Review Samsung Galaxy Watch Active 2 – Smartwatch Terbaru yang Makin Canggih

GadgetSquad.id – Samsung meluncurkan smartwatch terbarunya yaitu Samsung Galaxy Watch Active 2. Smartwatch yang dirilis dalam dua varian berdasarkan ukurannya, yakni 40 mm dan 44 mm ini dikemas dengan sejumlah fitur menarik untuk para penggemarnya. Apa saja fitur menarik dimaksud, simak saja reviewnya berikut ini.

Samsung Galaxy Watch active 2 (2)

Desain dan Layar

Menarik dan penuh gaya, begitulah kira-kira kesan pertama yang dirasakan melihat jam tangan pintar terbaru besutan Samsung ini. Secara bentuk, arloji pintar ini diracik dengan format membulat, sangat pas dan terasa anggun ketika dikenakan di pergelangan tangan.

Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki dua tombol yang terletak di sebelah kanan, masing-masing adalah tombol power/home di bawah dan tombol back yang terletak di atasnya.

Unit review yang Gadget Squad jajal adalah varian 44mm dan memiliki dimensi 44,0 x 44,0 x 10,9 mm. Sementara bobotnya juga tergolong cukup ringan sekitar 42 gram saja. Untuk layarnya, Galaxy Watch Active 2 ini menawarkan diagonal 1,4 inci dengan resolusi 360 x 360 piksel.

Baca juga : Dijual 4 Jutaan, Samsung Galaxy Watch Active 2 Punya Banyak Fitur Canggih

Berbekal teknologi layar Super AMOLED, membuat konten atau informasi yang terdapat di layarnya tersaji dengan tajam dan jernih. Bahkan, ketika melihatnya di luar ruangan dengan teriknya paparan sinar matahari, informasi yang tersaji masih terlihat dengan jelas.

Sensitivitas layar sentuhnya juga cukup baik. Galaxy Watch Active 2 akan secara otomatis menyala ketika kita ingin melihat waktu. Sementara untuk memberikan proteksi lebih, layar Galaxy Watch Active 2 juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass DX+.

Bagi yang suka menyelam, perangkat ini juga masih bisa dikenakan ketika mereka melakukan aktivitas tersebut. Hal itu lantaran Galaxy Watch Active 2 telah mengantongi sertifikasi IP68 yang membuatnya anti air dan debu. Tapi perlu diingat, perangkat hanya bisa digunakan untuk menyelam dengan kedalaman hingga 5 ATM dan bertahan selama 30 menit, serta bukan di dalam air laut.

Untuk tali jamnya sendiri, pada paket penjualannya hanya tersedia satu dan berbahan kulit. Namun, bagi yang mau menggantinya hal itu juga dimungkinkan, karena Samsung menjual strap-nya secara terpisah. Tinggal dipilih, lebih suka dengan tali jam berbahan kulit atau alumunium.

Hardware & Software

Layaknya sebuah smartphone, arloji ini juga dikemas dengan prosesor dan komponen pendukung lainnya untuk dapat bekerja. Dalam hal ini, Galaxy Watch Active 2 disokong oleh prosesor dual-core Samsung Exynos 9110 (10 nm) berkecepatan 1.5GHz ditandem dengan RAM 768 MB dan memori internal 4 GB.

Sementara dari sisi software, Samsung Galaxy Watch Active 2 menjalankan Tizen OS yang menyajikan antarmuka pengguna sangat menarik. Untuk menghidupi perangkat, di dalam bodi Galaxy Watch Active 2 terdapat baterai berkapasitas 340 mAh. Rata-rata daya baterainya bisa menghidupi perangkat sampai dua hari dalam penggunaan normal.

Untuk dapat terhubung dengan perangkat lain, perangkat ini telah menyematkan sejumlah fitur konektivitas, antara lain Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, dan NFC.

Samsung Galaxy Watch active 2 (1)

Fungsionalitas

Sebagai perangkat cerdas, arloji ini tidak hanya berfungsi sebagai alat penunjuk waktu. Dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang dibawanya, perangkat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan penggunanya.

Berbekal fitur konektivitas Bluetooth 5.0, Galaxy Watch Active 2 bisa dikoneksikan ke perangkat lain, seperti smartphone Android 5.0 atau iOS 9.0 ke atas. Untuk melakukannya, terlebih dahulu kita haru smenginstal aplikasi Galaxy Wearable.

Ketika terhubung dengan smartphone, kita pun bisa menerima notifikasi, baik dari pesan masuk maupun panggilan telepon. Lewat arloji ini, kita juga bisa langsung membalas pesan langsung, baik via SMS, maupun lewat aplikasi olah pesan lainnya seperti WhatsApp, LINE, dan sebagainya. Untuk melakukan panggilan langsung lewat Samsung Galaxy Watch Active 2 juga bisa dilakukan. Cukup pilih fitur telepon, setelah itu pilih nomor kontak di smartphone yang ingin dihubungi.

Di ranah hiburan, meskipun layarnya tidak seluas smartphone, kita bisa menyaksikan video dari tayangan Youtube, ini bila perangkat terhubung dengan konektivitas internet. Selain itu, kita juga bisa menikmati streaming audio.

Baca juga : Review Samsung Gear Sport: Sporty dan Pintar

Sudah cukup? Belum. Nah, tentunya sebagai perangkat yang dibuat untuk menemani penggunanya beraktivitas seharian, perangkat ini pun bisa dimanfaatkan mendukung perilaku sehat. Dengan perangkat ini, kita dapat memantau aktivitas, seperti banyaknya langkah yang telah ditempuh, lamanya bersepda, berenang, dan berbagai aktivitas lainnya. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan perangkat ini untuk menghitung detak jantung, jumlah kalori yang terbakar, serta pemantau tidur. Intinya, bagi yang suka berolahraga, perangkat ini cukup asyik untuk bisa dijadikan pendamping.

Tidak berhenti sampai di situ, masih soal fungsionalitas yang ditawarkan. Di Samsung Galaxy Watch Active 2 terdapat fitur bernama Camera Controller. Lewat fitur ini, kita dimungkinkan untuk menjadikan Samsung Galaxy Watch Active sebagai alat pengontrol kamera di smartphone yang terkoneksi dengan arloji ini. Caranya, cukup buka fitur Camera Controller, lalu secara otomatis fitur kamera di smartphone dilihat melalui perangkat ini. Sontak, kita pun langsung bisa mengambil foto dari jarak jauh dengan smartphone, yang dikontrol dari perangkat ini. Namun, perlu dicatat untuk melakukan hal ini kita diharuskan untuk mengupgrade aplikasi Galaxy Wearable di smartphone terlebih dahulu.

Asyiknya lagi, perangkat ini ternyata memiliki fitur menarik di mana bisa digunakan sebagai alat penerjemah. Samsung Galaxy Watch Active2 bisa menjadi penerjemah untuk 15 bahasa. Hal ini tentu bermanfaat bagi pengguna yang suka travelling ke luar negeri.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp5.499.000, untuk sebuah arloji Samsung Galaxy Watch Active 2 tidak bisa dibilang murah. Namun, bila bicara mengenai fungsionalitas yang dibawanya, Galaxy Watch Active2 nampaknya cukup sebanding dengan harga tebusannya. Terlebih, selain fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan, dari sisi tampilan perangkat ini juga sudah diracik dengan desain menarik, sangat pas dan nyaman ketika dikenakan.

Sayangnya, dalam paket penjualannya Samsung tidak menyertakan adaptor untuk pengisian ulang daya baterainya. Dalam hal ini, Samsung hanya menyertakan kabel untuk mengisi daya. Jadi, untuk melakukan isi ulang baterai, untungnya kita masih bisa menggunakan adapter dari smartphone yang kita miliki.