Tips & Trik Android Playstore untuk Pemula

5

1. Track record aplikasi

Dalam Aplikasi Playstore, terdapat sub-menu My Apps yang dapat menyimpan daftar aplikasi yang kita telah download, baik yang sudah dihapus maupun yang belum. Berikut contoh daftar aplikasi yang terdata di sub-menu "All" - My Apps and Games:

Fitur ini dapat memudahkan kita untuk melakukan beberapa hal: mengecek manual update tiap aplikasi, men-download kembali aplikasi yang telah kita uninstall tanpa repot-repot mengetik dan mencari ulang di search bar, dan bahkan "menyimpan" aplikasi yang telah kita uninstall di saat pihak developer menghapus aplikasi tersebut dari Playstore. Ini contoh aplikasi game Flappy Bird yang di smartphone saya masih bisa di-download dan mainkan, padahal sudah dihapus oleh pihak developer dari Playstore:

2. Wishlist

Wishlist yang berarti "daftar yang akan didownload" sangat memudahkan kita untuk menandai dan mengkategorikan apilkasi-aplikasi yang ingin kita download kemudian. Entah karena kondisi sinyal yang sedang buruk, atau sedang mencari wifi untuk men-download aplikasi tersebut, semua yang kita tandai akan terkumpul dalam kategori "wishlist" dan bisa di-download kemudian.

Kemudian kita bisa mengecek seluruh daftar aplikasi dalam wishlist, caranya adalah seperti di bawah ini:

Dan berikut contoh daftar aplikasi dalam wishlist Playstore saya:

3. Melihat review lengkap suatu aplikasi

Ketika kita melihat deskripsi suatu aplikasi, tentunya review yang paling banyak memuat kata kunci tertentu yang akan ditampilkan, entah itu penilaian yang baik ataupun buruk (seperti gambar di bawah ini):

Namun, kita juga bisa melihat review oleh keseluruhan user yang men-download aplikasi tersebut. Caranya, tinggal klik bagian angka penilaian aplikasi tersebut:

Maka kita akan masuk ke halaman yang menunjukan review lengkap dari seluruh user, yang dapat diurutkan berdasarkan: most helpful first / newest first / highest rating first.

Dan juga terdapat pilihan bagi kita yang ingin melihat review dari user secara spesifik, ada 2 pilihan: review terhadap update versi terbaru dari aplikasi (misalnya review terhadap update aplikasi versi 3.0.7 yang terbaru), dan/atau review dari user yang menggunakan smartphone yang sama dengan kita (misalnya sama-sama menggunakan HP Samsung Galaxy Note 4).

Demikian tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat! Tambahan opini dan komentar silahkan masukkan dalam kolom komentar di bawah ya.. 🙂