Android 12 Bakal Hadirkan Desain Kartu Notifikasi yang Diubah

android p

GadgetSquad.id – Sama seperti hampir semua versi Android, ada beberapa perubahan pada notifikasi, meskipun itu hanya perbaikan kecil dan bukan fungsionalitas penuh. Hal itu juga terjadi pada pembaruan Android 12 yang terbaru. 

Pada sistem operasi generasi baru itu, desain kartu notifikasi didesain ulang menjadi tidak besar. Karena hanya merelokasi jumlah notifikasi untuk kartu yang ditumpuk, demikian dilaporkan GSM Arena.

Misalnya, pada Android 11, jika pengguna memiliki lebih dari satu notifikasi dari aplikasi tertentu, lencana dengan jumlah notifikasi akan muncul di pojok kanan bawah kartu yang ditumpuk. Sedangkan Android 12 memindahkan penghitung tepat di sebelah panah luaskan di sudut kanan atas. Lencana bahkan disorot sesuai dengan warna ikon aplikasi. 

Perubahan ini tidak hanya meningkatkan visibilitas, tapi juga menghemat ruang untuk pratinjau teks di kartu notifikasi. Namun, seperti yang biasanya terjadi pada pratinjau pengembang, semuanya dapat berubah, jadi desain saat ini mungkin tidak akan berakhir sama dengan rilis resmi Android 12 dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, Android 12 juga diperkirakan dilengkapi dengan fitur hibernasi. Fitur ini akan mengosongkan ruang penyimpanan hape dengan menghapus file sementara dari aplikasi yang tidak digunakan.

Fitur tersebut belum muncul di salah satu dari dua pratinjau pengembang yang tersedia untuk umum, tapi XDA Developers melaporkan dikonfirmasi bahwa kode untuk fitur itu telah bocor.

Pada Android 12, Google sepertinya memperluas konsep aplikasi yang tidak digunakan dengan fitur hibernasi aplikasi baru. Selain otomatis mencabut izin aplikasi yang tidak digunakan, Android 12 juga akan menghapus file sementara untuk mengosongkan ruang penyimpanan.