Review Samsung Galaxy Tab S6 – Harga Memang Tidak Bohong

GagdetSquad.id – Meski tidak lagi seheboh dulu, pasar tablet ternyata masih ada peminatnya. Dan ini bisa jadi yang menjadi alasan Samsung meluncurkan tablet Android terbaru , yaitu Samsung Galaxy Tab S6 .

Dibanderol dengan label harga Rp11.999.000, Galaxy Tab S6 sepertinya menjadi tablet Android anyar satu-satunya yang mewakili di segmennya. Bila ada produk lain, itupun datang dari perangkat bersistem operasi lain, semisal iPad Pro ataupun Surface. Nah, pada kesempatan kali ini Gadget Squad tidak membahas soal produk pesaingnya, sebaliknya di sini akan diulas panjang lebar mengenai tablet Galaxy Tab S6. Jadi, silakan disimak.

Desain

Seperti sudah diungkap, dari sisi harga, tablet Samsung Galaxy Tab S6 bisa dibilang tidaklah murah. Untungnya, hal ini nampak terbayar bila kita melihat desain yang ditawarkan Samsung untuk tablet andalannya ini.

Samsung Galaxy Tab S6 dikemas dengan layar 10.5 inci. Menariknya, layar tablet ini sudah mengadopsi rasio memanjang seperti tren smartphone belakangan ini. Alih-alih terlihat kotak, dengan rasio layar 16:10, Galaxy Tab S6 justru terlihat lebar dan memanjang. Sementara bezel tipis yang mengelilingi layar tablet, nampak memiliki ukuran sama besar.

Untuk material yang digunakan, tablet ini sudah menggunakan metal sebagai pembalut bodinya. Hal ini menjadikan Samsung Galaxy Tab S6 sangat enak dipegang, dan tentu saja kesan mewah juga begitu terasa. Lekukan yang  terdapat pada bodinya juga membuat perangkat terasa nyaman dipegang. Jadi, ketika kita menggunakan dengan satu tangan dengan tangan lain memegang stylus hal itu tetap terasa mudah dilakukan dan nyaman.

Di bagian sisi perangkat, bisa ditemui sejumlah komponen penting milik Galaxy Tab S6, seperti port USB Type C. Port ini selain berguna untuk mengisi ulang baterai tablet serta melakukan koneksi ke perangkat lain, semisal PC, port USB Type C di Galaxy Tab S6 juga bisa digunakan sebagai koneksi bagi pengguna untuk mendengarkan konten audio lewat headset. Hal ini lantaran di Galaxy  Tab S6 tidak disertai port audio 3.5 mm, jadi fungsi tersebut seperti langsung dialihkan ke USB Type C. Untuk hal yang sama, kita juga bisa memanfaatkan speaker bawaan Galaxy Tab S6 hasil racikan AKG untuk mendengarkan konten audio, yang menariknya lagi sudah didukung dengan teknologi Dolby Atmos. Empat speaker yang ada di Galaxy Tab S6 berada di tiap sudut.

Selain komponen tadi, kita juga bisa menemui adanya konektor khusus di sisi kiri. Lewat konektor inilah kita bisa menyambungkan tablet ke perangkat atau aksesoris tertentu, bisa dengan cover keyboard atau lainnya.

Display

Dalam urusan display, sebagai besutan Samsung, apalagi tablet ini merupakan perangkat unggulan, sudah bisa ditebak layar jenis apa yang digunakannya. Ya, benar sekali, Galaxy Tab S6 diracik dengan layar berjenis Super AMOLED yang nampak mendominasi permukaan depan perangkat.

Layar Galaxy Tab S6 memiliki ukuran diagonal 10.5 inci dan menawarkan resolusi tinggi, yakni 2560 x 1600 pixel atau istilahnya disebut WQXGA. Dengan resolusi yang demikian, konten di layar pun tersaji dengan sangat tajam. Tidak hanya itu, berbekal layar Super AMOLED, kontras yang disajikan juga cukup tinggi. Jadi, selain siap memanjakan mata, dengan layar yang demikian, tablet pun cukup asyik digunakan menemani aktivitas, termasuk ketika digunakan untuk menonton film.

Bagi yang suka berkreasi, seumpama menggambar atau mewarnai, ketajaman warna yang disajikan juga cukup membantu aktivitas tersebut.

Sebagai perangkat anyar, Galaxy Tab S6 pun sudah menjalankan UI terbaru dengan sistem operasi Android 9 Pie di atasnya. Dengan One UI versi baru, tampilan tablet juga sudah lebih rapi dan simpel. Dalam versi default (mode tablet) tampilan menu Galaxy Tab S6 mirip seperti antarmuka pada smartphone lini Galaxy besutan Samsung.

Perlu diketahui, selain mode tablet, Galaxy Tab S6 juga menawarkan apa yang disebutnya sebagai mode DeX. Dengan mode ini, pengguna dimungkinkan untuk menikmati tampilan tablet seperti layaknya menggunakan PC atau desktop. Sementara bentangan layar yang 10.5 inci juga membuatnya pas untuk digunakan sebagai laptop. Hal ini bisa dilakukan, cukup menyambungkannya dengan aksesori Book Cover Keyboard. Jadilah tablet ini layaknya sebuah laptop mini nan portable dan mudah dibawa-bawa.

Sayangnya, Book Cover Keyboard tidak tersedia dalam paket penjualan Galaxy Tab S6. Untuk mendapatkan aksesor resmi Galaxy Tab S6 ini, pengguna diharuskan merogoh kocek tambahan sekitar Rp1,5 jutaan untuk menebusnya.

Bila untuk mendapatkan Book Cover Keyboard kita harus membelinya terpisah, tidak demikian dengan S-Pen. Stylus berteknologi Bluetooth Low Energy ini sudah tersedia dalam paket penjualan. S-Pen bisa digunakan layaknya kita memegang sebuah pensil atau pena, tentu dengan sejumlah fitur yang ditawarkan. Di S Pen juga terdapat tombol, yang dengannya kita bisa menambah fungsi tertentu ke dalamnya.

Kamera

Meski tidak terlalu menjadi sorotan, ternyata keberadaan kamera di perangkat tablet nampaknya masih tetap harus tersedia. Begitupun di Galaxy Tab S6, meski perangkat ini tidak bisa dibilang kecil, toh tetap bagi pengguna yang suka berfoto ria, tersedia kamera untuk mengakomodasinya.

Tidak tanggung-tanggungdi Galaxy Tab S6 telah tertancap sensor dual-camera belakang dengan konfigurasi 13 MP f/2.0 sebagai sensor utama dan 5 MP f/2.2 (ultrawide). Sementara untuk alat bidik di bagian depan, tablet ini dibekali sensor kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Berbekal fitur kamera sebagaimana disebut di atas, hasil bidikan tablet ini terbilang sudah memadai dan memiliki kualitas yang baik. Untuk merekam video, alat bidik yang tersedia di bagian belakang perangkat mampu mengambil gambar bergerak dengan resolusi 2160p @30fps. Untuk kamera depannya, perekaman video juga bisa mencapai resousi 1080p @30fps.

Daya Gedor

Dalam hal daya gedor, Samsung sepertinya tidak ingin berkompromi. Seolah ingin memberikan jaminan agar selalu tokcer digunakan untuk berbagai aktivitas, tablet ini didukung dengan spesifikasi hardware papan atas.

Dijual dengan harga nyaris Rp12 juta, dalam lembar spesifikasinya tablet ini didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang dibuat dengan proses pabrikan 7nm. Adapun konfigurasi dari chipset ini terdiri dari Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) ditandem dengan prosesor grafis Adreno 640.

Selain dukungan prosesor mumpuni, tablet ini juga dikemas dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Jadi, untuk performanya, tablet ini tidak bisa diragukan. Aktivitas pengguna, mulai dari yang standar maupun yang berat, bisa diladeninya dengan lancar tanpa ada gangguan.

Hal yang juga tidak kalah menarik dan penting juga pada sebuah perangkat adalah sektor penyuplai daya. Untungnya, di dalam bodi Samsung Galaxy Tab S6 telah tertanam baterai berkapasitas 7040 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, tablet ini pun nampaknya siap memberikan daya pakai yang relatif lebih lama tanpa perlu sering-sering mengisinya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S6 sejatinya menjadi tablet berbasis Android terbaru yang datang membidik segmen atas. Bisa dibilang mengacu pada harganya, Galaxy Tab S6 bersaing dengan tablet lain dengan sistem operasi yang berbeda. Tanpa perlu disebut brand-nya, kalian pasti sudah tahu.

Jadi, dengan berbagai hal menarik yang dimilikinya, tidak sulit untuk mengatakan Galaxy Tab S6 calon tablet favorit. Terkhusus bagi mereka yang menginginkan sebuah tablet premium dengan sistem operasi Android di dalamnya. Harganya yang relatif mahal pun sepertinya berbanding lurus dengan apa yang ditawarkannya.