GadgetSquad.ID – Untuk yang ketiga kalinya, Telkomsel kembali mengelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE). Gelaran DEC menjadi bukti nyata, konsistensi Telkomsel mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

Mengusung tema “Upgrade to Accelerate”, menunjukkan fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM.

Apa yang menarik dari gelaran EDC tahun ketiga ini?

Mengedepankan semangat kolaborasi, Telkomsel meningkatkan program DCE ke-3 tahun ini dengan kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM.

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menjelaskan, jika merujuk data studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77% UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5% di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif.

“Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.”

“Telkomsel berharap program DCE dapat terus secara relevan mengakselerasi perkembangan bisnis UKM agar dapat bergerak dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,” jelas Saki.

Kapan gelarannya DCE ke-3 dimulai?

Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.

Untuk mendorong keikutsertaan dari para pegiat UKM dari seluruh Indonesia, Telkomsel melangsungkan 3rd DCE Open Call di Jakarta, Rabu (6/12).

Tak hanya itu, Telkomsel juga akan melangsungkan kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).

Dalam prosesnya, 300 peserta yang lolos seleksi akan mendapat pelatihan melalui kegiatan Onboarding. Peserta dilatih mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha, kegiatan Pitching.

Selanjutnya, 32 peserta terpilih akan ikutan Pitching Tracks untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya.

Tahapan berikutnya, adalah kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.

Sebagai tambahan, dimulai sejak 2021, hingga tahun ketiga pelaksanaannya program DCE telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal, serta mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumninya.