8 Tips Pakai WiFi Hotspot Umum Dengan Aman

1

free-wifi-shutterstock_story-1Akses sudah menjadi fasilitas yang harus tersedia di berbagai area umum. Tidak heran jika lokasi restoran, mall, ruang terbuka publik, dan lainnya sudah tersedia WiFi Hotspot umum yang bisa diakses secara gratis. Tapi apa yakin akses Wifi itu aman ?

Keamanan WiFi hotspot yang tersedia gratis untuk umum memang banyak yang menyangsikan. Tapi bukan berarti membuat kita enggan untuk menikmati akses gratis internet tersebut. Setidaknya bisa melakukan beberapa tips berikut agar akses WiFi Hotspot lebih terasa aman :

  • Jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, bahkan hanya untuk sesaat.
  • Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.
  • Pastikan Anda mengakses jaringan hostpot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.
  • Matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur file sharing melalui menu pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.
  • Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot publik. Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.
  • Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.
  • Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit komputer-komputer lain yang juga sedang terhubung di jaringan itu, atau mengetahui keberadaan hacker yang mungkin sedang mengintai di jaringan tersebut.
  • Ambillah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.

1 KOMENTAR