa hape kelas entry level, hadir dengan performa seadanya. Anggapan tersebut menurut GadgetSquad perlahan mulai terkikis. Pasalnya, semakin banyak hape entry level dengan performa jempolan, salah satunya adalah realme C21.
Yup, selama mengeksplor realme C21 untuk berbagai aktivitas, baik yang bersifat kerjaan, hingga memaksimalkan hape ini sebagai perangkat hiburan. Tim GadgetSquad puas dengan manuver realme C21 dalam menjalankan fungsinya.

Kualitas performa realme C21 sangat teruji saat GadgetSquad menggebernya, bermain PUGB mobile yang dikenal menguras tenaga. Dalam setingan normal, hape entry level ini mampu bermanuver mulus, menuntaskan misi di medan perang PUGB mobile.

Performa mulus realme C21, tentu saja tidak lepas dari keputusan realme yang memilih prosesor MediaTek Helio G35. Sebagai “otak” dari realme C21, MediaTek Helio G35 sudah berteknologi delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz.

Perlu dicatat MediaTek Helio G35, memang dikembangkan sebagai chipshet gaming untuk hape kelas entry level. Dalam menyokong performanya, prosesor MediaTek Helio G35 disokong RAM tipe LPDDR4X. Dibanding LPDDR3, teknologi LPDDR4X punya performa lebih bertenaga, dimana membuat performa grafis naik 20% dan kinerja RAM meningkat 100%.

Untuk memanjakan konsumen, realme C21 hadir dengan pilihan RAM 3GB plus internal 32GB, serta RAM 4GB dengan internal 64GB. Kedua tipe tersebut, sudah dilengkapi realme dilengkapi dengan slot 3-Kartu, dua untuk kartu SIM Nano dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB).

Daya Tahan
Keluarga seri C realme selama ini terkenal, sebagai hape yang menawarkan baterai besar harga terjangkau. Apakah keunggulan tersebut berlanjut di realme C21? Jawabannya bisa dipastikan masih berlanjut.

Ya, bukti jika realme C21 layak mendapat sertifikat daya tahan dari TÜV Rheinland, salah satunya tercermin dari kualitas catu daya hape ini. realme C21 memiliki baterai mega 5000mAh yang dapat digunakan untuk menikmati penggunaan tanpa henti.

Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C21 dapat bertahan selama 47 hari dalam mode siaga, bahkan bisa lebih. Jika berdasarkan pengujian yang dilakukan GadgetSquad, ketika digeber bermain gim online 1 jam non stop, baterai realme C12 hanya berkurang sekitar 5%.

Menariknya, agar realme C21 bisa bertahan hidup lebih lama, baterai hape ini sudah dibekali sederet teknologi tambahan. Salah satunya moda “Super Power Saving Mode”. Dalam moda ini, kamu bisa memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan, untuk tetap aktif guna memperpanjang usia baterai yang sangat lama.

Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif. Hasil pengujian baterai 5% (dalam Mode Super Power Saving Mode), hape ini bisa bertahan 2.23 jam untuk telepon, jika digunakan menonton YouTube mampu bertahan 1.36 jam, untuk sekedar standby daya tahannya mencapai 57.08 jam.

Perlu diketahui, port charger dari realme C21 masih menggunakan tipe micro USB, hal ini membuat kamu jadi lebih mudah saat ingin mengisi daya. Hal lain yang berlu diketahui, realme C21 sudah mendukung OTG reverse charging, artinya dalam keadaan darurat hape berbasis Android 10 ini, bisa menjadi menjadi powerbank.

Kesimpulan
Jika sebelumnya realme bisa merubah image hape entry level yang bisanya tampil ala kadarnya, menjadi ponsel dengan desain menawan layaknya produk flagship. Di seri realme C21, sekali lagi realme membuktikan jika mereka bisa merubah image hape entry level.

realme C21 merupakan hape entry level dengan kualitas daya tahan di atas rata-rata. Sertifikat dari TÜV Rheinland, adalah buktinya bagaimana ketangguhan realme C21 bertahan dalam berbagai kondisi. Hal inilah yang tidak memiliki kompetitor di level yang sama.

Klaim realme seputar kekuatan realme C21, menurut GadgetSquad bisa dipertanggung jawabkan. Dari hasil pengujian GadgetSquad, realme C21 bisa dikatakan sebagai hape entry level yang tidak hanya menarik dari tampilan luar, namun juga memiliki pondasi kokoh dari dalam. Tak salah jika realme memberi julukan realme C21 sebagai smartphone dengan sertifikasi ketahanan paling terjangkau. Bagi yang penasaran bisa cek di Lazada (http://bit.ly/lazada-realme-pr), Shopee (http://bit.ly/shopee-realme-pr), dan situs resmi realme (https://buy.realme.com/id/goods/182)