Bersihkan Akuarium Secara Otomatis Bisa via Smartphone

Perangkat ini juga bisa memotret dan merekam berbagai momen di akuarium

GadgetSquad.id – Punya akuarium memang mengasyikan. Bisa melihat berbagai jenis ikan dan binatang air lainnya yang lucu. Bahkan kata sebagian orang bisa menghilangkan stress. Tapi yang bikin males yaitu saat harus merawat atau membersihkan akuarium. Tapi sekarang pekerjaan melelahkan dan merepotkan itu tidak perlu kamu lakukan, cukup menggunakan robot mini bernama Moai.

Baca juga : HEXA, Robot Laba-laba yang Bisa Diprogram Sendiri

sponsored

Seperti dilansir dari Mashable,  Robot atau perangkat mungil ini bisa membersihkan akuarium secara otomatis. Gak cuma itu, robot ini juga bisa memantau kondisi akuarium dan makhluk hidup di dalamnya.

Kamu dapat mengatur dan menentukan kapan Moai harus membersihkan akuarium. Untuk menseting pengaturan ini dilakukan melalui aplikasi khusus pada smartphone. Setelah masuk ke aplikasi, pilih hari dan waktu kapan Moai harus membersihkan akuarium.

Pengaturan yang sudah ditentukan akan diterima oleh perangkat Moai dengan menggunakan koneksi Wifi. Dan perangkat ini pun akan mengikuti pengaturan yang diberikan. Saat perangkat ini bekerja, suara yang ditimbulkan sangatlah kecil. Jadi meski beroperasi pada pada malam hari, tidak akan membuat bising.

Canggihnya lagi, Moai bisa mendeteksi luas akuarium dengan sensor navigasi suara ultra agar seluruh bagian akuarium bisa dibersihkan. Selain itu sensor navigasi suara ultra juga berfungsi untuk menghindari berhentinya proses pembersihan karena terhambat sesuatu atau tersangkut kotoran tertentu. Moai akan secara otomatis menghindari halangan dan kotoran berdasarkan pantulan suara dari benda yang menghalangi.

Setelah Moai selesai membersihkan akuarium, perangkat ini secara otomatis kembali ke smartdock atau tempatnya untuk mengisi daya dan persiapan kembali melakukan pembersihan nantinya. Saat proses ‘istirahat’, Moai akan tetap menempel karena menggunakan magnet Neodymium dengan daya tarik yang cukup kuat.

Dilengkapi Kamera

Moai dilengkapi kamera beresolusi 1080p HD yang akan menangkap momen-momen unik dan alami dari akuarium. Kemudian perangkat ini bisa mengirimkan hasil fotonya ke perangkat lain.

Kamera di perangkat ini juga dibekali kemampuan Wide Angle 120 derajat. Sehingga jangkauan gambar yang diambil saat memotret atau merekam video menjadi lebih luas. Pengguna Moai juga bisa merekam video timelapse.

Moai juga dapat melakukan live streaming via aplikasi yang sama. Ini agar pemilik akuarium bisa mengetahui kondisi akuarium secara realtime. Saat live streaming berlangsung, pengguna bisa menentukan pergerakan Moai ke posisi yang dikehendaki.

Baca juga : Kacamata Pintar Lenovo Ini Gabungkan Artificial Intelligence dan Augmented Reality

Ada keterbatasannya

Moai ternyata juga memiliki keterbatasan. Antara lain yaitu tidak dapat digunakan untuk akuarium dengan tabung silinder. Ini karena magnet dan pembersih tidak bisa berkerja pada penampang yang melengkung. Moai hanya bisa bekerja pada akuarium berbentuk kotak.

Keterbatasan lainnya yaitu, alat ini hanya akan membersihkan satu sisi kaca saja. Untuk membersihkan sisi yang lain, pengguna harus memindahkan Moai secara manual.