GadgetSquad.ID – “Coba di restart modemnya”, kalimat sakti tersebut biasanya disarankan costumer service, jika koneksi WiFi yang kamu gunakan untuk browsing internet lemah atau lemot.

Saran tersebut biasa kamu lakukan, di sisi lain bisa saja koneksi dari modem WiFi yang digunakan memang lemah. Lantas, bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat.

Beberapa trik berikut ini bisa kamu coba

1. Perhatikan Posisi Modem 
Jika modem ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Lokasi modem internet yang ideal sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang.

2. Ubah posisi antena modem
Modem dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

3. Pakai password yang kuat
Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi/password yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

4. Jauhkan Modem dari perangkat elektronik
Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi.

5. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz Perangkat modem saat ini memungkinkan pengguna memilih frekuensi operasi antara antara 2.4GHz dan 5GHz.

Jika pengguna memiliki banyak barang elektronik di rumah, sinyal dari router dengan frekuensi 2,4 GHz bisa lebih mudah terganggu.

Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan.

6. Matikan koneksi WiFi di perangkat yang tidak digunakan
Ini berguna agar bandwith tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun.

7. Gunakan WiFi repeater
Perangkat WiFi repeater dapat membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, terutama di area yang sulit dijangkau oleh modem.

Selamat mencoba!!