8 Fitur Baru Android P Yang Harus Kamu Ketahui

android pDia ajang Google i/O, Sistem Operasi terbaru Android P baru saja dikenalkan. Seperti sistem operasi sebelumnya, ada beberapa fitur batu Android P yang berguna bagi penggunanya.

OS ini memiliki banyak perubahan dan hal yang baru dibandingkan versi sebelumnya. Salah satunya banyak memperbaharus dari sisi interface dan memiliki banya keunggulan.

Tidak hanya itu, banyak yang mengungkapkan bahwa OS android P ini akan memiliki kemiripan atarmuka dengan OS yang digunakan pada iPhone X.

Fitur Baru Android P

Setidaknya ada 8 fitur dan perubahan terbaru di Android P, apa saja?

Interface Baru

Pada Android P pengguna akan menemukan indikator home di bagian bawah layar untuk melakukan berbagai gerakan di sekitar bagian layar itu.

Mirip iPhone X, pengguna bisa melakukan gerakan ke atas untuk kembali ke homescreen atau kembali.

Ketika menggesek di OS Android P, muncul menu multitasking dengan informasi yang mudah dibaca dan satu lagi gesekan membuka laci aplikasi.

Sedangkan gerakan geser ke kiri atau kanan pada indikator home dapat digunakan untuk beralih ke antar aplikasi.

Selain antar muka ada beberapa hal yang baru yang mungkin disukai oleh pengguna Android.

Digital Wellbeing

Google menambahkan dashboard terbaru yang menangani digital wellbeing. Android P akan memiliki kemampuan untuk melihat data. Contohnya saat penguna ingin mengaktifkan hp setiap hari, akan ada notifikasi yang diterima.

Seperti berapa banyak waktu yang dihabiskan di berbagai aplikasi serta informasi lain lebih berguna. Informasi ini tersedia untuk memahami bagaimana pengguna menggunakan ponsel.

Android P akan bisa mengenali perilaku penggunanya serta memungkinkan pengguna menetapkan batas waktu pada aplikasi, serta mengingatkan ketika mencapai batas waktu  yang sudah ditentukan.

Ada juga fitur Shush. Fitur ini bisa di gunakan dengan memutar layar hp menghadap ke bawah dan langsung masuk ke mode “Don’t Disturb”. Dengan aktifnya fitur ini maka akan mematikan getaran dan notiikasi lainnya.

Pengguna juga bisa memiliki kontak yang terpilih yang dapat menghubungi jika hal itu memang sangat penting.

Android P juga memiliki mode Wind Down. Mode ini akan mengaktifkan layar hp secara otomatis dan mengubahnya menjadi modus malam dan berwarna abu-abu.

Android Intelligence

Di bawah Android Intelligence, Kamu mendapatkan banyak fitur baru yang akan membantu Kamu memaksimalkan perangkat Kamu. Seperi;

Adaptive Battery

Fitur ini menggunakan mesin pembelajaran perangkat untuk memahami aplikasi mana yang kemungkinan akan Kamu gunakan dalam beberapa jam ke depan dan aplikasi mana yang kemungkinan tidak digunakan hingga pada satu hari atau atau dalam seminggu.

Sistem Android ini dapat beradaptasi dengan pola penggunaan unik Kamu dan dalam tes praktis di Google ini menghasilkan pengurangan 30% dalam wake-up CPU, menjalankan lebih banyak proses pada daya efisien kecil core CPU dan perbaikan besar secara keseluruhan dalam masa pakai baterai.

Baca Juga: Endless OS, Sistem Operasi Gratis Dengan Tampilan Mirip Smartphone

Auto Brightness

Fitur baru Adaptive brightness, Kamu dapat melakukan penyesuaian manual dan ponsel akan mempelajari preferensi kecerahan Kamu.

Dengan cara ini, pengguna membuat lebih sedikit penyesuaian kecerahan manual dan memiliki pengalaman kecerahan layar yang lebih baik dan lebih pribadi.

Actions

Di OS Android P, Google menambahkan sesuatu yang disebut Actions Apps, fitur yang berdasarkan prediksi pola penggunaan. Sehingga sistem dapat membuat pintasan ke hal-hal yang biasa dilakukan di hp.

Contohnya saat headphone tersambung dan pengguna langsung mendapatkan prompt untuk mulai memainkan musik secara otomatis.

Machine Learning Kit

Machine Learning Kit merupakan fitur baru dari API untuk lintas platform. API ini akan bekerja dengan Android dan iOS. Dengan fitur ini mampu memberi pengguna siap untuk menggunakan model untuk hal-hal seperti pengenalan wajah, pemindaian barcode, pelabelan gambar, balasan cerdas, deteksi tempatdan sebagainya.

Baca Juga: Tips & Trik Android Playstore untuk Pemula

Simplicity

Beberapa perubahan yang paling menonjol adalah menyederhanakan pengalaman pengguna. Sekarang lebih mudah untuk mengatur volume media tanpa harus berurusan dengan kontrol suara yang rumit.

Cukup menekan tombol volume ke bawah atau ke atas sekarang menyesuaikan volume media secara default, karena ini hal yang pengguna ingin ubah.

Sementara untuk nada dering akan memiliki tombol yang memungkinkan Kamu beralih dengan cepat ke mode diam atau getar. Semua slider itu juga tidak lagi di atas tetapi lebih mudah dijangkau di sisi kanan telepon.

Android P memiliki perubahan besar pada fungsi rotasi dengan satu perubahan yang sangat sederhana. Di Android P secara otomatis akan menampilkan tombol yang kemudian dapat ditekan secara manual untuk memutar layar secara bersamaan. Dengan cara ini, rotasi layar otomatis yang bisa saja menggangu bisa benar-benar dikelola dengan cara yang jauh lebih mudah.