Review Samsung Galaxy A30 – Harga Murah Tampil Mewah

0

GadgetSquad.id – Samsung tampaknya tidak setengah-setengah dalam ‘menggempur’ segmen pasar smartphone harga terjangkau. Ini dibuktikan dengan dikeluarkannya sederet seri Hp Samsung terbaru untuk segmen tersebut dalam waktu yang berdekatan. Menariknya, Hp Samsung terbaru tersebut dijual dengan harga terjangkau dan memiliki spek yang terbilang tinggi. Salah satunya yaitu Samsung Galaxy A30 yang juga lebih ditujukan untuk  para anak muda. Bisa dibilang semua yang dibutuhkan anak muda sudah disediakan. Apa saja yang menarik dari Hp Samsung terbaru ini selain harganya yang tergolong murah? Simak reviewnya berikut ini :

samsung galaxy A30

Desain Stylish

Daya tarik Samsung Galaxy A30 sudah terlihat dari tampilan desain luarnya. Terutama bagian bodi belakang yang berpenampilan glossy mirip kaca. Meski sebenarnya bodi belakang ini menggunakan bahan plastic polycarbonate.

Yang menarik dari bodi belakang ini berpenampilan ‘glossy finish 3D’. Yang mana jika terkena cahaya, maka akan menampilkan tampilan seperti glossy 3 dimensi.

Baca juga : Samsung Galaxy A30 dan A50 Rilis di Indonesia, ini Spesifikasi serta Harganya

Menariknya lagi, Samsung Galaxy A30 tersedia dalam beberapa pilihan warna chatcy yang cocok buat anak muda, diantaranya warna biru langit dan putih. Kebetulan Samsung Galaxy A30 yang GadgetSquad review berwarna biru langit yang terlihat stylish.

Ukuran dimensi dan bobotnya, Samsung Galaxy A30 masih terbilang nyaman saat digenggam. Ukuran bodinya pas di tangan dan juga terasa cukup ringan. Pada bodi Samsung Galaxy A30 juga disematkan triple slot yang terdiri dari dua slot SIM 1 dan SIM 2, serta slot memori card MicroSD.

dav

Layar Luas Bezelless

Layar berukuran luas sudah menjadi keharusan Hp kekinian. Karena membuat lebih puas saat menikmati konten multimedia seperti nonton video YouTube, bermain game online dan lainnya.

Samsung Galaxy A30 mengusung layar fullscreen berukuran 6,4 inchi dengan bezel tipis di samping kana dan kiirinya. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-U Display, karena memiliki notch kecil di bagian atas layar. Di tiap bagian pojokan layar didesain dengan bentuk membulat menyesuaikan dengan bentuk ujung bodi yang juga membulat.

Ketahanan layar ini sudah mencapai resolusi Full HD+ dengan teknologi Super AMOLED. Tidak heran jika tampilan layar yang muncul terlihat tajam, seperti hasil foto atau saat menampilkan video. Apalagi layar di Hp ini sudah dilapisi lapisan Corning Gorilla Glass, sehingga anti gores.

samsung galaxy A30

Kamera Ultra Wide Camera

Untuk urusan fotografi, Samsung Galaxy A30 menyediakan dual camera di bodi belakang. Kamera ganda tersebut terdiri dari kamera berresolusi 16 MPix (F/1.7) dan kamera 5 MPix berkemampian Ultra Wide Camera 123-degree. Jadi kamera ganda ini selain bisa menghasilkan foto bokeh, juga bisa menangkap foto dengan jangkauan lebih luas.

Kamera di Samsung Galaxy A30 juga dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence. Makanya kamera ini bisa mendeteksi danm mengenali objek foto. Misalnya bisa mengenali objek foto berupa makanan, pemandangan, serta 19 scenes berbeda lainnya. Nah, saat sudah mengenali, maka kamera akan mengatur secara otomatis setingan saturation, white balance, dan brightness levels sesuai dengan scenes yang berbeda-beda tersebut.

Baca juga : Samsung Galaxy A10 dan A20 Resmi Dijual di Indonesia, Murah!

Tidak hanya itu, kamera di Samsung Galaxy A30 juga dilengkapi fitur Flaw Detection. Fitur ini bisa memberitahu saat memotret seseorang, jika orang tersebut berkedip. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan memberitahu jika terlalu banyak backlighting atau objek foto yang terlihat blur.

samsung galaxy A30

Untuk kamera depannya, Samsung Galaxy A30 dilengkapi dengan kamera selfie berresolusi 16 Mpix (f/2.0). Buat kamu yang doyan foto selfie, kamera depan ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Beauty yang membuat foto selfie wajah tampak lebih halus. Kamera depan ini juga bisa menghasilkan foto bokeh selfie.

Kamera depan ini juga bisa dimanfaatkan untuk fitur keamanan Face Recognition. Fitur ini bisa mendeteksi wajah pengguna untuk membuka layar yang terkunci, atau kebutuhan lainnya.

Performa Kencang

Untuk performanya, Samsung Galaxy A30 masih mengandalkan prosesor buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 7904 Octa-core. Untuk tampilan grafisnya disokong GPU Mali-G71 MP2.

Selain kinerja Hp Samsung ini juga didukung RAM 4GB dan ruang penyimpanan meori internal 64GB. Kapasitas memori ini bisa diperluas hingga 512GB melalui microSD card.

Untuk mengetahui seberapa hebat performa Samsung Galaxy A30, kami mengujinya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dan diperoleh skor :

samsung galaxy A30

Baterai Tahan Lama

Satu kelebihan dari Samsung Galaxy A30, yaitu sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4.000mAh. Ketika Hp ini digunakan berbagai akitivitas tidak terlalu intens, seperti akses media sosial, nonton youtube, chatting, mendengarkan lagu streaming, bermain game online, baterai dari mulai dari full akan terkuras habis dalam waktu seharian atau sekitar 12 jam.

Meski berkapasitas besar, baterai ini bisa diisi ulang atau charging dalam waktu yang cepat. Ini lantaran Galaxy A30 sudah mendukung sistem pengisian cepat atau Fast Charging. Ketika dicoba melakukan charging selama kurang lebih 45 menit, baterai Galaxy A30 sudah terisi 50%.

AR Emoji

Samsung menyelipkan beberapa aplikasi buatan Samsung sendiri di Galaxy A30 ini. Seperti Samsung Health, Galaxy Wearable, Galaxy Store, Samsung Gift, S Lime, Samsung Max, Samsung Members, Samsung Notes hingga Samsung Pay.

Yang tak kalah menarik, juga ada fitur AR Emoji. Di sini kamu bisa membuat karakter emoji sendiri yang sesuai dengan karakter kamu. Mulai dari tampilan wajah hingga kostum yang digunakan bisa diseting sesuai keinginan. AR emoji ini juga bisa digunakan di aplikasi lain, misalnya digunakan di aplikasi chat dan lainnya. Di fitur AR Emoji ini juga disedikan berbagai sticker lucu-lucu yang bisa ditambahkan ke foto.