GadgetSquad.ID – Kurang lebih 2 minggu lagi, bulan Ramadan 2024 akan berakhir. Artinya hari kemenangan Idul Fitri 1445 H, segera menyapa.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya akrab dengan aktivitas mudik ke kampung halaman. Salah satu faktor yang membuat aktivitas mudik, lebih nyaman yakni dari segi komunikasi.

Nah, helang mudik Idul Fitri 1445 H, berbagai operator telah menyiapkan amunisi terbaik, untuk memanjakan pelanggan setianya termasuk Telkomsel.

Selama momen mudik, Telkomsel memprediksi terjadi kenaikan broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa 2024.

Kenaikan itu didorong peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming 40,84%, communications 25,49%, video streaming 22,61%, social media 11,14%, sampai dengan e-commerce 9,17%.

Merujuk prediksi di atas, dibandingkan dengan momen RAFI tahun lalu, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 14,63% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu, mengatakan, jika Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

“Kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang kebersamaan pelanggan dan memberdayakan masyarakat dalam merayakan kehadiran bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idul Fitri nanti.”

Demi kenyamanan komunikasi, serta mengantisipasi lonjakan trafik selama momen mudik lebaran nanti, Telkomsel sudah menyiapkan berbagai jurus.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

Guna memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband Telkomsel telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia.

ODS tersebut dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Selain itu di momen mudik lebaran tahun ini, Telkomsel menghadirkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia.

Selain bisa menjadi tempat beristirahat, setiap Posko Siaga, juga menjadi pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan.

Diposko tersebut, menghadirkan kegiatan interaktif, seperti games, live music, massage chair, hingga phone charging, juga dihadirkan sebagai sarana untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan.

Dengan semangat #BersamaKitaBerkah, Telkomsel mengundang pelanggan bersama merayakan Ramadan dan Idul Fitri dengan penuh makna.

Selamat mudik, selamat Lebaran!!!