Lenovo secara resmi memperkenalkan workstation terbarunya di Indonesia yang ditujukan untuk kelas profesional yakni, ThinkStation P8. Perangkat ini hadir dengan performa tinggi yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan sudah dibekali dengan GPU NVIDIA RTX. ThinkStation P8 ini dirancang khusus untuk memberikan kinerja, keandalan, dan fleksibilitas dalam memenuhi tuntutan para profesional di bidang arsitektur, teknik, dan lainnya. 

Willy Setiawan, SMB Lead Lenovo Indonesia mengatakan “Lenovo secara konsisten menghadirkan teknologi mutakhir yang dapat diakses oleh semua orang, melayani para profesional di berbagai industri. Kami memahami kebutuhan pelanggan kami terhadap workstation berkinerja tinggi yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mereka yang beragam dan menantang. Oleh karena itu, Lenovo bermitra dengan AMD dan NVIDIA untuk melahirkan ThinkStation P8, sebuah workstation yang menggabungkan kekuatan, keserbagunaan, dan fitur-fitur tingkat profesional.”

Desain

ThinkStation P8 adalah sebuah PC kelas profesional yang dirancang dengan indah, dengan sasis logam padat berukuran 175 x 508 x 434,4 mm. Perangkat ini hadir yang didominasi dengan warna abu serta sentuhan aksen warna berwarna merah di sekeliling bagian grill casing. Desain dan warna tersebut terinspirasi dari Aston Martin merupakan hasil kolaborasi dengan produsen mobil legendaris.

Tidak hanya itu, pada bagian samping kanan dan kiri bodi casing, Lenovo juga membuat tuas casing seperti pegangan pintu mobil sport milik Aston Martin. Selain unik dan terlihat berbeda, hal ini tentunya membuat penggunanya mudah saat membuka penutup casing. Kesan elegan dan mewah juga terasa dengan material full metal di seluruh bagian case nya.

Performa Tinggi

Untuk bisa menangani tugas-tugas kompleks dan menuntut, seperti bekerja dengan basis data hingga aplikasi grafis real-time, Thinkstation P8 ini hadir dengan processor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series yang sudah menggunakan arsitektur 5 nm “Zen 4”, dengan 96 core dengan 192 thread di dalamnya.

Sedangkan untuk kebutuhan grafisnya, perangkat ini ditemani dengan graphics card yang mendukung hingga tiga GPU NVIDIA RTX 6000 ADA Generation untuk membantu mengurangi waktu penyelesaian dalam aplikasi grafis yang intensif seperti real-time ray tracing atau peng-renderan video, simulasi, atau desain bantu komputer. Kekuatan gabungan juga membuka dunia baru dari lingkungan yang menarik termasuk dunia digital, hingga penciptaan konten AR/VR.

Selain itu, Lenovo juga menyediakan opsi upgrade yang melimpah untuk para penggunanya, seperti tersedianya tujuh slot untuk SSD M.2 PCIe Gen 4 dan juga sudah support untuk penggunaan RAID. Lalu, workstation ini juga memiliki tiga slot SATA untuk harddisk dan juga empat slot RAM DDR5, yang mampu menampung memory hingga 2TB. Tak hanya itu, terdapat juga tujuh slot PCIe yang enam diantaranya merupakan PCIe Gen 5.

“Kami senang dapat melengkapi workstation terbaru ThinkStation P8 kami dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series yang mutakhir untuk menghadirkan kinerja terdepan kami untuk memberikan kinerja dan bandwidth yang unggul dalam menangani alur kerja yang semakin kompleks. Kemampuan luar biasa ini siap untuk meningkatkan karya para arsitek, insinyur, seniman visual, hingga pengembang model AI yang akan mendapatkan banyak manfaat dari fleksibilitas dan keandalan yang ditawarkan oleh ThinkStation P8 dengan AMD.” kata Eric Sugiono, Senior Solution Architect, ASEAN at AMD.

“Arsitek menghadapi tantangan umum dalam mendapatkan perangkat yang mampu mendukung aplikasi berat dan alur kerja yang kompleks, khususnya dalam tugas-tugas seperti rendering gambar,” menurut Yakub Riri selaku founder Atelier Riri, sebuah perusahaan dalam bidang arsitektur. Dia mengatakan:

Harga 

Bagi anda yang tertarik dengan perangkat ini, ThinkStation P8 bisa didapatkan dengan harga mulai dari IDR. 73.999.000. Sebagai perlindungan tambahan, Lenovo memberikan garansi 3 tahun Premier Support dan 3 tahun Accidental Damage Protection untuk jajaran perangkat mobile workstation.