Home Review Review Samsung Galaxy A02s – Harga 1 Jutaan Layak Jadi PIlihan

Review Samsung Galaxy A02s – Harga 1 Jutaan Layak Jadi PIlihan

GadgetSquad.id – Memasuki awal 2021, Samsung Indonesia  langsung menggebrak pasar smartphone di Indonesia, dengan meluncurkan deretan smartphone untuk dua segmen yang terpaut jauh. Ada seri Hp Samsung untuk kelas highend dengan merilis Hp flagship Samsung Galaxy S21 Series. Serta sebelumnya meluncurkan deretan Hp Samsung untuk kelas entry level yang dijual dengan harga terjangkau, yaitu Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s yang GadgetSquad review berikut ini :

hp samsung galaxy A02s 7

Desain

Dijual dengan harga murah, Samsung Galaxy A02S tetap menampilkan daya tarik pada desain tampilannya. Pada review Samsung Galaxy A02S yang dilakukan ini terlihat bodi Hp Samsung terbaru ini tampil trendi dan cocok buat pengguna di kalangan anak muda.

Daya tarik awal terlihat pada tampilan warna bodinya yang tersedia dalam pilihan warna hitam, putih dan biru tua. Hape review Samsung Galaxy A02S yang GadgetSquad pegang memiliki warna putih. Bodi belakangnya juga terlihat memiliki tampilan desain bentuk segitiga, jadi tidak polos saja.

hp samsung galaxy A02s 2

Untuk bahan bodi yang digunakan, terutama pada sisi belakang, berupa bahan plastic polycarbonate. Saat digenggam Hp Samsung ini tetap terasa mantab di tangan. Terlebih lagi dengan bodinya yang didesain ergonomis  dengan bagian membulat di sekeliling bodinya, sehingga terasa nyaman di dalam genggaman.

Baca juga : Review Samsung Galaxy M51 – Baterainya Sanggup Tahan 2-3 Hari

Bagian kanan bodi Samsung Galaxy A02S disematkan tombol volume serta tombol Power (On/Off). Sedangkan sebelah kirinya terdapat tray berisi triple slot, yang terdiri dari dari 2 slot Simcard dan 1 slot memori card. Di sisi atas bodinya terdapat lubang jack audio untuk menancapkan kabel earphone 3,5 mm. Sedangkan pada bodi bawahnya tersemat lubang speaker dan port USB Type C.

Layar

Pada review Samsung Galaxy A02S yang dilakukan ini, terlihat tampilan layarnya mampu menampilkan gambar yang cukup tajam. Tidak hanya itu, juga terlihat cukup luas sehingga puas ketika digunakan untuk menonton video, film atau bermain game online.

Layar Samsung Galaxy A02S mengusung teknologi PLS IPS dengan ketajaman resolusi HD+ (720 x 1600 pixels). Untuk ukuran layarnya yaitu 6,5 inci. Pantas saja terlihat lapang meski menyisakan sedikit tampilan bezel hitam di sekeliling layar dengan 81,8% screen to body ratio.

Layar ini mengusung desain Infinity-O Display, maksudnya ada bulatan di sisi atas layar bagian tengah tempat lubang kamera depan.  Sayangnya layar ini tidak dilapisi lapisan Corning Gorilla.

Triple Camera

Untuk fitur kameranya Samsung Galaxy A02S mengusung triple camera atau tiga kamera di bodi belakang. Ketiga kamera ini diposisikan sejajar secara vertical. Tidak lupa juga dilengkapi dengan sebuah lampu LED Flash untuk membantu penerangan di malam hari atau kondisi low light. Semuanya disatukan dalam bingkai persegi memajang.

Ketiga kamera yang ada di Samsung Galaxy A02S yang terdiri dari kamera utama berlensa Wide 13 MP (f/2.2), lensa makro 2 MP (f/2.4) dan lensa Depth Camera 2 MP (f/2,4). Kamera utama 13 Mpix berfungsi untuk menangkap gambar dengan tajam baik di kondisi terang (siang) atau low light (malam). Lensa makro 2 MP untuk menangkap gambar lebih detil. Sedangkan lensa Dept Camera2 MP (f/2,4)gunanya untuk menghasilkan foto bokeh atau foto dengan background blur. Kamera sanggup merekam video hingga ketajaman resolusi 1080p@30fps, terbilang cukup bagus untuk dijadikan konten di media social.

hp samsung galaxy A02s 5

Untuk menambah kemampuan fotografinya, Triple camera di Samsung Galaxy A02S juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung kamera. Seperti ada fitur Live Focus yang memungkinkan untuk mengatur sendiri tingkat blur dari foto bokeh yang dihasilkan. Ada juga fitur Filter dan Beauty buat yang mau hasil foto terlihat lebih bagus atau tampil dengan efek yang disediakan. Selain itu ada fitur Panorama untuk menangkap foto dengan jangkauan hingga 360 derajat. Bagi yang merasa punya kemampuan lebih soal fotografi, disediakan fitur Pro yang memungkinkan untuk mengatur sendiri setingan kamera (ISO, White Balance, Exposure, dll).

Baca juga  : Review Samsung Galaxy M11 – Fitur Lengkap Harga Terjangkau

Untuk kamera depannya , Samsung Galaxy A02s menyematkan lensa 5 MP dengan aperture f/2.2. Kamera ini juga memungkinkan untuk menghasilkan foto selfie dalam tampilan foto bokeh atau Wide Angle. Sedangkan untuk kemampuan merekam video, baik triple camera maupun kamera selfie sama-sama sanggup menghasilkan video berresolusi Full HD (1080p@30fps).

Berdasarkan review Samsung Galaxy A02s yang kami lakukan, kamera di Hp Samsung ini terbilang OK dalam menangkap foto. Hasil jepretan kameranya terlihat cukup tajam. Begitu pun saat merekam video, hasil rekamannya terlihat halus. Setidaknya layak untuk diposting sebagai konten media social.

Performa

Performa Samsung Galaxy A02S ditenagai dengan prosesor  chip prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octacore. Selain itu juga didukung konfiguasi RAM dan ROM yang ada dua pilihan yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Kapasitas memori masih bisa ditambah dengan adanya slot MicroSd untuk kartu memori eksternal, bahkan bisa hingga 1 TB. Untuk grafisnya disokong chip Adreno 506.

Saat dicoba membuka beberapa aplikasi berat, salah satunya untuk bermain game online, Galaxy A02S masih sanggup melakukannya dengan cukup baik. Hanya saja saat setingan game dinaikan mulai terlihat agak tersendat. Jadi lebih baik tetap disetingan standar. Sedangkan untuk memutar video streaming, bisa dilakukan dengan mulus.

Untuk daya tahan hidupnya, Galaxy A02S juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai ini, membuat Samsung Galaxy A02S bisa bertahan seharian. Untuk pengisian dayanya, Samsung Galaxy A02S juga dilengkapi dengan teknologi teknologi Fast Charging 15 W, yang membuat pengisian ulang bateri berjalan lebih cepat.

Samsung belum membekali ponsel ini dengan fingerprint, sebagai gantinya diberikan face unlock. Fitur lain yang turut diberikan dukungan triple slot (dual SIM Card + microSD), koneksi 4G LTE dan USB Type C.

Harga Hp Samsung Galaxy A02s

Untuk harganya,  Samsung Galaxy A02s dapat dibeli dengan dua pilihan harga retail, yaitu  Rp 1.799.000 (RAM 3GB/32GB) dan Rp 1.999.000 (RAM 4GB/64GB).

Spesifikasi Galaxy A02S

Layar4 IPS 6,5-inch (1080 x 2340)
HD+ (720 x 1600 pixels)
Infinity-O Display
Kamera Belakang Utama: 13 MP, f/2.2, (wide), AF + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth)
Depan 5 MP, f/2.2
Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm
AP Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 Octa
Sistem Operasi Android 10
Memori5 3GB RAM / 4G RAM
32GB / 64 GB Internal Storage
Micro SD slot (up to 1 TB)
SIM Card Dual SIM (3 slot)
Baterai6 5.000 mAh (typical)

15W Fast Charging

Keamanan Face Recognition
Warna Hitam , putih, biru tua