Cara Hindari Anak dari Konten Negatif di Smartphone dengan Oppo A92

GadgetSquad.ID – Kecanggihan smartphone membuat gadget yang satu ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya sebagai teman bermain bagi anak. Saat ini sudah menjadi pemandang umum orang tua mengizinkan anaknya yang masih kecil untuk mengakses smartphone, seperti mengakses YouTube, bermain game online dan lainnya.

oppo a92 game

Tidak salah memang memberikan kesempatan bagi anak untuk mengakses smartphone. Hanya saja jika tidak diawasi secara ketat, anak bisa terpapar konten negatif yang banyak beredar di smarphone.

Apalagi terkadang orang tua lupa dan lalai dalam menjaga dan mencegah anak saat mengakses smartphone agar terhindar dari konten negatif. Untuk itu saat ini berbagai smartphone sudah menyediakan fitur keamanan khusus. Seperti yang dilakukan Oppo.

Oppo mengembangkan platform sistem operasi ColorOS 7 terbaru. Dimana di dalamnya disediakan berbagai fitur pendukung bagi pengguna. Salah satunya fitur keamanan khusus anak yang diberi label “Kid Space”.

Salah satu seri OPPO yang sudah mengadopsi ColorOS 7 yaitu seri Oppo A92 yang belum lama ini diluncurkan. Di dalamnya juga sudah dibenamkan fitur Kid Space. Fitur keamanan ini dikembangkan Oppo agar orang tua tetap bisa memberikan akses smartphone kepada anak, namun dengan cara yang lebih terkontrol.

Pada mode Kid Space ini, ada beberapa hal yang bisa diatur. Pertama adalah durasi dari lama smartphone dipakai dan bisa diatur oleh orang tua. Pilihan ini tidak bisa diakses oleh anak-anak ketika sudah memasuki kid Space. Pengaturan bisa dipilih antara 15 menit sampai tidak sama sekali dibatasi. Jika waktu sudah mau habis, akan muncul notifikasi kalau smartphone akan mati dalam waktu 10 detik. Untuk masuk kembali, harus memasukkan password smarthone atau sidik jari.

Selanjutnya adalah pengaturan untuk memilih aplikasi yang bisa diakses di Kid Space. Jika masuk ke dalam Kid Space, tampilan layar hanya menampilkan sejumlah aplikasi yang telah diizinkan untuk masuk ke dalam Kid Space.

Mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi yang tidak dipilih dan tidak bisa mengakses pengaturan atau settings. Selanjutnya pengguna juga bisa mematikan jaringan data internet jika hanya ingin menggunakan Wi-Fi untuk sambungan internet atau tidak sama sekali tersambung.

Fitur Kid Space ini juga mencakup fitur anti penagihan secara otomatis melalui game atau aplikasi yang memiliki fitur pembelian dan pembatasan penggunaan kuota internet.

Untuk mengaktifkan fitur Kid Space kamu tinggal akses Settings > Privacy > Kid Space.