Simak, Berikut 4 Tips untuk Content Creator Gaet Komunitas di JOOX ROOMS

Setiap orang kini memiliki peluang yang sama untuk menjadi pembuat konten kreatif yang beken dikenal sebagai content creator. Namun, untuk menjadi kreator yang andal dan menggaet banyak audiens, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Selain menentukan konten atau informasi yang akan kamu bagikan, jeli dalam memanfaatkan platform untuk menjaring audiens juga penting untuk dilakukan. 

Social Media Strategist Eno Bening mengatakan, “Saat ini platform berbasis audio, seperti podcast sangat diminati. Terlebih lagi jika dapat dilakukan secara live. Platform jenis ini memungkinkan kreator untuk berinteraksi langsung dengan followers-nya, sehingga engagement yang muncul bisa lebih tinggi. Selain itu, platform menyerupai podcast namun live ini dapat menciptakan kesan eksklusivitas karena tidak ada siaran ulang untuk konten yang disampaikan kreator. 

Bagi kamu yang ingin menjajaki karir sebagai content creator, JOOX kini menghadirkan layanan lebih dari musik dengan adanya fitur JOOX ROOMS, ruang virtual yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan audiens melalui chat, audio, bahkan video. Menariknya, kamu bisa berinteraksi dengan 27 pembicara dan lebih dari 15.000 partisipan, dengan diiringi musik. Untuk memaksimalkan penggunaan fitur ROOMS, JOOX bersama Eno Bening merekomendasikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Pahami bagaimana habit audiens di JOOX

JOOX adalah platform yang basic-nya adalah musik, sehingga mayoritas audiensnya tentu suka mendengarkan musik. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menunjukkan lagu-lagu kesukaan ke audiens kamu, dan membuka peluang untuk menemukan teman-teman baru yang punya ketertarikan yang sama. Karena koleksi lagu di JOOX lebih dari 40 juta lagu lokal dan internasional dari berbagai genre, kamu bebas untuk memutar lagu apapun di ROOMS.

2. Rajin promosikan sesi ROOMS ke media sosial lain

Setiap membuka sesi obrolan di ROOMS, gunakan fitur Share to untuk mempromosikan ROOM kamu ke media sosial lain. Kamu juga bisa langsung share link ROOM ke teman-teman melalui semua aplikasi chat, sehingga peluang untuk ditonton lebih banyak orang juga semakin besar.

3. Buka obrolan yang lagi up to date di ROOMS

Pengguna JOOX didominasi oleh anak-anak muda yang cenderung keep up dengan perkembangan terkini. Untuk memperbesar peluang menarik audiens di JOOX, kamu bisa membuka obrolan yang lagi hangat di media sosial, tidak hanya pembahasan topik serius, tapi juga obrolan ringan seperti zodiak, asmara, hingga horor, juga bisa kamu pertimbangkan.

4. Tambahkan cover untuk menarik audiens masuk ke ROOMS

JOOX ROOMS dilengkapi dengan fitur pendukung yang membuat kamu bisa memasang cover. Saat akan membuat sesi ROOMS di JOOX, kamu bisa memasang cover yang menarik dan relevan dengan obrolan yang mau kamu angkat. Dengan cover yang menarik, ROOM kamu juga akan lebih menonjol dibandingkan ROOM lain sehingga audiens yang masuk ke ROOMS kamu juga lebih banyak, deh!

“ROOMS merupakan terobosan JOOX yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun, termasuk musisi, content creator, komunitas, atau pengguna lain yang hanya ingin mengadakan pertemuan dengan teman-temannya. Didukung dengan berbagai fitur pendukung untuk memudahkan pengguna untuk menciptakan ROOM yang menyenangkan dan terorganisir, ROOMS dapat dimanfaatkan untuk membuat acara perkumpulan yang seru dan menginspirasi. Dengan demikian, ROOMS mampu memfasilitasi siapapun untuk menemukan berbagai hal baru, mulai dari musik, teman, dan pengalaman baru,” ungkap Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia.