Review Lengkap : Asus Zenfone 4 Max Pro – Fotografi Yang Tahan Lama

0

GadgetSquad.id – Asus akhirnya memperkenalkan sederet smartphone terbaru dari generasi Zenfone 4 Series. Mulai dari Asus Zenfone 4, Zenfone 4 Pro, Zenfone 4 Selfie, Zenfone 4 Selfie Pro, Zenfone 4 Max hingga Zenfone 4 Max Pro. Namun yang duluan masuk ke Indonesia baru Asus Zenfone 4 Max Pro, smartphone yang menyediakan fitur fotografi handal dan bisa dinikmati lebih lama. GadgetSquad pun sudah memiliki Asus Zenfone 4 Max Pro ini dan berikut ini reviewnya.

Baterai Jumbo

Adanya kata ‘Max’ pada Asus Zenfone 4 Max Pro menjadi tanda bahwa smartphone ini menjagokan kekuatan baterai berkapasitas jumbo. Asus Zenfone 4 Max Pro dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh. Masih jarang smartphone yang dibekali baterai berkapasitas sebesar ini. Ketika digunakan dengan cukup intens, Asus Zenfone 4 Max Pro sanggup bertahan dari pagi hingga malam hari.

Tidak cuma itu, Asus Zenfone 4 Max Pro juga memiliki kemampuan untuk berfungsi sebagai PowerBank, jadi bisa mengisi daya perangkat lain, atau biasa disebut dengan fitur Reverse charging. Makanya dalam paket penjualannya disertakan kabel USB OTG (On The Go), yang selain untuk membaca USB , juga bisa digunakan untuk Reverse charging. Tidak sampai di situ, Asus Zenfone 4 Max Pro juga dilengkapi fitur Fast Charging, yaitu bisa mengisi baterai dengan lebih cepat.

Dual Kamera

Asus tidak mau ketinggalan dengan tren smartphone dual kamera. Setelah sebelumnya meluncurkan Asus Zenfone Zoom S, Asus Zenfone 4 Max Pro juga ditanamkan dual lensa kamera di bodi belakang. Kedua kamera ini sama-sama berresolusi 16 MP + 16 MP. Masing memiliki sensor dengan kemampuan penangkapkan sudut pandang normal dan sensor sudut lebar 120 derajat.

Dual camera ini juga bisa mengambil gambar time-lapse. Serta memiliki kemampuan Super Resolution, maksudnya kamera bisa memotret beberapa gambar sekaligus secara berurutan, kemudian akan digabungkan agar menghasilkan foto berresolusi sebesar 34MP.

Kamera Asus Zenfone 4 Max Pro juga dilengkapi mode Pro bagi para fotografer yang ingin mengatur sendiri setingan pemotretan kamera. Bisa diatur setingan Brightness, ISO, AutoFOcus dan lainnya. Untuk kemampuan merekam video, Asus Zenfone 4 Max Pro bisa merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

Berikut Hasil Fotonya:

Kamera Selfie

Beralih ke kamera depan atau selfie, kamera ini juga memiliki resolusi 16 MP. Sejatinya kamera ini tidak dilengkapi sensor kamera wide-angle. Tapi digantikan dengan adanya fitur Selfie panorama. Fungsinya mirip, untuk menghasilkan foto dengan tangkapan kamera yang lebih luas. Hanya caranya saja yang berbeda, selfie panorama layaknya menggunakan fitur panorama tapi ini dengan kamera depan.

Asyiknya lagi, kamera selfie di Asus Zenfone 4 Max Pro juga dilengkapi fitur Beauty Live. Sekilas fungsinya mirip dengan fitur beautication, yakni fitur untuk memuluskan wajah ketika hendak berselfie. Hanya saja perbedaanya, teknologi ini dibawa pada aplikasi aplikasi live streaming oleh ASUS. Sehingga saat Anda melakukan live streaming, wajah pun bisa dibuat semakin mulus dan sempurna. Anda bisa memilih seberapa mulus wajah ingin terlihat dimulai dari angka 1 hingga 10.

Desain

Berbeda dari beberapa model smartphone Zenfone sebelumnya, ZenFone 4 Max Pro dilengkapi tombol fisik Home yang berada di bawah layar. Tombol ini memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai fingerprint scanner. Tombol Home ini ditemani tombol touchpad Back dan Recent Apps di samping kanan dan kirinya.

Tampilan bodi Asus Zenfone 4 Max Pro terlihat cukup mewah. Dengan bodi berbahan metal dof yang dihiasi list chrome di beberapa bagiannya. Apalagi bentuknya yang membulat di tiap ujungnya memuat smartphone ini terlihat ergonomis

Namun postur bodi Asus Zenfone 4 Max Pro memiliki ketebalan yang cukup terasa. Begitu pula dengan beratnya yang terasa cukup berbobot saat digenggam. Sepertinya ini pengaruh dari baterai berkapasitas jumbo yang dibawa Asus Zenfone 4 Max Pro.

Baca Juga  Asus FX Series, Laptop Gaming Terbaru Harga Lebih Terjangkau

Sekarang kita perhatikan berbagai sisi Asus Zenfone 4 Max Pro . Pada bodi samping kiri disematkan slot kartu SIM dan MicroSD, di mana kartu slot ini juga mendukung dua kartu SIM berukuran nano. Jadi pengguna bisa sekaligus memasukkan dua kartu nano SIM dan satu kartu microSD.

Di samping kanan bodi Asus Zenfone 4 Max Pro, diletakkan tombol Power (On/Off) yang berdampingan dengan tombol pengatur volume. Sedangkan di bodi atas, terdapat port audio jack 3.5mm. Dan di bodi bagian bawah tertanam port micro USB yang sejajar denan lubang speaker dan mikrofon.

Layar

Asus Zenfone 4 Max Pro memboyong layar sentuh yang cukup luas, yaitu berukuran 5,5 inchi. Tampilan layarnya pun terlihat tajam, karena disokong teknologi IPS LCD berresolusi HD. Layar Asus Zenfone 4 Max Pro juga dilengkapi dengan filter cahaya biru untuk melindungi kesehatan mata penggunanya. Layar juga berkemapuan mengatur kecerahan (brightness) secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi cahaya di sekitar.

Sensitifitas layar sentuh Asus Zenfone 4 Max Pro bisa membaca hingga sepuluh sentuhan jari. Layar juga dilengkapi dengan fitur Touch gesture. Fungsinya untuk mengoperasikan smartphone dengan berbagai cara sentuhan layar. Misalnya bisa menyalakan layar yang sedang off cukup dengan mengetukkan jari ke layar dua kali. Atau bisa juga mengaktifkan berbagai aplikasi hanya dengan menggambar huruf tertentu pada layar sentuh menggunakan jari.

Android 7.1 Nougat Plus ZenUI 3.0

Asus Zenfone 4 Max Pro mengadopsi system operasi Android 7.0 Nougat. Tampilan menunya masih familiar digunakan, karena tidak terlalu banyak perubahan signifikan. Secara default ada tiga folder di deretan menu Asus Zenfone 4 Max Pro, yaitu Google (berisi berbagai aplikasi bawaan Google), ASUS (berisikan empat aplikasi masing-masing Weather, WebStorage, ZenUI FAQ dan ZenTalk) dan Apps4U (berisi aplikasi Facebook dan Instagram).

Pengguna masih bisa mengelompokkan menu aplikasi dalam satu folder. Juga ada kemampuan Fitur App Lock dan Hide App untuk mengunci atau menyembunyikan aplikasi tertentu. Untuk memperkaya pengalaman mengakses berbagai menu, Asus Zenfone 4 Max Pro juga sudah disuntikan user interface (UI) khas Asus, yaitu ZenUI 3.0.

Kinerja

Kinerja Asus Zenfone 4 Max Pro disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 430 octa core berkecepatan 1,4GHz. Juga ditopang RAM berkapasitas 3GB. Untuk ruang penyimpanan di Asus Zenfone 4 Max Pro disediakan memori internal berkapasitas 32 GB, plus slot kartu microSD.

Dengan mengandalkan kekuatan prosesor dan RAM tersebut, Asus Zenfone 4 Max Pro bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus. Termasuk saat menjalan beberapa aplikasi sekalius alias multitasking dan memainkan berbagai game berat, seperti Aspalt 8. Semua bisa dikerjakan  Asus Zenfone 4 Max Pro dengan lancer. Ketika diukur kinerja Asus Zenfone 4 Max Pro  menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, berikut hasilnya :

Spesifikasi Asus ZenFone 4 Max Pro :

CPU Qualcomm Snapdragon 430 octa core berkecepatan 1,4GHz
GPU Adreno 505
RAM 3 GB RAM
Storage 32 GB
MicroSD 256 GB
Connectivity 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Network 2G/3G/4G
SIM Cards Dual SIM dual standby
Navigation GPS, A-GPS, GLONASS, BDSS
Display 5,5” HD (720 x 1280 pixels) IPS
Video 1080p@30fps
Battery 5.000mAh (non-removable) + Reverse Charging
Main Camera Dual 16 MP (f/2.0) + 16MP camera
Front Camera 16 MP, f/2.0, LED
Sensor Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, RGB sensor, IR sensor, Fingerprint
OS Android 7.0 (Nougat)
Dimension 154 x 76.9 x 8.9 mm
Weight 181 gram
Color Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink