GadgetSquad – Apple mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan acara peluncuran lain, kali ini pada 10 November, dengan tagline ‘one more thing’. Rumor mengatakan bahwa gekaran tersebut akan membahas semua tentang MacBook baru dengan chip Apple di dalamnya.

GSM Arena, 3 November 2020 melaporkan, sebelumnya awal tahun ini Apple mengejutkan dunia ketika mengumumkan rencana mengganti chip Intel pada Mac-nya dengan chip yang dirancang sendiri berdasarkan arsitektur ARM (seperti SoC seri A seluler yang digunakannya di ponsel dan tablet).

Transisi itu akan memakan waktu sekitar dua tahun untuk selesai sepenuhnya. Namun, saat ini kemungkinan sudah sangat dekat dengan pengumuman pertama Mac yang didukung oleh chip dari Apple. Yang kemungkinan akan datang dalan model MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 inci, dan MacBook Pro 16 inci, yang semua dengan chip Apple.

Selain bagian prosesor sebagai pembedanya, diharapkan perangkat ini terlihat mirip dengan pendahulunya. Prosesor komputer pertama Apple akan didasarkan pada chip A14 yang ditemukan di iPhone dan iPad Air terbaru, dan ini akan membawa efisiensi daya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan chip Intel yang akan diganti.

Alasan peralihan ini kemungkinan karena pertumbuhan pendapatan Intel yang lebih lambat atau kelemahan keamanan yang ditemukan pada prosesor Intel. Tes Apple pada Mac baru dengan chip berbasis ARM juga menunjukkan peningkatan cukup besar dibandingkan versi Intel dari segi efisiensi daya, grafik, dan aplikasi yang menggunakan AI.