Punya Rahasia Tersimpan di Hape ? Ini Cara Mengamankannya di OPPO A92

GadgetSquad.id – Smartphone sudah menjadi perangkat andalan bagi setiap orang. Berbagai aktivitas semua dilakukan dengan mengandalkan kemampuan perangkat yang semakin pintar ini. Tak terkecuali untuk menyimpan berbagai rahasia pribadi. Maklumlah smartphone juga menjadi perangkat pribadi yang selalu ada di genggaman, sehingga bisa juga diandalkan sebagai tempat menyimpan rahasia hingga berbagai data penting. Terlebih lagi saat ini smartphone juga sudah menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya bisa menyembuyikan berbagai hal penting yang tidak bisa diketahui oleh sembarang orang. Salah satunya OPPO A92 yang sudah dilengkapi beberapa fitur Privacy. Apps Lock bagian dari fitur yang dibawa sistem operasi terbaru buatan OPPO yaitu ColorOS 7.

oppo A92 (4)

Apps Lock

Jika ada fitur atau menu di OPPO A92 yang agar tidak bisa diakses oleh orang lain, fitur Apps Lock bisa menjaganya. Misalnya kamu ingin menu Gallery atau Photos hanya kamu saja yang bisa membuka, maka bisa diproteksi dengan Apps Lock. Caranya cukup mudah :

Oppo A92 (1)

  1. Masuk ke menu Setting > Privacy
  2. Kemudian pilih menu Apps Lock
  3. Selanjutnya diminta untuk membuat password yang berfungsi untuk mengunci beberapa apliaksi yang ada di OPPO A92.
  4. Kamu juga diminta untuk menjawab pertanyaan jika dibutuhkan untuk recovery password yang terlupa.
  5. Lalu pilih aplikasi atau menu apa saja yang ingin ‘dilindungi’ dengan fitur Apps Lock ini.

Private Safe

Fitur ini memiliki kemampuan untuk melakukan enkripsi atau menyembuyikan pada file foto, video, audio, dan lainnya yang tersimpan di OPPO A92. Jadi file-file tersebut tidak bisa sembarangan diakses oleh orang lain, karena memang tidak terlihat. Untuk bisa seperti itu, ini caranya :

  1. Masuk ke menu Setting > Privacy
  2. Kemudian pilih menu Private Safe
  3. Akan muncul notifikasi yang memastikan untuk mengaktifkan fitur Private Safe, pilih ‘Agree’.
  4. Untuk memilih file foto, video, audio, dan lainnya yang ingin diproteksi dengan Private Safe, caranya kembali ulangi langkah 1 dan 2.
  5. Selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan password, yaitu password yang sama dengan yang dibuat untuk fitur Apps Lock (jika sebelumnya sudah menseting fitur Apps Lock).
  6. Selanjutnya masuk ke folder Photos, Audio, Documents atau Other
  7. Lalu klik ikon tanda plus (+) yang ada di pojok kanan atas, untuk memilih file yang ingin ditambahkan ke Private Safe.
  8. Setelah dipilih, maka file foto, video, audio, dan lainnya yang dipilih itu akan disembunyikan.

Fitur Keamanan Lainnya

Selain kedua fitur Privacy di atas dan beberapa fitur lainnya, sistem operasi ColorOS 7 yang diadopsi OPPO A92 juga menyediakan fitur keamana lainnya. Coba masuk ke menu Setting > Privacy > Other Security Features. Sebenarnya fitur-fitur yang ada di sini sudah otomatis akan diaktifkan demi menjaga keamanan di Hp OPPO A92 yang digunakan. Fitur-fitur tesebut antara lain yaitu :

  • Secure Keyboard : sistem secara otomatis akan berpindah ke OPPO Secure Keyboard ketika ingin mengetikkan sesuatu yang penting atau rahasia, misalnya password. OPPO Secure Keyboard ini tidak akan merecord informasi penting yang diinput, menontaktifkan autocomplete dan tidak akan terkoneksi ke internet.
  • Prevent Screen Captures : ketika mengaktifkan fitur Secure Keyboard, Private Safe atau fitur Privacy lainnya, sistem secara otomatis akan mematikan fungsi screen captures. Selain itu juga akan menonaktifkan fitur Screen Recording, jadi hanya merekam berupa layar hitam saja.