Buat kamu yang sering berbelanja online di Tokopedia, gak perlu khawatir lagi barang yang dikirim hilang atau rusak. Karena barang tersebut kini sudah diasuransikan.

Tokopedia menggandeng Asuransi Tokio Marine Indonesia (Tokio Marine) untuk menyediakan perlindungan Asuransi Pengiriman bagi Toppers (sebutan pengguna Tokopedia). Tokio Marine akan menjadi penyedia jaminan atau proteksi terhadap potensi kerusakan dan kehilangan atas barang-barang yang dibeli Toppers selama proses pengiriman barang. Hal ini diharapkan akan meningkatkan ketenangan  dan pengalaman berbelanja Toppers.

Baca juga : Tokopedia Sediakan Reksa Dana Online

Melalui kerja sama dengan Tokio Marine, penggunaan asuransi pengiriman akan menjadi lebih mudah bagi Toppers, mengingat adanya keseragaman pilihan layanan, termasuk dari segi premi asuransi, standar operasional, dan kategori barang yang dapat diasuransikan. Pengguna juga dapat melakukan klaim langsung melalui pusat resolusi Tokopedia.

Asuransi dari Tokio Marine juga dapat diakses dengan mudah. Di halaman Add to Cart, Toppers akan diberikan pilihan untuk menggunakan asuransi dengan tambahan premi sebesar 0.2% dari harga barang. Nilai pertanggungan yang akan diberikan kepada Toppers senilai harga barang yang ditambahkan dengan ongkos kirim.

Apabila dalam proses pengiriman barang terjadi kerusakan atau kehilangan, maka Toppers bisa melakukan komplain dalam kurun waktu 1×24 jam sejak resi tanda terima barang telah diterima. Tokopedia akan memproses klaim tersebut dengan meminta konfirmasi kerusakan atau kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman. Setelah mendapatkan konfirmasi, akan dilakukan proses investigasi dari Tokio Marine selama 1×24 jam kerja setelah dokumen klaim diserahkan. Apabila disetujui, Tokio Marine akan mengonfirmasi kepada Tokopedia untuk proses  ganti rugi yang dikirimkan langsung oleh Tokopedia kepada Toppers.

COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, sebagai marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia memungkinkan siapa saja merasakan pengalaman online yang aman, transparan, dan efisien. “Kemudahan berbelanja online sangat penting untuk ditopang dengan perlindungan yang optimal. Kami memperhatikan betul aspek ini, supaya Toppers dapat berbelanja dengan tenang dan nyaman tanpa perlu khawatir dengan pengiriman barangnya.” Tambahnya

Melissa melanjutkan, “Selain mampu meningkatkan pengalaman Toppers dalam berbelanja di Tokopedia, lewat jasa perlindungan dari Tokio Marine kami juga ingin mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk mencoba kenyamanan dan keamanan berbelanja online melalui platform Tokopedia.”  Menurut Melissa membangun Tokopedia itu ibarat membangun sebuah kota. Oleh karenanya, kolaborasi dengan mitra-mitra strategis yang memiliki semangat sama dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital itu penting.

Baca juga : Tokopedia Berikan Poin Untuk Ditukarkan Hadiah Menarik, Apa Saja ?

Tokio Marine merupakan perusahaan asuransi pertama dan terbesar di Jepang dengan pengalaman lebih dari 130 tahun, dan telah beroperasi di 38 negara di seluruh dunia. Tokio Marine menyambut baik kerjasama untuk Asuransi Pengiriman Barang dengan Tokopedia. “Kemudahan berbelanja online terkadang masih menyisakan kekhawatiran bagi sebagian masyarakat, terutama kemungkinan kerusakan atau kehilangan barang dalam proses pengiriman. Bersama Tokopedia, kami berharap dapat berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan dan keamanan berbelanja online melalui platform e-commerce,” ucap Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia, Josef Gunawan Setyo.