BMW Siapkan Teknologi yang Mungkinkan Mobil Bisa Parkir Sendiri

Image: Autoweek
Image: Autoweek

gadgetsquad.id – Ajang tahunan Consumer Electronic Show (CES) kerap digunakan sejumlah perusahaan untuk memamerkan teknologi baru mereka. Tak terkecuali BMW, pabrikan mobil asal Jerman ini juga siap meramaikan ajang CES 2015 mendatang dengan membawa teknologi baru nan canggih.

Sebagaimana dilansir Autoweek, BMW dilaporkan bakal memperkenalkan apa yang disebutnya sebagai Remote Valet Parking Assistant.

Teknologi tersebut akan memungkinkan pemilik mobil keluar dari mobilnya, sementara mobil tersebut akan menemukan tempat parker yang tersedia, bahkan di tempat parikir berlantai-lantai.

Untuk dapat membuat mobil besutannya berkemampuan demikian, BMW telah menanamkan mobil mereka ‘i3’ dengan scanner laser bersama dengan blueprint tempat parkir, yang memungkinkan mobil untuk berkeliling di area parker, mencari tempat dan slot parkir sendiri. Untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain, pada tahap percobaan i3 menggunakan scanner laser untuk melukis gambar tiga dimensi dari struktur garasi parkir.

Image: Autoweek
Image: Autoweek

Tak hanya mencari parkir sendiri, pemilik kendaraan juga dapat mengirim perintah suara melalui smartwatch ke mobil miliknya dan kemudian mobil pun siap datang untuk menjemput sang pemilik.

Menariknya, dalam laporan itu juga disebut jika sistem yang diterapkan itu nantinya tidak bergantung pada sinyal GPS, begitupun tidak terbatas pada infrastruktur garasi tertentu.

Sebagaimana diketahui, umumnya mobil dengan sistem self-parking biasanya bergantung pada sensor yang ada di dalamnya dan pemetaan 3D untuk membuatnya menjadi nyata.

Untuk mengetahui lebih detil soal teknologi Remote Valet Parking Assistant hasil inovasi BMW, kita tunggu saja ketika ajang CES 2015 bergulir nanti, yakni pada tanggal 6 – 9 Januari 2015 nanti. [Joe]