Review Xiaomi Redmi 5A, Tes HP Xiaomi Harga Dibawah 1 juta

0

Begini rasanya mencoba HP Xiaomi harga dibawah 1 juta, yakni Redmi 5A.

Pada review Xiaomi Redmi 5A kali ini akan menjelaskan soal hp Xiaomi harga dibawah 1 juta dengan spesifikasi yang paling tinggi dikelasnya. Tapi apakah layak untuk dibeli? Simak review Xiaomi Redmi 5A berikut. Pertama-tama soal harga, Xiaomi Redmi 5A memang merupakan hp xiaomi harga dibawah 1 juta, yakni Rp 999.000.

HP Xiaomi harga dibawah 1 juta

Tapi itupun jika kamu berusaha mendapatkannya melalui flashsale yang dilakukan di Lazada. Jika tidak, kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi bahkan hingga 1,5 Juta-an untuk mendapatkan smartphone baru dari Xiaomi ini. Xiaomi Redmi 5A bisa dibilang merupakan penerus dari seri Redmi 4A. Harga Xiaomi Redmi 5A sendiri bahkan lebih murah dibandingkan pendahulunya seri Redmi 4A saat meluncur di Indonesia, yakni Rp1,5 Juta.

Desain

Secara desain jangan harap hp Xiaomi harga dibawah 1 juta ini memiliki desain degan build quality yang bagus. Smartphone yang masuk di kelas entry level ini terbilang biasa-biasa saja, bahan material bodinya juga menggunakan plastik polycarbonate.

Untungnya Xioami mengemas ponsel ini dengan konsep unibodi. Hasil finishing metal membuat tampilan ponsel ini tidak terkesan murah dan tidak begitu kokoh. Tapi bobotnya tidak terlalu berat sehingga menghasilkan ponsel ini cukup sangat nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Bagi kamu yang suka ponsel berlayar besar, Redmi 5A mungkin akan terasa kecil saat digenggam maupun saat dikantongi. Tidak hanya itu,  dibanderol dengan harga murah, Xiaomi juga harus mengorbankan menyematkan teknologi pemindai sidik jari yang tidak bakal bisa ditemukan pada smartphone ini.

review xiaomi Redmi 5A

Redmi 5A memiliki tombol daya dan volume suara di sisi kanan ponsel, sebuah kamera depan, slot USB-C, dan port audio 3,5mm. Sementara slot untuk kartu SIM ada di sebelah kiri.

Xiaomi memasang dua slot, satu tray untuk dua kartu SIM dan satu slot terpisah untuk kartu memori. Jadi kamu tidak perlu mengorbankan salah satu slot untuk memilih memasang SIMcard atau kartu memori MicroSD.

Layar

Gunakan layar 5 Inci, Xiaomi Redmi 5A mengadopsi sistem operasi Android Nougat dengan MIUI terbaru versi 9 dilayar yang mengunakan resolusi HD. Redmi 5A menjadi ponsel Xiaomi pertama di Indonesia yang sudah menjalankan MIUI9, berbasis Android Nougat 7.0. Tampilan antarmuka MIUI9 masih mempertahankan kesederhanaan versi pendahulunya, mudah dikenali dan digunakan. Aplikasi bawaan yang ditawarkan Xiaomi di ponsel ini tidak terlalu banyak, hanya ada aplikasi standar seperti kalender, musik, explorer, MIUI Forum, Mi Drop, Mi Community dan Mi Remote. review xiaomi redmi 5a

Kamera

Xiaomi Redmi 5A memakai resolusi sensor lensa kamera yang cukup besar dikelasnya. Dengan bukaan lensa f/2.2, dan dilengkapi phase detection autofocus dan lampu flash LED pada kamera belakang, membuat smartphone ini mampu menghasilkan foto yang cukup terang dan jelas. Xiaomi menyediakan berbagai fitur untuk pengaturan mengambil gambar, modus Manual untuk mengatur White Balance dan ISO, hingga fitur Straighten agar foto yang dihasilkan lurus sesuai dengan garis horizon.

Review Xiaomi Redmi 5A

Baca Juga: Xiaomi Redmi 5 vs Redmi 5 Plus, Apa Bedanya ?

Saat mencoba memotret di ruang gelap, hasilnya menjadi tidak natural. Foto terkesan terlalu putih, bisa jadi karena warna flash yang berwarna terlalu cerah sehingga hasil foto menjadi kurang bagus.

Sementara kamera depan, Xiaomi Redmi 5A sudah mengunakan resolusi 5 MP,  kemampuannya tidak jauh berbeda dengan pendahululnya Xiaomi Redmi 4A. Terdapat beberapa filter bawaan yang bisa menambah kecantikan gambar. Kamera ponsel juga tidak terlalu cepat fokus. Namun paling tidak, fitur beautification-nya sanggup merampingkan dan menghaluskan kulit penggemar selfie.

Hasil kamera depan memang agak mengecewakan. Tak ada masalah jika pengguna melihat hasil foto dari jauh. Namun jika diteliti lebih dekat dengan zoom in, foto yang diambil di ruang penuh cahaya pun akan tetap pecah.

Kinerja

Untuk kinerjanya, Xiaomi Redmi 5A ditunjang prosesor Snapdragon 425 quad core 1,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 2 GB dan internal memori 16 GB. Kapasitas memori masih bisa diperluas dengan adanya slot microSD card.

Prosesor tersebut sama dengan beberarapa perangkat, termasuk Redmi 4A yang dibanderol Rp1,3 jutaan. Saat digunakan untuk menjalankan game Super Mario Run yang membutuhkan kemampuan grafis cukup tinggi, tampilan terlihat cukup bagus dan tidak tersendat-sendat.

Baca Juga: Harga Xiaomi Redmi 5A Rp1 Juta, Ini Paket Penjualannya

Bagi penggemar game Mobile Legends, Redmi 5A cukup bisa diandalkan. Meski baterai tersedot, perangkat tidak terasa terlalu panas.

Ponsel ini juga membawa Mi Remote yang bisa digunakan untuk menggantikan remote produk elektronik di rumah seperti TV, AC dan lainnya. Begitu juga saat kamu lakukan pengetesan dengan menggunakan antutu bechmark, smartphone ini mampu menghasilkan skor hingga 36 ribuan.

Baterai

Dari segi baterai, Redmi 5A membawa kapasitas 3000mAh yang cukup besar di kelasnya. Sehingga hp Xiaomi harga dibawah 1 juta ini mampu bertahan lebih dari 10 jam untuk penggunaan normal dalam sehari. Pengisian daya memakan waktu sekitar 2 jam untuk hampir penuh. Saat berada dalam posisi idle, ponsel bertahan hingga maksimal dua hari.