Xiaomi Patenkan Desain Hape dengan Kamera Flip Bawah Layar

GadgetSquad.id – Xiaomi telah mengukir ceruk untuk dirinya sendiri dengan jajaran smartphone kelas menengah dan kelas atas. Perusahaan terus melakukan penelitian dan pengembangan aktif dalam segmen smartphone di industri teknologi.

Sebagaimana dilaporkan Gizmochina, baru-baru ini, perusahaan asal Cina itu menampilkan ponsel konsep yang menampilkan layar melengkung dan kamera di bawah layar. Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan tampilan lengkung inovatif dan teknologi kamera di bawah layar.

Namun, perusahaan membuat langkah besar dalam pengembangan modul kamera di bawah layar yang berputar, seperti yang ditunjukkan oleh paten baru yang diberikan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). 

Menurut dokumen WIPO yang ditemukan oleh LetsGoDigital, aplikasi paten diajukan pada Februari 2020, untuk “perangkat Terminal,” yang dilengkapi kamera di bawah layar. Ada indikasi bahwa Xiaomi dapat mengungkap perangkat tersebut yang pertama dalam tahun ini.

Modul kamera ini ditempatkan di bagian belakang perangkat dan hanya merupakan bagian dari sistem lensa yang rumit yang akan memberikan kualitas visual yang sangat baik. Pengaturan tiga kamera memiliki lensa atas yang dapat diputar.

Rincian lengkap diberikan dalam dokumen dan menunjukkan bahwa modul penggerak magnetis dapat digunakan untuk pengoperasian kamera yang diputar secara internal di bawah layar. Dokumentasi paten juga mengungkapkan bahwa kamera depan diaktifkan secara internal dengan kamera belakang yang berputar.

Layar disesuaikan agar pas dengan modul kamera yang diaktifkan dan memberikan bidikan yang sama-sama bertenaga. Dokumentasi paten mengungkapkan beberapa detail lainnya, dan masih menunggu peluncuran smartphone Xiaomi pertama yang akan menampilkan pengaturan kamera yang dapat diputar di bawah layar. 

Ada indikasi bahwa smartphone Xiaomi pertama yang memiliki kamera di bawah layar yang dapat diputar untuk berfungsi sebagai kamera selfie adalah Mi Mix 4. Namun, tidak ada detail pasti mengenai perkembangan ini, dan kami tetap berharap.