Review Asus Zenfone 4 Selfie – Smartphone Selfie Lengkap, Harga Gak Bikin Kalap

0

GadgetSquad.id – Asus serius untuk bersaing di segmen smartphone selfie. Ini dibuktikan dengan meluncurkan dua smartphone selfie sekaligus, yaitu Asus Zenfone 4 Selfie Pro dan Asus Zenfone 4 Selfie. Sebelumnya GadgetSquad sudah mereview Asus Zenfone 4 Selfie Pro, sekarang giliran Asus Zenfone 4 Selfie.

Apa perbedaan kedua smartphone ini yang sama-sama mengusung slogan “We Love Photo” ?

Bisa dikatakatan Asus Zenfone 4 Selfie adalah ‘adik’ dari Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Yang berarti smartphone ini memiliki kekuatan fitur dan harga di bawah ‘sang kakak’.

Desain

Desain Asus Zenfone 4 Selfie bisa dibilang mirip dengan versi ‘Pro’. Sama-sama memiliki desain yang menggoda. Tampilan Asus Zenfone 4 Selfie terlihat elegan dengan bahan metal yang dihiasi list krom di sekeliling samping. Bahan metal di bodi Asus Zenfone 4 Selfie juga terasa kokoh. Ini karena Asus menggunakan teknologi Nano Molding Technology atau NMT dalam  smartphone ini.

Hanya saja saat dipegang, smartphone ini tidak setipis Zenfone 4 Selfie Pro. Bodinya juga sedikit agak besar dibandingkan dibandingkan ‘sang kakak’. Dan benar saja, ini karena ukuran bodinya lebih besar, yaitu 155.7 x 75.9 x 7.9 mm. Namun begitu, bobot Zenfone 4 Selfie terasa lebih ringan, dengan berat 144 gram.

Asus Zenfone 4 Selfie juga berpenampilan bezel layar yang tipis. Terutama pada sisi kanan dan kiri layar yang hanya menyisakan bezel yang tipis. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home di bagian tengah. Tombol Home di Asus Zenfone 4 Selfie juga berfungsi sebagai fingerprint sensor.  Kecepatan fingerprint sensor ini dalam membuka layar terkunci pun terbilang cepat, hanya 0.2 detik. Tombol Home ini diapit tombol Back dan Recent Apps (aplikasi-aplikasi  yang terakhir dibuka), yang berjenis touchpad dengan backlight. Beralih ke sisi atas layar, di sana terdapat kamera ganda untuk berfoto selfie. Kamera ganda ini dilengkapi lampu flash dan sensor proximity.

Untuk sisi samping kanan smartphone ini, terdapat tombol volume dan tombol On/Off. Sementara di samping kiri disematkan dua slot untuk SIM Card dan Micro SD yang bersifat hybrid. Jadi pengguna harus memilih ingin memasukan dua Nano-SIM card atau satu Nano-SIM card dengan satu Micro SD. Untuk membuka slot ini harus ditusuk menggunakan penusuk yang sudah disediakan dalam box penjualan smartphone ini.

Sekarang kita ke bagian bodi bawah smartpone, yang terdapat lubang audio 3.5 mm dan port Micro USB untuk masukan charger dan kabel data. Ternyata Asus Zenfone 4 Selfie tidak menggunakan port USB Type C. Masih di bagian bawah bodi, juga terdapat lubang speaker.

Untuk bagian belakang Asus Zenfone 4 Selfie, disematkan kamera utama yang ditemani lampu LED Flash. Bodi belakang smartphone ini yang menggunakan bahan metal yang terasa agak licin saat dipegang. Untuk warnanya, Asus Zenfone 4 Selfie tersedia dalam pilihan warna Deepsea Black, Mint Green, Rose Pink, Sunlight Gol.

Layar

Salah satu perbedaan Asus Zenfone 4 Selfie terletak pada layar sentuhnya berukuran sedikit lebih kecil, yaitu 5,2 inchi. Teknologi layarnya pun berbeda, Zenfone 4 Selfie  menggunakan teknologi layar IPS LCD. Resolusinya juga lebih kecil, yaitu sebatas HD 720 x 1280 pixels. Meski begitu tampilan layar tetap terlihat tajam. Sayangnya tidak seperti  Zenfone 4 Selfie Pro, layar di Zenfone 4 Selfie ternyata tidak dilindungi Gorilla Glass.

Seperti biasa, Asus menyuntikan tampilan user interface (UI) buatan sendiri, yaitu ZenUI 4.0, pada sistem operasi Android 7.1.1 Nougat di smartphone ini. Saat dicoba browsing berbagai menu di layar, pergerakan animasi deretan ikon menu terasa smooth dan responsif tanpa tersendat.

Baca Juga  Pemenang Asus ZenFone 4 Max Pro #Gsgiveaway Competition

Kamera

Sama-sama mengusung nama ‘Selfie’ dan menjagokan kamera depan, kamera depan di Zenfone 4 Selfie memiliki resolusi juga mengusung kamera ganda. Namun ada bedanya, salah satu kamera depan di smartphone ini memiliki resolusi lebih tinggi yaitu 20 MPix, sedangkan kamera satunya tetap 8 MPix.

Kamera depan yang 20 MPix menggunakan sensor Sony IMX362. Dipadukan dengan ‘mesin’ ASUS SuperPixel serta bukaan lensa F1.8 aperture. Tidak heran jika hasil foto selfie terlihat tajam. Termasuk saat berfoto selfie dalam kondisi low light.

Nah, kamera satunya lagi yang berresolusi 8 MPix bisa memoret foto selfie dengan jangkauan wide angle 120 derajat. Ini membuat saat foto wefie bisa memotret lebih banyak orang yang ingin ikutan difoto. Bahkan disediakan ikon tombol khusus untuk berpindah dari mode selfie normal ke mode wide angle, jadi lebih mudah.

Saat berfoto selfie juga dilengkapi dengan Softlight LED flash, yang bisa memberikan penerangan yang tepat, tidak kurang dan tidak berlebihan, saat memotret selfie kondisi kurang cahaya. Kamera depan ganda di Asus Zenfone 4 Selfie ternyata juga bisa menghasilkan foto bokeh melalui Potrait Mode.

This slideshow requires JavaScript.

Tidak hanya itu, Asus sudah menambahkan software Asus Master yang bisa memperhalus tampilan kulit hingga 10 level. Dan ini bisa dilakukan secara rea time saat ingin memotret, merekam video atau melakukan live streaming.

Foto selfie yang sudah dihasilkan terlihat tajam dengan tampilan warna yang natural. Tapi jika masih kurang puas, masih bisa diedit lagi agar terlihat lebih bagus. Disediakan fitur Beuatification untuk mengatur tampilan bentuk wajah, lebar mata, lipstick dan beberapa efek lainnya.

Kamera belakang di Asus Zenfone 4 Selfie memiliki resolusi yang sama, yaitu 16 Mpix. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang terlihat tajam. Reproduksi warna pada foto begitu akurat, mendekati gambar aslinya. Ini lantaran kamera sudah dilengkapi kemampuan bukaaan lensa F1.8 aperture,  menggunakan Sony® IMX362 image sensor, serta dipadukan dengan ASUS SuperPixel™ Engine.

Sayangnya Asus Zenfone 4 Selfie ternyata juga tidak dibekali optical image stabilization. Tapi Asus sudah membenamkan fitur PDAF dan Electronic Image Stabilization (EIS) untuk menjaga kestabilan saat memotret. Untuk perekaman video, kamera bisa merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Asus Zenfone 4 Selfie dibekali baterai berkapasitas yang sama, yaitu 3.000 mAh. Kapasitas ini terbilang biasa saja untuk smartpone saat ini. Tapi bukan berarti cepat low bath, karena ketika digunakan untuk berbagai, smartphone ini masih sanggup bertahan selama seharian. Dari keadaaan baterai full, smartphone ini bisa bertahan kurang lebih selama 13 jam. Asus Zenfone 4 Selfie juga telah dibekali kemampuan fast charging yang bisa men-charger lebih cepat. Karena bisa mengalirkan sumber daya sebesar 10W (5V/2A).

Kinerja

Asus Zenfone 4 Selfie diperkuat prosesor yang kekuatannya lebih rendah dibandingkan versu Pro. Asus Zenfone 4 Selfie disokong prosesor Qualcomm Snapdragon Octacore 430 dengan kecepatan 1,4 GHz. Selain kinerja smartphone ini juga mendapat dukungan dari RAM 4 GB. Untuk kemampuan grafisnya, didukung GPU Adreno 505. Untuk menguji kinerja dari smartphone ini berikut dibawah adalah score antutu dan 3DMark

Ruang penyimpanan di smartphone, disediakan memori internal sebesar 64 GB. Jika masih terasa kurang, tinggal memasukan kartu Micro SD ke slot yang bisa membaca hingga kapasitas 256 GB.

REVIEW OVERVIEW
Desain
8.5
Layar
8
Interface
8
Kamera
9
Baterai
8
Kinerja
8
SHARE
Previous articleIni 5 HP Game Android Murah yang Paling Bagus
Next articleMain Game AOV di OPPO F5 Dijamin Lebih Optimal