Compare Smartphone Jagoan Selfie, Oppo F5 vs Vivo V7+

0

GadgetSquad.id – Tren smartphone foto selfie masih menjadi persaingan antar vendor. Masing-masing mengeluarkan seri smartphone terbaru yang mengusung kehebatan kamera selfie. Di antaranya yaitu  Oppo F5 dan Vivo V7+.

Kedua smartphone ini pun dijual dengan harga yang tidak berbeda jauh.  Oppo F5 dijual seharga Rp 5.199.000, sedangkan Vivo V7+ dibanderol seharga Rp 4.699.000.

Dari kedua smartphone ini mana yang paling layak dipilih ? Simak review perbandingannya berikut ini :

 Desain

Ukuran bodi Oppo F5 dan Vivo V7+ bisa dibilang sebanding. Oppo F5 memiliki ukuran 156.5 x 76 x 7.5 mm. Sedangkan Vivo V7+ berdimensi 155.9 x 75.8 x 7.7 mm. Begitu pun saat dipegang,, bodi hape Oppo F5 dan Vivo B7+ memiliki ketebelan yang sama.

Tapi bobot Oppo F5 yang 152 gram, terasa lebih ringan dibandingkan Vivo V7+ yang bobotnya 160 gram. Baik Oppo F5 maupun Vivo V7+ sama-sama memakai bahan polycarbonate pada bodi belakangnya, meskipun terlihat seperti berbahan metal.

Di sisi bawah bodi Oppo F5 dan Vivo V7+ menyematkan lubang earphone 3.5 mm,  port micro USB untuk kabel data dan charger, serta ada lubang single speaker.  Pada bagian kanan Oppo F5 ini terdapat tombol volume dan slot simcard dan memori card dengan lubang ejector. Berbeda dengan Vivo V7+ yang menempatkan slot SIM card dan memori dengan lubang ejector,pada sisi kiri terdapat. Sedangkan sisi kanannya diletakkan tombol volume dan power.

Fingerprint & face Unlock

Kedua smartphone sudah sama-sama dibekali dengan fitur Fingerprint. Posisi scanner-nya pun sama. Oppo F5 dan Vivo V7+ menempatkan fingerprint scanner di bagian punggung belakang tepat di bawah kamera.  

Baik Oppo F5 maupun Vivo V7+ juga membawa fitur pengaman lain selain fingerprint maupun Password, PIN dan Pattern,  yakni Facial Unlock. Fitur pengenal wajah (Face Recognition) ini memanfaatkan kamera depan untuk mendeteksi sekitar 128 titik-titik wajah. Respon Face Unlock saat memindai wajah tercatat cukup baik dan cepat. Dalam waktu kurang dari satu detik, layar smartphone bisa dibuka.

Layar

Persamaa lain dari kedua smartphone ini, yaitu terletak pada layar sentuhnya. Baik Oppo F5 maupun Vivo V7+ sama-sama mengusung layar 6 inci dengan rasio memanjang 18:9, juga memiliki desain layarnya yang full display, alias mendominasi sisi depan.

Tapi layar Oppo F5 sudah mengadopsi teknologi LTPS (Low Temperature PolySilicon). Layar ini mampu menampilkan detil gambar yang tajam, warna yang natural, lebih rendah suhu dan konsumsi daya serta lebih tipis. Resolusinya juga sudah Full HD+  (1080 x 2160pixels). Beda dengan Vivo V7+ masih pakai layar IPS dan resolusi sebatas HD (1440×720 piksel). Itulah kenapa tampilan di layar Oppo F5 terlihat lebih tajam.

Baca Juga  Compare 3 Hape yang Turun Harga (Xiaomi Mi A1 vs Asus Zenfone 3 vs Moto G5s Plus)

Layar di kedua hape ini juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tahan gores.  Bedanya layar Oppo F5 mengadopsi Gorilla Glass versi 5 sedangkan Vivo V7+ versi 4.

Memori

Untuk daya tampung, kedua hape ini sama-sama disusupi memori internal 64 GB. Jika masih kurang, juga disediakan slot Micro SD untuk memori tambahan, yang sama –sama mendukung hingga 256 GB. Kedua smartphone ini juga menyediakan slot khusus untuk Micro SD. Selain juga menyediakan dua slot simcard alias triple slot.

Kamera Belakang

Oppo F5 membawa kamera belakang berresolusi 16 megapiksel. Dengan didukung aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, HDR, Time-lapse, Panorama, Expert dan LED flash.  Vivo V7+ juga memiliki kamera 16 megapiksel. Juga disertai beberapa  fitur kamera tambahan, seperti : aperture f/2/0, Auto HDR, LED Flash, PDAF, Ultra HD (64MP), Pro, Slow Motion, dan Time Lapse.

Kemampuan merekam video dari kamera belakang di Oppo F5 dan Vivo V7+ terbilang sebanding. Keduanya bisa merekam video hingga resolusi video Full HD standar (30fps)

Kamera Selfie

Meski tidak lagi mengusung ‘Dual Camera’ pada kamera selfie, namun kamera ini sudah berkekuatan 20 Mpix. Kamera ini menggunakan sensor Samsung dengan aperture F/2.0. Yang membuat hebat kamera ini adalah karena dilengkapi teknologi A.I Beauty Recognition. Teknologi ini mampu memindai lebih dari 200 titik wajah dan meramunya ke database yang telah terekam dan sanggup mengenali keunikan, bentuk serta struktur wajah, sehingga akan memastikan foto selfie tetap alami.

Teknologi A.I Beauty Recognition ini juga sanggup mendeteksi karakter wajah pria dan wanita, serta mengolahnya dan memberikan efek kecantikan (mode Beauty) yang lebih pas. Tidak hanya itu, kamera selfie ini juga bisa menghasilkan foto bokeh.

Vivo V7+ juga hanya memiliki 1 lensa kamera depan. Tapi resolusinya lebih besar yaitu 24 Mpix. Kamera ini dilengkapi dengan aperture f/2.0 dan LED Flash. Kamera ini juga sanggup menghasilkan foto bokeh.

Baterai

Oppo F5 dan Vivo V7+ sama-sama dibekali baterai berkapasitas 3.200 mAH. Penggunaan kedua smartphone ini secara normal, baterai bisa bertahan cukup lama, yaitu bisa seharian penuh. Sayangnya, kedua smartphone ini tidak dibekali fitur fast charging

Prosesor & RAM

Untuk urusan kinerja, Oppo F5 diotaki prosesor MediaTek MT6763T Octacore 2,5 GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-G71 MP2. Sedangkan Vivo V7+ pakai prosesor Snapdragon 450 Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 506. Untuk RAM-nya keduanya sama-sama dibekali RAM 4 GB . Serta mengadopsi Android Android nougat 7.1.