GadgetSquad.id – Acer Indonesia kembali merilis laptop Swift generasi terbaru yaitu Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI (SFG14-73). Kedua laptop baru Acer ini ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra generasi terbaru yang telah mendukung Neural Processing Unit (NPU) dan kemampuan akselerasi berbagai fungsi Artificial Intelligence (AI).

Disematkan panel OLED, kedua laptop ini mampu menyuguhkan visual kaya warna dan akurasi yang tinggi.

Swift X 14 AI

Matius Tirtawirya, Consumer Product Manager Acer Indonesia mengatakan, “Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI hadir untuk pengguna yang membutuhkan performa optimal, visual lebih nyata dan dilengkapi berbagai fitur cerdas berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dikemas dalam laptop on-the-go dan berdesain premium. Swift X 14 AI hadir dengan performa maksimum untuk berkarya di mana pun dengan dukungan NVIDIA GeForce RTX dan Intel® Core™ Ultra H-Series. Laptop ini juga mempunyai desain premium, ringan serta sudah mendapatkan sertifikasi Military Grade. Sementara itu Swift Go 14 AI menawarkan performa untuk produktivitas dengan desain ringkas sehingga siap mendukung mobilitas tinggi dari penggunanya.”

Sesuai tagline #SwiftAnytimeAnywhere, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI dirancang untuk memenuhi kebutuhan para konten kreator.

Swift X 14 AI memiliki berat hanya 1,5 kg dan ketebalan 17,99 mm, laptop ini juga memiliki durabilitas tinggi berkat sertifikasi MIL-STD-810H, yang berarti Swift X 14 AI telah berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem. Sedangkan Acer Swift Go 14 AI memiliki ketebalan 14,99 mm dan bobot hanya 1,3 kg.

Baca Juga: Acer Predator Helios Neo 16 Versi Intel Core HX Gen 14 Debut, Makin Gacor dan Bertenaga!!!

Swift X 14 AI memiliki layar 14.5 inci beresolusi OLED 2,8K (2880 x 1800), rasio 16:10 dan dukungan color gamut 100% DCI-P3. Laptop ini mempunyai screen body ratio hingga 90% dan dukungan refresh rate 120Hz yang membuat transisi gambar lebih halus, serta tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layarnya juga sudah tersertifikasi oleh CalMAN dengan tingkat akurasi DeltaE <2 yang berikan warna akurat seperti objek aslinya.

Untuk Swift Go 14 AI (SFG14-73) juga mengusung layar OLED 14 inci yang punya rasio 16:10 dan dukungan resolusi 2.8K WQXGA+ (2880 x 1800) dengan refresh rate hingga 90 Hz, response time <0.2 ms, dengan tingkat kecerahan maksimal di 500 nits. Tingkat akurasi color gamut 100% DCI-P3 dan sudah tersertifikasi VESA Display HDR TrueBlack 500. Dilengkapi juga Media Control Lighting Touchpad.

Swift X 14 AI tertanam prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H yang telah mendukung berbagai fitur AI, RAM 32 GB LPDDR5X dan memori penyimpanan 1 TB berjenis SSD NVMe. Pengolahan grafisnya didukung Nvidia® GeForce RTX® 4050/4060, performa grafis menjadi lebih kencang hingga 45% dibanding generasi sebelumnya. Tersedia dukungan eksklusif software Studio Driver yang mencakup Nvidia Broadcast, Nvidia Canvas, dan Nvidia Omniverse hadirkan pengalaman baru bagi para konten kreator untuk membantu mewujudkan ide kreatif menjadi nyata dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Kamera Swift X 14 AI super jernih beresolusi FHD 1080p dan dilengkapi dukungan AI. Smart AI Camera yang ditenagai Acer PurifiedView 2.0 memberikan virtual dengan visual yang begitu jernih dan minim kebisingan. Acer juga melengkapi Swift X 14 AI dengan fitur Acer Light Sensing, sebuah sensor di dekat webcam yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan keadaan pencahayaan di lingkungan sekitar sehingga terlihat lebih alami.

Swift Go 14 AI

Sedangkan Swift Go 14 AI (SFG14-73) menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra 5 125H dan Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru dan sertifikasi Intel Evo (untuk seri tertentu). Prosesor terbaru Intel® Core™ Ultra series ini juga sudah mendukung berbagai akselerasi fungsi AI melalui fitur Intel AI Boost dan Acer Solution AI yang dapat langsung digunakan di Swift Go 14 AI. Performa laptop ini juga didukung dengan konfigurasi RAM hingga 32GB LPDDR5X dan penyimpanan hingga 2 TB SSD NVMe berslot ganda.

Selain sasis aluminium berdesain tipis, Acer Swift Go 14 AI hadir dengan fitur unik dan fungsional, yang disebut Media Control Lighting Touchpad. Bagian touchpad yang dilapisi Corning Gorilla Glass sudah didukung fitur multimedia control yang memudahkan pengguna untuk beralih antara pekerjaan dan hiburan.

Beragam fitur AI di kedua laptop ini bisa langsung diakses dengan cepat melalui AI Zone pada aplikasi AcerSense, di antaranya adalah Acer LiveArt, Acer AlterView, dan GIMP dengan dukungan Intel Stable Diffusion (beberapa fitur mempersyaratkan pengguna untuk melakukan instalasi lebih dahulu).

Fungsi AI di Acer LiveArt dapat memudahkan pengguna menghilangkan background pada sebuah foto dengan cepat serta bisa memanfaatkan objek visual yang sudah diolah tersebut untuk dijadikan stiker. Sedangkan fitur Acer AlterView memudahkan perubahan gambar 2D menjadi sebuah live wallpaper interaktif yang terlihat lebih nyata. Fungsi ini memungkinkan karena didukung pemrosesan dari CPU, GPU, dan NPU.

Fitur Intel Stable Diffusion menyatukan fungsi CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi proses pengolahan grafis secara cepat hingga memberikan performa maksimal ketika menggunakan fungsi AI untuk merancang sebuah ilustrasi dan gambar hanya dengan satu kali klik dan perintah melalui prompt tertentu.

Harga dan Ketersediaan

Acer Swift X 14 AI dengan NVIDIA RTX Graphics tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 24.999.000, dan Acer Swift Go 14 AI dijual dengan harga mulai dari Rp 11.999.000. Dapatkan penawaran menarik berupa cicilan dengan bunga 0% dan hadiah langsung Acer Porsche Design RS Mouse senilai Rp 1,5jt untuk setiap pembelian model Swift Go 14 AI selama periode pre-order 29 Maret – 10 April 2024 di Acer e-store serta Acer Official Store di Blibli dan Shopee.

Setiap pembelian kedua laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home dan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021. Acer juga melengkapi pembelian dengan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi servis selama 3 tahun dan 1 tahun Acer Accidental Damage Protection.

Tidak hanya itu setiap pembelian perangkat laptop dari Acer, pelanggan berkesempatan memenangkan ratusan hadiah menarik seperti mobil listrik dan motor listrik, serta hadiah langsung mulai dari diskon hingga gratis LCD monitor gaming dan masih banyak lainnya dengan mengikuti program “Kejutan 25 Tahun Acer”. Promo berlaku selama periode pembelian 8 Januari – 31 Juli 2024. Informasi mengenai rangkaian program jelang 25 tahun Acer di Indonesia dapat dilihat di acerid.com/25tahun.