8 Alasan Pilih Asus Zenfone 4 Selfie Pro atau Vivo V7+

0

GadgetSquad.id – Mau ganti hape baru ? Dan lagi cari smartphone yang jago di foto selfie ? Mungkin Asus Zenfone 4 Selfie Pro dan Vivo V7+ bisa jadi pertimbangan. Apalagi keduanya dijual dengan harga yang berdekatan.  Asus Zenfone 4 Selfie Pro dijual seharga Rp 4.999.000, sedangkan Vivo V7+ dibanderol seharga Rp 4.699.000.

Dari kedua smartphone ini mana yang paling layak dipilih ? Simak review perbandingannya berikut ini :

 

Desain

Ukuran bodi Asus Zenfone 4 dan Vivo V7+ bisa dibilang gak beda jauh. Asus Zenfone 4 memiliki ukuran 154 x 74.8 x 6.9 mm. Sedangkan Vivo V7+ berdimensi 155.9 x 75.8 x 7.7 mm.

Tapi ketika kedua smartphone ini dipegang, bodi hape Asus Zenfone 4 Selfie Pro terasa lebih tipis. Begitu juga bobotnya, Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang beratnya 147b gram  terasa lebih ringan dibandingkan Vivo V7+ yang bobotnya 160 gram. Padahal bodi Asus menggunakan bahan metal, sedangkan Vivo pakai bahan polycarbonate.

Penempatan berbagai port dan slot di bodi kedua smartphone ini, ternyata memiliki posisi yang sama. Di sisi bawah bodi Asus Zenfone 4 Selfie Pro dan Vivo V7+ menyematkan lubang earphone 3.5 mm,  port micro USB untuk kabel data dan charger, serta ada lubang single speaker.  Pada bagian kanan smartphone ini terdapat tombol volume dan power. Pada sisi kiri terdapat slot SIM card dengan lubang ejector.

 

Fingerprint

Kedua smartphone sudah sama-sama dibekali dengan fitur Fingerprint. Bedanya pada posisi scanner-nya. Asus Zenfone 4 Selfie Pro menempatkan fingerprint scanner di bagian bawah layar, menyatu dengan tombol Home. Sedangkan fingerprint scanner  di Vivo V7+ diletakkan di bagian punggung belakang tepat di bawah kamera

Layar

Sekilas udah terlihat, kalau layar Vivo V7+ lebih luas. Selain karena ukurannya 6 inci dengan rasio memanjang 18:9, juga karena desain layarnya yang full display, alias mendominasi sisi depan. Beda dengan Asus yang layarnya berukuran 5,5 inchi dengan rasio standar 16:9 dan berdesain layar standar, atau masih menyisakan bagian atas bawah yang cukup lebar.

Meski kalah luas, tapi layar Asus Zenfone 4 Selfie Pro sudah mengadopsi teknologi Amoled dengan resolusi Full HD (1920×1080 pixels). Beda dengan Vivo V7+ masih pakai layar IPS dan resolusi sebatas HD (1440×720 piksel). Itulah kenapa tampilan di layar Asus Zenfone 4 Selfie Pro terlihat lebih tajam.

Layar di kedua hape ini juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tahan gores.  Bedanya layar Asus Zenfone 4 Selfie Pro mengadopsi Gorilla Glass versi 5 sedangkan Vivo V7+ versi 4.

Baca juga : Review ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

Memori

Untuk daya tampung, kedua hape ini sama-sama disusupi memori internal 64 GB. Jika masih kurang, juga disediakan slot Micro SD untuk memori tambahan, yang sama –sama mendukung hingga 256 GB.

Tapi untuk  Asus Zenfone 4 Selfie Pro slot Micro SD-nya bersifat hybrid. Alias harus gantian dengan sim card 2. Beda dengan Vivo V7+ yang menyediakan slot khusus untuk Micro SD. Selain juga menyediakan dua slot simcard.

Baca Juga  Manual Book di Hape, Perlu Nggak Sih dibaca ?

 

Kamera Belakang

Asus Zenfone 4vSelfie Pro membawa kamera belakang berresolusi 16 megapiksel. Dengan didukung beberapa fitur kamera lainnya, seperti :  aperture f/2.2, 3 Axis EIS (Electronic Image Stabilization) , Auto HDR, LED Flash, PDAF, Sony camera sensor, selfie master, super pixel engine, ISP (Image Signal Processor), Auto, Beauty, Pro, Super Resolution (64MP), GIF Animation, Panorama, Slow Motion dan Time Lapse.

Vivo V7+ juga memiliki kamera 16 megapiksel. Juga disertai beberapa  fitur kamera tambahan, seperti : aperture f/2/0, Auto HDR, LED Flash, PDAF, Omni Vision camera sensor, Auto, Ultra HD (64MP), PPT, Pro, Slow Motion, dan Time Lapse.

Jadi meski sama-sama berkamera belakang 16 megapiksel, tapi Asus Zenfone 4 Selfie Pro membawa lebih banyak fitur tambahan kamera.

 

Video

Untuk merekam video, selain resolusi video Full HD 60fps,  FHD standar (30fps), HD 720, dan TV, kamera Asus Zenfone 4 selfie pro juga sanggup merekam hingga resolusi 4K. Apalagi sudah dilengkapi EIS (electronic image stabilzation) , jadi videonya lebih stabil.

Sementara itu untuk kamera Vivo V7+ hanya bisa merakam hingga resolusi FHD standar, HD, dan TV (480).  Hasil videonya juga terasa kurang stabil, terutama saat perekaman dalam kondisi bergerak.

 

Kamera Selfie

Asus menggunakan 2 lensa kamera untuk selfie. Lensa pertama berresolusi 12MP dengan sudut standar, serta dilengkapi fitur f/1.8, Sony Sensor, Electonic Image Stabilizer). Lensa kedua beresolusi 5MP ultra wide lense 120 derajat untuk group selfie, dengan f/2.2. Kamera selfie ini juga dibekali LED Flash dan bisa merekam video 4K video. Sedangkan Vivo V7+ Cuma punya 1 lensa kamera depan dengan resolusi 24MP, dengan aperture f/2.0 dan dilengkapi LED Flash.

Baca juga : Harga Asus Zenfone 4 Selfie Rp3,5 Juta, Apa Saja Paket Pembeliannya ?

 Baterai

Asus Zenfone 4 Selfie Pro dibekali baterai 3.000 mAH, sedangkan Vivo V7+ mengandalkan baterai 3.200 mAH. Dari penggunaan kedua smartphone ini, baterai Vivo v7+ bisa bertahan lebih lama. Ini bisa jadi salah satunya karena ketajaman layar Vivo V7+ yang masih HD, jadi tidak terlalu nyedot daya baterai. Sayangnya, kedua smartphone ini tidak dibekali fitur fast charging

 

Prosesor & RAM

Keduanya sama-sama disokong prosesor Qualcom Snapdragon. Bedanya prosesor di Asus Zenfone 4 Selfie Pro pakai Snapdragon 625 octacore 2.0 GHz dan GPU Adreno 506. Sedangkan Vivo V7+ pakai Snapdragon 450 octa–core 1.8 GHz, GPU Adreno 506.

Untuk RAM-nya keduanya sama-sama dibekali RAM 4 GB . Serta mengadopsi Android Android nougat 7.1. Sekarang kita uji kinerja keduanya dengan aplikasi Antutu Benchmark. Dan hasilnya skor Asus Zenfone 4 Selfie Pro lebih tinggi