Review : Xiaomi Redmi 4A – Dirakit di Indonesia Harga Sejutaan

1

xiaomi-redmi-4aLama gak terdengar kabarnya, Xiaomi muncul lagi dengan membawa smartphone terbarunya, yaitu Xiaomi Redmi 4A. Inilah smartphone 4G Xioami yang dirakit di pabrik dalam negeri, tepatnya di Batam. Ini tidak lain untuk memenuhi aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), agar bisa menjual smartphone 4G di Indonesia.

Xiaomi Redmi 4A masuk ke pasar smartphone pasar kelas bawah. Karena dijual dengan harga terjangkau , yaitu Rp 1,5 juta. Fitur apa saja yang dibawa ?

Sekilas bodi Xiaomi Redmi 4A  terlihat seperti menggunakan material logam. Tapi ternyata salah, bodi smartphone ini hanya menggunakan bahan plastik yang diwarnai menyerupai tekstur logam. Layar sentuhnya berukuran 5 inchi dengan resolusi HD berteknologi IPS. Layar ini tidak diberi lapisan anti gores, jadi harus hati-hati ya.  Di bawah layar ada tiga buah tombol kapasitif khas Android yaitu tombol Recent Apps, Home, dan Back.

Di bodi samping kiri terdapat tombol volume rocker dan tombol power. Di sisi kanan terdapat slot hybrid yang terdiri dari slot SIM card dan microSD. Untuk membuka slot ini disediakan SIM ejector semacam jarum yang ada di paket pembelian. Slot SIM card dan MicroSD diletakkan di bodi luar karena Redmi 4A ini mengusung desain unibody, maka baterai tidak bisa dilepas. Di bodi bagian atas terdapat port audio 3,5mm. Sedangkan di bodi bawah terdapat microphone dan port microUSB untuk kabel data dan charger. Oiya untuk lubang speaker disematkan di bodi belakang.
Untuk urusan fotografi, Xioami Redmi 4A membawa kamera berkekuatan 13MP untuk kamera di bodi belakang dan kamera selfie 5MP. Untuk harga sejutaan, resolusi kamera yang dibawa terbilang cukup besar. Bagi yang pernah memotret menggunakan Redmi 3, kualitas foto Redmi 4A tidak jauh berbeda. Untuk fitur tambahan kamera, terbilang standar, seperti LED Flash, bukaan lensa 2.0, HDR, dan PDAF. Ketika dicoba memotret menggunakan kamera belakang, proses autofocusnya agak lambat. Kemampuan kamera selfie-nya juga biasa saja. Hasil fotonya terlihat kurang detil atau kurang tajam meski di kondisi cukup cahaya.


Xiaomi Redmi 4A mengadopsi user interface MIUI 8 yang mendukung fitur Dual apps. Maksudnya pengguna bisa menggunakan akun BBM, Whatsap, Facebook dan lainnya untuk 2 akun dalam satu smartphone ini.

 Untuk kinerjanya, Xiaomi rakitan Indonesia ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 425 quad-core 64 bit. Juga didukung RAM 2 GB. Untuk ruang penyimpanan disediakan ROM 16 . Sedangkan untuk daya tahan hidupnya Xiaomi Redmi 4A dibekali baterai 3120 mAh yang bisa bertahan tujuh hari dengan keadaan standby.

 

1 KOMENTAR