Apple Bakal Rilis iPhone dengan Model 5G Internal pada 2023

GadgetSquad.id – Apple tampaknya berencana mengadopsi modem 5G yang dirancang khusus untuk iPhone-nya. Chip baseband 5G internal ini mungkin terlihat di iPhone pada awal 2023, menurut analis ternama.

Sebagaimana dilaporkan Gizmochina, analis Ming-Chi Kuo menjelaskan raksasa yang berbasis di Cupertino berusaha mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm untuk suppy modem seluler berbasis 5G. Khususnya untuk jajaran iPhone masa depan.

Analis membuat pengumuman dalam catatan investor awal bulan ini. Sesuai catatan, perusahaan bertujuan untuk mengadopsi chip baseband 5G yang dirancang khusus yang akan memulai debutnya dengan peluncuran iPhone 2023 “paling cepat”. 

Hingga saat itu, Apple perlu membalas Qualcomm untuk modem iPhone 5G-nya dan akan terus bergantung pada pembuat chip sampai bergeser ke solusinya sendiri. Setelah pembuat iPhone melakukan perubahan, Qualcomm harus memasuki pasar baru untuk mengatasi hilangnya pesanan dari Apple.

Kembali pada Maret 2021, sebuah laporan Barclays telah menyatakan bahwa perusahaan akan meluncurkan modem 5G yang dirancang khusus untuk iPhone 2023 miliknya. Dengan kata lain, laporan ini juga sejalan dengan rumor sebelumnya.

Modem 5G baru yang dikembangkan sendiri dapat menawarkan kecepatan yang lebih cepat, latensi lebih rendah, dan peningkatan lainnya atas Intel. Atau bahkan modem Qualcomm, meskipun masih terlalu dini untuk menawarkan pernyataan konkret.

Lebih lanjut, perusahaan dilaporkan telah mengerjakan modem yang dikembangkan sendiri sejak awal 2020. Jadi pantau terus untuk informasi lebih lanjut, karena akan ada pembaruan ketika informasi tambahan tersedia mengenai masalah ini.