Setelah sukses meluncurkan vivo V30 dan V30 Pro pada bulan februari 2024 lalu, akhirnya vivo Indonesia resmi merilis V30e untuk melengkapi jajaran smartphone V series-nya di Tanah Air. Selain dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, hp ini memiliki modal yang lebih dari cukup untuk bisa bersaing di ponsel kelas menengah.

Selama dua minggu pemakaian, bisa dibilang hp ini menjadi ponsel yang asyik untuk digunakan sebagai daily driver yang hadir dengan fitur menarik di kelas dan harganya. Lantas, bagaimana dengan performa dan hasil kameranya dari hp yang satu ini ? simak ulasan reviewnya berikut ini.

Desain Stylish

Salah satu keunggulan dari vivo V30e ini adalah hadir dengan bodi yang tipis yang hadir dengan desain premium untuk kelas harganya. Ketebalannya hanya 7,75 mm dengan berat 188 gram. Tidak hanya itu, desain sisi kanan dan kiri layar pada bagian bodi belakangnya juga sudah dibuat melengkung yang membuat hp nya ini nyaman saat di genggam.

Kali ini vivo V30e hadir dengan desain cover bodi belakang yang berbeda dari generasi pendahulunya. Kini, hadir dengan dua motif yang memiliki finishing matte dan finishing glossy dengan aksen corak yang membuat hp ini menjadi terlihat mewah. Sedangkan untuk materialnya sendiri vivo V30e menggunakan bahan kaca dan sudah dibekali dengan sertifikasi keamanan IP64. Ya, setidaknya jika hp terkena guyuran air hujan masih aman. Oh ya, untuk varian warna yang kami uji adalah Giri merah, bagi anda yang ingin memilih warna lainnya, vivo menyediakan varian warna lain yakni, banyu biru.

Masih di bagian belakangnya, kini desain modul kamera belakang nya sudah jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Modul kamera vivo V30e memiliki bentuk bulat dengan dua lensa kamera dan ring light serta ada tulisan Aura Light 2x Portrait di dalamnya. Menurut kami, kombinasi dari warna cover body belakang dengan warna emas di tepian modul kamera nya memberikan kesan yang elegan.

Layar

Untuk harga ponsel dengan harga 4 jutaan, menurut kami kemampuan layar dari vivo V30e ini layak mendapat perhatian. Tidak hanya memiliki layar dengan panel AMOLED 120 Hz saja, tetapi untuk buat mendukung kualitas layarnya sudah dibekali 105% NTSC Color Saturation dan 100% DCI-P3 Wide Color Gamut yang membuat eligible di konten HDR di sejumlah platform terkenal, salah satunya adalah YouTube. Alhasil kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih, warna dan detail juga ditingkatkan.

vivo V30e hadir dengan ukuran layar yang lebih luas sedikit dari generasi sebelumnya yang sekarang di 6,78 inch. Tidak hanya ukuran layarnya saja yang meningkat, tingkat kecerahan maksimum layarnya juga sekarang naik menjadi 1300 nits yang di generasi sebelumnya hanya 1.150 nits.

Menurut kami vivo V30e ini cukup nyaman digunakan dalam kondisi di dalam ruangan ataupun di luar ruangan yang sangat pas buat kamu yang seharian beraktifitas menggunakan smartphone.

Soal bezel layar, hp ini sudah memberikan feel yang cukup baik dengan bezel layar yang sudah terbilang relatif tipis di keempat sisi layarnya. Bahkan jika perhatiin bezel bawah layarnya juga bisa dibilang cukup tipis. Bukan yang super tipis memang, tapi tidak terasa tebal.

Antarmuka

Sebagai smartphone mid-range di tahun 2024, vivo V30e sudah langsung mengadopsi sistem operasi Android 14 yang didukung dengan FunTouch OS 14. Selain memiliki tampilan yang lebih fresh, navigasi nya juga mudah yang lebih stabil dan nyaman dengan fitur kustomisasi yang tersimpan rapi.

Performa Kencang

Berbicara soal performanya, vivo V30e dibekali dengan prosesor dari Snapdragon 6 Gen 1 (4nm) yang mana prosesor ini cukup dikenal menawarkan performa handal di kelasnya dan ideal untuk memberikan kinerja yang mulus di berbagai skenario penggunaan. Menurut kami, performa dari penggunaan prosesor ini sudah tergolong kencang untuk kebutuhan multitasking atau proses-proses yang memang membutuhkan olah grafis seperti editing video ataupun gaming.

Apalagi vivo V30e ini juga hadir dengan RAM dan storage yang cukup besar. RAM 8GB yang bisa di extended sebesar 8GB + 8GB Extended RAM LPDDR4X dan storage nya 256GB UFS 2.2. Luas dan cocok bagi anda yang suka meng-install beragam games berukuran besar, atau yang sering mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video.

Benchmark Test

Sebagai prosesor terbaru, vivo V30e cukup bisa menunjukan performa dengan baik dari generasi sebelumnya. Hal tersebut bisa dilihat score test dari AnTuTu Benchmark, ponsel ini bisa memperoleh score tembus di angka 559 ribuan.

Gaming Test

Sementara untuk pengujian performa nya, ada dua gim yang kami coba mainkan yakni, Call Off Duty dan Genshin Impact.

Call Of Duty Mobile

Di game yang pertama Call of Duty Mobile, performa gaming V30e menurut kami cukup baik. Game bisa berjalan di settingan grafik dan opsi frame rate nya “ High Max “ dengan lancar dan tanpa lag. Selama memainkan gim ini, refresh rate 120Hz di layar hp ini juga cukup responsif.

Genshin Impact

Selanjutnya, di game yang kedua dengan genre RPG, vivo V30e sendiri bisa menjalankan Genshin Impact di settingan grafik default nya “ Medium “. Dalam uji game ini, kami mencoba menaikan settingan grafik tertinggi pada settingan “ Highest “ di mana game masih sangat playable saat di mainkan. Tidak ada issue lagging selama bermain, tekstur dan detail gambar yang dihasilkan juga memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik.

Overall, selama memainkan dua gim ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, kami merasa cukup nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti. Sedangkan untuk suhunya pun, terbilang stabil. bagian belakang bodi paling terasa hangat saja dan tidak sampai overheat berkat adanya Efficient Cooling System.

Kamera Ciamik

Beralih pada bagian kameranya, bagi anda yang gemar mobile photography, vivo V30e ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik di kelasnya. Untuk kameranya depan nya sendiri, vivo V30e dibekali dengan resolusi kamera 32 MP, f/2.0, 24mm (wide). Ya, walaupun sayang keberadaan fitur wide angle 0.8x seperti generasi pendahulunya kini absen di ponsel ini.

Sementara untuk kamera utamanya sendiri vivo V30e dibekali konfigurasi dua kamera yang mirip dengan vivo V30. Tetapi, hanya kamera utamanya saja yang sama yakni 50 MP, f/1.8, 26mm (wide). Sedangkan untuk kamera ultra wide nya, vivo V30e hanya memiliki resolusi 8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), sedangkan V30 di resolusi 50 MP.

vivo V30e menggunakan sensor IMX882 berukuran 1/1.95 inci dengan aperture f/1.8. Menurut kami, hasil foto dari kamera hp ini memiliki hasil gambar dengan ketajaman dan detail yang cukup baik. Apalagi sudah ada dukungan PDAF dan OIS (Optical Image Stabilization) yang bisa membantu menstabilkan gambar saat proses foto.

Seperti biasa, jika menyoal foto di kondisi low light, vivo V30e turut hadir dengan All New Aura Light Portrait yang kini bisa menyesuaikan pencahayaan 45 kali lebih halus dan area pencahayaan yang 9 kali lebih luas dari flashlight biasa.

Menyoal kualitas kamera, hasil foto dari kamera utama vivo V30e ini mampu menghasilkan foto di kondisi cahaya yang cukup di semua scene. Baik di pencahayaan yang optimal ataupun di kondisi kurang cahaya. Detail gambar ok, kaya warna, dan memiliki dynamic range yang luas.

Berikut adalah hasil foto dari kamera vivo V30e :

Selfie Portrait

Normal

Wide Angle

Low Light

50 MP

2x Zoom

Untuk anda yang gemar membuat konten video ataupun vlog, kamera utama ataupun kamera depan V30e ini juga cukup bisa diandalkan. Kamera utama dan kamera depan sanggup merekam hingga resolusi tertinggi 4K 30fps. Sedangkan untuk kamera belakang saat fitur stabilisation aktif hanya bisa merekam pada resolusi 1080p 30fps aja.

Daya Tahan

Sudah jadi hal yang lumrah jika ponsel dengan bodi yang tipis memangkas kapasitas baterainya. Awalnya kami pikir vivo V30e ini hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4.600 an mAh saja sama seperti generasi pendahulunya, namun dari dari sisi daya nya juga vivo V30e hadir dengan peningkatan yang kini memiliki kapasitas yang jauh lebih besar di 5500 mAh. Dalam paket penjualannya, vivo V30e ini juga didukung dengan charger 44 Watt Flash Charge.

Berdasarkan pengalaman kami saat menggunakan smartphone ini sebagai daily driver, dengan kapasitas baterai yang ditawarkan cukup memberikan keleluasaan buat penggunaan secara multitasking, mulai dari bermain game, foto bahkan saat menonton video tanpa khawatir baterai akan cepat habis.

Kesimpulan

Bagi anda yang sedang mencari hp keluaran 2024 di harga menengah, vivo V30e ini bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan. Tidak hanya sekedar memiliki tampilan yang menarik, spesifikasi yang dibawa pun mumpuni di kelasnya.

Desainnya stylish, bodi tipis dan ringan. Layar nya juga sudah AMOLED dengan refresh rate tinggi di 120Hz. Selain hasil foto nya juga ciamik, fitur ring flash alias Aura light Portrait with Smart Lighting Control yang ada di hp ini juga benar-benar efektif untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi minim cahaya.