GadgetSquad.ID – Sudah mencuri perhatian sejak tahun lalu, Chery akhirnya, memboyong mobil listrik terbaru andalan di Indonesia. Yup mobil listrik yang dimaksud adalah Chery Omoda 5.

Buat kamu yang penasaran dengan Chery Omoda 5, mobil listrik tersebut itu sudah mejeng di gelaran International Indonesia Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo.

Salah satu faktor yang membuat mobil ini terbilang futuristik ialah kecanggihan yang dapat ditawarkan oleh head unit yang terpasang di bagian dashboard-nya.

Head unit Chery OMODA E5 dirancang berbeda karena tidak hanya menawarkan akses hiburan, tapi juga menghadirkan kemampuan mengontrol kendali di mobil, mengatur ADAS (Advanced Driver Assistance System), serta mengatur rem.

Fitur-fitur canggih untuk mengontrol Chery OMODA E5 tersebut bisa terwujud berkat kehadiran “otak” chipset otomotif yang dikembangkan oleh Qualcomm yaitu Snapdragon 8155.

Buat kamu yang mengikuti perkembangan teknologi hape, tentu sudah tidak asing dengan chipset Snapdragon buatan Qualcomm.

Lebih lanjut, Snapdragon 8155 masuk dalam keluar Snapdragon 8 gen 3, notabene chipset tertinggi buatan Qualcomm saat ini.

Secara umum, chipset Snapdragon 8155 platform kokpit otomotif generasi terbaru ini, dibangun pada arsitektur 7 nanometer (nm).

Pada Chery OMODA E5 chipset itu memungkinkan head unit terhubung dengan layanan Android Auto dan juga Apple Car Play untuk para pengguna ponsel pintar Android dan iOS.

Selanjutnya dari sisi fitur untuk mengontrol mobil, Snapdragon 8155 menghadirkan cukup banyak fitur ADAS untuk berbagai skenario totalnya ada 17 fitur.

ADAS dapat diaktifkan untuk merasakan beberapa fungsi yang bekerja secara otomatis ataupun menjadi fungsi peringatan bagi pengendara saat melaju di jalan.

Spesifikasi lainnya, ruang mesin mobil ini tertanam motor listrik yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 204 dk dan torsi 340 Nm.

Sementara untuk berakselerasi dari nol ke 100 km/jam hanya memerlukan waktu 7,2 detik.

Chery Omoda E5 punya dimensi panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, dan jarak sumbu roda 2.630 mm.

Chery Omoda E5 menggunakan Permanent Magnet Synchronous dan baterai berkapasitas 61,06 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 430 km (WLTP test).

Kendaraan tersebut memiliki fitur pengisian Max DC charging power 150 kW dengan fast charging selama 28 menit untuk mengisi daya dari 30-80 persen.

Omoda E5 juga dibekali bodi kuat high strength anticorrosive body, anti-theft alarm, 6 ring-type airbags, serta tire pressure monitoring system untuk memantau ban.

Harga Chery Omoda E5 ditawarkan, yakni Rp 488,8 juta (OTR Jakarta). Bagi 2000 pembeli pertama, mendapat garansi baterai dan motor listrik seumur hidup