Segera Dirilis di Indonesia, Ini 10 Hal Yang Menarik dari OPPO Find X

0

Setelah resmi diperkenalkan pada suatu acara launching di Paris, Perancis, OPPO tengah memersiapkan smartphone terbarunya, yaitu Hp OPPO Find X, untuk diluncurkan di Indonesia. Menutu info, Hp OPPO terbaru ini akan diluncurkan di Indonesia dan juga berbarengan dengan peluncuran di beberapa negara lainnya, pada Agustus 2018.

oppo find x

Hp OPPO Find X patut ditunggua kehadirannya. Karena selain ini merupakan smartphone berkelas flagship atau premium, juga karena Hp ini dilengkapi sederet fitur keren yang bisa dibilang belum ada di Hp lainnya Apalagi OPPO Find X juga tampil mewah dengan desain unik yang berbeda dari Hp yang ada saat ini.

Dan berikut ini beberapa fitur keren yang dibawa OPPO Find X yang gak ada atau  belum dimiliki smartphone lainnya :

Desain Panoramic Arc Screen

Tampilan desain menjadi daya tarik awal dari OPPO Find X. Smartphone ini tampil begitu mewah dengan mengusung desain Panoramic yang bisa dibilang belum pernah ada sebelumnya.

Desain Panoramic pada Find X memberikan kesan tampilan siluet yang memukau. Desain ini menghadirkan penampang tanpa lubang receiver, dan juga tampilan layar penuh yang menutupi sekujur sisi depan hingga hampir tidak menyisakan bezel.

Desain layar full display ini diberi nama Panoramic Arc Screen. OPPO menggunakan teknologi COP flexible screen untuk menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. Ukurannya 6,4 inci dengan resolusi Full HD+, tanpa poni. Layar ini memiliki desain curve display atau layar dengan bentuk membulat di sisi samping kanan dan kiri.

Baca juga : OPPO F7 Youth vs OPPO F7, Apa Bedanya ?

Bodi Find X hadir dengan dua pilihan warna gradasi , yaitu Bordeaux Red dan Glacier Blue. Dibuat melalui proses Multifaceted Color, smartphone ini menghadirkan gradasi warna dengan bentuk 3D Arc. Saat terang, bodi Find X bersinar layaknya kristal dan aliran air, memberikan efek warna-warni yang akan terus berubah seiring dengan perubahan kondisi cahaya di lokasi berada.

Kamera 3D Slide-out

Fitur keren lainnya yang dimiliki Find X yaitu kameranya yang didesain dengan mekanisme slide out. Dalam keadaan normal kamu tidak akan melihat adanya kamera di smartphone ini. Tapi begitu bodi smartphone ini digeser ke atas barulah terlihat kamera belakang dan depan.

Bahkan diklaim hanya butuh 0,5 detik bagi kamera yang tadinya tersembunyi, untuk bisa muncul dan sekaligus mengaktifkan fitur kamera dan siap untuk memotret. Kerennya lagi, kamera di Find X ini juga memiliki kemampuan menutup secara otomatis jika terdeteksi akan jatuh. OPPO mengklaim sistem slide out pada kamera ini sudah melewati proses pengujian 300 ribu kali. Jadi kamu gak perlu khawatir soal ketahanan desain ini.

oppo find x

Find X membawa dua kamera di bagian belakang dengan kombinasi kamera 16 MPix aperture f/2.0, PDAF, OIS dan kamera 20 MP dengan aperture f/2.2. Kamera ini juga sudah diberi kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan dual-tone LED Flash. Termasuk kemampuan untuk memotret foto bokeh (background blur).

3D Structured Light

Kamera depan untuk foto selfie di Find X juga gak kalah hebat, karena memiliki resolusi sebesar 25 Mpix. Apalagi kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur 3D Structured Light. Dengan fitur ini kamera depan bisa melakukan 3D smart selfie capture, yaitu memungkinkan kamera deoan membuat model tiga dimensi (3D) dari wajah pengguna.

Berdasarkan model 3D wajah tersebut, teknologi Artificial Intelligence (AI)  akan menganalisis karakteristik wajah pengguna, kemudian akan secara otomattis menyesuaikan dengan berbagai setingan kamera sehingga bisa dihasilkan hasil foto yang lebih natural dan realistis.

Selain itu kamera juga mampu memberikan berbagai efek cahaya terhadap foto wajah. Seperti Feature light yang menegaskan kontur wajah, Bi-color light yang memberi simulasi lampu klasik neo warna biru dan merah, serta Rim light yang mencerahkan warna kulit dan membuat kontur wajah menjadi lebih jelas.

O-Face

OPPO Find  X tidak dilengkapi fitur Fingerprint, tapi sebagai gantinya sudah disediakan fitur Face Recognition, bahkan kemampuannya semakin canggih. Fitur  Face Recognition pada smartphone ini diberinama O-Face.

Berkat O-Face, kamera depan bisa melakukan deteksi 15.000 titik di wajah pengguna dan membuat skema tiga dimensi yang tepat dari wajah pengguna. Dengan begitu bisa lebih akurat dalam melakukan face recognition terutama saat digunakan untuk membuka layar Hp ini yang terkunci. Dengan begitu akan lebih aman karena tidak bisa dipalsukan.

Bahkan fitur O-Face ini memiliki rasio kesalahan sebesar 1/1.000.000. Artinya, lebih aman aman dibandingkan fitur pemindaian sidik jari yang memiliki rasio kesalahan sebesar 1/50.000. Apalagi fitur ini juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran juga melalui face recognition di sistem Alipay, dan menjadikan OPPO Find X sebagai perangkat Android pertama yang memungkinkan hal tersebut.

AI Scene Recognition

OPPO Find X juga memudahkan pengguna saat memotret foto dengan berbagai macam kondisi. Dengan bantuan AI Scene Recognition, kamera mampu mengidentifikasi kondisi sekitar pada objek foto, yang kemudian akan mengoptimalkan hasil fotonya. AI Scene Recognition mendukung lebih dari 20 skenario fotografi dan lebih dari 800 kombinasi skenario. Jadi kamu bisa mudah memotret objek foto dalam berbagai kondisi.

Kamera pada Find X ini juga bisa membantu saat memotret di kondisi yang kurang kondusif seperti backlight. Dengan Teknologi pixel-level graded exposure dan sensor HDR 2.0, kamera bisa memperjelas perbedaan antara objek foto dan latar belakang . Selain itu, pengguna juga tidak perlu lagi menduga-duga hasil foto, karena bisa langsung terlihat di layar dalam  tampilan preview.

Omoji

Selain untuk kebutuhan foto selfie dan face recognition, ada kegunaan lain dari fitur O-Face. Yaitu bisa menghadirkan 3D Omoji. Pengguna bisa membuat avatar mereka sendiri, atau gambar karakter dalam bentuk kartun,  dengan tampilan wajah yang benar-benar mirip. Asyiknya lagi, Omoji ini bisa digunakan dalam video atau GIF, atau dibagikan melalui aplikasi chatting.

ColorOS 5.1 AI System

OPPO Find X menyematkan tampilan user interface khas yaitu Color OS 5.1 yang didasarkan pada Android 8.1. Dan yang berbeda kali ini, juga dipadukan dengan AI  engine dari prosesor Snapdragon 845. Teknologi AI ini membantu ColorOS 5.1 untuk mengerti kebutuhan pengguna secara lebih baik lagi dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Ini membuat tampilan menu di smartphone ini semakin mudah digunakan, dan semakin pintar dalam memahami kebiasaan pengguna dalam menggunakan smartphone ini.

Super VOOC

Untuk daya tahan hidupnya, Find X dibekali baterai berkapasitas 3400 mAh dan diklaim dapat bertahan dengan cukup lama. Ini tidak lepas dari bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa melakukan efisiensi penggunaan baterai.

Gak Cuma itu, OPPO juga menambahkan fitur SuperVOOC. Fitur ini diklaim mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0 persen hingga 100 persen hanya dalam waktu 35 menit saja. Fitur SuperVOOC dibenamkan OPPO pada seri OPPO Find X Automobili Lamborghini Edition. Sedangkan pada varian  Find X biasa, dilengkapi fitur pengisian daya cepat VOOC yang sudah ada di beberapa seri OPPO sebelumnya.

Baca juga : Cukup Sekali Charging Hape OPPO F7 Bisa Tahan Seharian, Ini Rahasianya !

Performa Kencang

Untuk performanya, Find X ini mengusung prosesor terbaru yaitu Snapdragon 845. Performanya juga disokong RAM berkapasitas besar, yaitu 8 GB. Belum lagi tersedianya memori internal berkapasitas besar mencapai 256 GB, serta juga ada pilihan varian dengan kapasitas 512 GB.

Automobili Lamborgini Edition

Untuk hargaya, OPPO Find X tersedia dalam dua pilihan. Yang pertama varian dengan kapasitas memori internal 256 GB with VOOC yang dijual seharga 999 euro atau setara dengan Rp16 jutaan.

Nah, yang menarik, OPPO Find X juga tersedia dalam varian Automobili Lamborgini Edition dengan memori internal 512 MB with SuperVOOC. Untuk varian yang satu ini harganya mencapai 1699 euro atau sekitar Rp27 jutaan.