Review Samsung Galaxy A8 Star: Hp Kelas Menengah dengan Fitur Mewah

Selain seri S dan note, Samsung juga perbaharui smartphone mereka untuk seri A. Kali ini Galay A8 Star yang merupakan generasi suksesor dari A8 (2018). Masih andalkan infinity display, kamera ganda dan desain mewah, Samsung Galaxy A8 Star atau smartphone dengan codename SM-G885F ini membawa jeroan yang tidak kalah gahar dibandingkan produk merek lain.

Samsung Galaxy A8 Star

Bodi Kekar

Diambil dari konsep produk pendahulunya Samsung Galaxy A8 Star masih mengusung desain yang cukup besar dengan bodi yang terbilang tebal. Namun begitu smartphone ini juga tampil kekinian, karena sudah memiliki layar luas yang biasa Samsung sebut dengan Infinity display. Bedanya Samsung memang tidak ikut-ikutan denan smartphone lain yang trennya menggunakan notch atau poni.

Hasilnya memang smartphone masih meninggalkan sedikit dahi dan dagu. Selain lebarm Galaxy A8 Star kami nilai memiliki bodi yang tebal. Apalagi juga kamu pasang jelly case yang memang sudah tersedia pada paket penjualannya.

Namun begitu memiliki material bodi yang kekar, membuatnya cukup solid saat digenggam. Menariknya di Galaxy A8 Star ini, Samsung mash sematkan tombol fitur asisten, Bixby seperti pada Galaxy S9, Anda juga akan menemukan. Tombol ini terpasang di sebelah bawah tombol volume. Panel sensor sidik jari juga tersedia dibagian bagian belakang bodi.

Samsung Galaxy A8 Star 6

Baca Juga: Ini Daftar Hp Terbaru Harga 2 Jutaan Oktober 2018, Ada Hp Samsung dan Xiaomi

Layar Luas dan Jernih

Tidak memiliki notch pada layar mambuat pengguna tidak terganggu saat menatap layar. Terlebih lagi Samsung sudah membenamkan luas layar yang 6.3 inci untuk mereka yang suka menonton video atau bermain game. Tidak hanya luas, Galaxy A8 Star juga memiliki kualitas layar yang sangat jernih dan terang. Ini berkat jenis layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+.

Dengan aspek rasio layar 18.5:9, membuat hp ini snagat mirip dengan produk flagshipnya Galaxy Note 8. Menariknya tidak hanya kualitas tampilan yang bagus, respon dari layar juga sangat mumpuni. Saat ditest tidak ada keluhan soal penggunaan layarnya. Apalagi kami juga masih nyaman melihat layar dalam jangka waktu yang lama sekalipun.

Yang menarik di hp Samsung ini adalah dengan adanya Smart Stay, dimana layar akan tetap menyala saat pengguna menatap layarnya, karena hp memiliki sensor mendeteksi wajah.

Baca juga: Punya Duit Rp 3 Jutaan? Ini Deretan Hp Baru Oktober 2018 Yang Bisa Dipilih

Interface dan keamanan

Berjalan  diatas Android 8.0.1 Oreo, Samsung masih melapisinya dengan interface khas Samsung yang dikenal mudah untuk dinavigasi. Didalamnya Samsung menyediakan segudang fitur yang dapat digunakan pengguna.

Seperti yan disebutkan sebelumnya Samsung Galaxy A8 Star sudah dibekali fitur kemanan yang cukup bagus. Selain sensor sidik jari masih ada fitur face recognition yang dapat merespon dengan sempuna.

Samsung juga memberikan keamanan data dari sisi software, Galaxy A8 Star menyediakan virus scanner McAfee dan Clear Memory +360 untuk manajemen storage.

Selain itu masih ada Samsung Knox untuk keamanan fungsi bisnis. Selebihnya masih ada Google Play Protect yang sudah tersedia pada OS Android plus fitur pengaman aplikasi dan data rahasia melalui Secure Folder.

Fitur lain yag tidak kalah canggih adalah kemampuan menjalankan aplikasi sosial media dengan banyak akun. Berkat Dual Messenger pengguna Galaxy A8 Star bisa menambahkan aplikasi WhatsApp atau Facebook lebih dari satu di satu perangkat, dengan dua akun yang berbeda.

Samsung Galaxy A8 Star 7

Baca juga: Ini Dia Update Terbaru Harga Hp Samsung dan Xiaomi di Pasaran

Fitur tambahan

Seperti produk hp Samsung flagship, di Samsung Galaxy A8 Star juga dibekali asisten pribadi bernama Bixby plus dengan akses cepat. Dengan Bixby jkamu seperti memiliki asisten pribadi. Fitur utama pada layanan ini adalah panduan berbasiskan perintah suara.

Dengan fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka sekaligus mengakses fungsi tertentu, hingga mencari kontak serta melakukan panggilan telpon dengan lebih mudah. Buat para jomblo, Bixby juga bisa dimanfaatkan sebagai teman ngobrol loh.

Samsung Galaxy A8 Star 3

Kamera Belakang Ganda

Samsung Galaxy A8 Star dibekali kamera utama 24 MP + 16 MP dengan aperture f/1.7. yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto bagus meski pada kondisi pencahayaan yang kurang terang. Kamera utama ini memiliki fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF), yang mampu mendeteksi fokus foto dengan cepat bahkan pada obyek bergerak.

Menggunakan interface yang mudah dimengerti, membuat pengguna mudah mengakses semua fitur yang ada pada kamera. Didalam fitur kameranya tersedia mode Panorama, Slow motion, Hiperlaps, Food, night, Beauty plus sticker yang lengkap yang bisa digunakan pada foto. Jika kamu sudah biasa mengunakan mode Pro, kamu bisa mengkostumisasi pilihan fitur pada kamera secara manual.

Dari fitur kamera yang dimilikinya, hasil foto memalui kamera ini jadi lebih terang dan jelas. Tidak hanya itu pengguna masih dapat mendapatkan hasil foto dengan bokeh-bokehan. Berkat fitur fitur Live Focus, hasil bokeh yang dimilikinya tidak berlebihan, dengan pewarnaan yang pas dan natural. Menariknya Fitur ini memungkinkan kamu bisa mengatur tingkat bokeh atau depth of field secara manual dari viewfinder.

Samsung Galaxy A8 Star 8

Baca juga:Mau Beli Hp Baru ? Begini Kondisi Harga Hp di Pasaran Saat Ini

Kamera depan 24 MP

Beralih pada kamera depan, hp ini sudah mengusung sensor 24 MP dengan aperture f/2.0. Ini menjadikan Samsung Galaxy A8 Star sebagai Hp dengan resolusi besar kamera selfie terbesar Samsung. Tidak hanya resolusiya yang besar, fiturnya pun lengkap. Didalamnya hp ini menyediakan mode Night yang dapat diambil pada kondisi low light bahkan tanpa bantuan flash.

Kamera ini juga sudah mendukung AR stiker layaknya di kamera utama. Seperti pada kamera belakangnya, kamera depan ini juga kamu bisa menaktifkan fitur Live Focus. Jadi mudah untuk mengaplikasikan efek bokeh.

Dengan fitur kamera yang dimiliki hasil foto selfie sangat memuaskan. Tidak hanya terang dan tajam, hasilnya bahkan terbilang natural dengan pewarnaan yang pas. Apalagi kamu masih dapat menggunakan mode Beauty untuk memperhalus wajah.

Baca juga: Punya 3 Kamera Belakang, Beli Samsung Galaxy A7 (2018) atau Huawei Mate 20 Pro ?

Performa

Dari sisi kinerja, Samsung Galaxy A8 Star membawa chipset Qualcomm Snapdragon 660 plus RAM 4GB LPDDR4. Dengan spesifikai yang dimilikinya, hp kelas menengah ini terbilang cukup mumpuni untuk dapat menjalankan fungsi multitasking, pus membuka fitur di Android 8.0 Oreo.

Untuk media penyimpanan hp ini sudah menyediakan memori internal 64GB, jika kurang masih ada slot memori eksternal microSD yang mampu menampung hingga 512GB. Sayangnya slot penyimpanan microSD menyatu bersama slot kartu SIM, Jadi jika kamu menambahkan kartu memori harus mengorbankan salah satu kartu SIM.

Untuk grafisnya dengan tersedia Adreno 512 yang sanggup menampilkan detil gambar terbaik untuk beberapa game berat seperti Asphalt 9, Mobile Legend, AOV atau bahkan PUBG Mobile. Pada hasil pengujuan benchmark Antutu, hp ini mampu mendapatkan skor 140 ribuan.

Samsung Galaxy A8 Star dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar 3700 mAh. Dibekali manajemen power yang bagus baik dari samsung dan chipset prosesornya, Galaxy A8 Star memberikan mengakomodasi pengguna hingga seharian penuh dengan pemakaian normal.

Samsung Galaxy A8 Star 2

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Star

Spesifikasi Galaxy A8 Star
Prosesor Octa Core, 2,2 GHz, 1,8 GHz
Layar Super AMOLED, 6,3 inci, FHD+
Kamera Depan: 24MP f/2.0

Belakang: 16MP f/1.7, 24MP f/1.7

Video recording: UHD 4K (3840 x 2160) @30fps

Penyimpanan 4GB RAM

Internal memory 64GB

External memory microSD up to 400GB

SIM slot Dual SIM Hybrid
Koneksi USB Type C, wifi direct, NFC

Wifi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80

Bluetooth  V5.0

Smart switch

Baterai 3.700 mAh