Cegah Baterai Hape Meledak dengan Langkah Sederhana ini

0


GadgetSquad.ID -  Beberapa waktu lalu tersiar kabar soal tragedi yang menimpa bocah asal Tiongkok. Diinfokan bocah malang tersebut, harus terluka parah lantaran baterai hapenya meledak.

Sejatinya kabar baterai hape meledak sudah sering terjadi. Banyak faktor yang membuat hape bisa meledak, salah satunya tentu saja kesalahan kamu sendiri, yang terkadang sembarangan merawat hape kesayangan.

Berdasarkan info yang didapat dari Tech Advisor, ini dia tips supaya batere hape tidak meledak  

1. Isi Daya dengan Benar

Langkah paling dasar, harus membiasakan mencharge baterai dengan benar. Gunakanlah, charger bawaan saat mengisi daya. Jangan lupa lepas kabel saat hape selesai diisi, pasalnya jika kepanasan baterai rentan terkena korslet yang dapat berujung pada ledakan.

2. Letakkan di posisi aman

Biasakan meletakan hape dikondisi aman saat mencharger. Contoh, jangan sampai meletakan hape yang sedang di charge di atas kasur. Pada tahun 2017 silam, seorang ibu hamil terluka saat ponsel Samsung Galaxy S5 miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya.

3. Jangan Sampai Panas

Ponsel yang kepanasan sangat rentan memicu ledakan. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini, saat mencharge sebaiknya melepas lapisan pelindung, baik itu hard maupun soft case. Hal yang sama dapat dilakukan saat bermain gim, apabila ponsel mulai terasa panas, letakkan dulu ponsel Anda agar tidak kepanasan.

4. Hindari Tekanan Pada Ponsel

Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga mengakibatkan korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

5. Beli Baru

Jika Agan sudah tidak yakin dengan kondisi batere hape, lebih baik segera mengantinya dengan yang baru. Lebih baik keluar duit beli baterai baru, dari pada harus keluar dana gara-gara hape meledak lantaran baterainya sudah rusak.