Setelah lama ditunggu, akhirnya WhatsApp dark mode atau mode gelap akhirnya hadir secara global mulai hari ini. Fitur ini menjawab antusiasme dari masyarakat Indonesia yang telah menantikan fitur ini di aplikasi WhatsApp mereka.

whatsapp dark mode (2)

Baca juga: Kenali Kebiasaan Kamu di WhatsApp Berdasarkan Shio !

WhatsApp dark mode memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar. Lebih jauh, fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya.

Selain itu mode ini juga dapat menghindari momen-momen saat cahaya dari ponsel menerangi seisi ruangan. Dengan mode ini sangat membantu kamu saat ningtin di bioskop tapi tetap ingin melihat pesan WA.

Ketika sebagian besar aplikasi yang menawarkan pengalaman mode gelap memilih untuk menggunakan warna hitam murni, WhatsApp menemukan selama masa uji coba bahwa menyatukan warna hitam dan putih murni dapat menghasilkan kontras yang tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata.

Oleh karena itu, dalam WhatsApp dark mode, Anda akan melihat latar belakang yang memadukan warna abu-abu gelap khusus dan putih tulang (off-white) yang membuat obrolan Anda lebih ramah untuk mata.

Dengan mengaktifkan fitur ini smartphone Android atau iOs juga bisa lebih hemat baterai, karena kecerahan layar akan lebih rendah.

Cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Untuk mengaktifkan mode gelap, kamu harus memperbarui versi WhatsApp. Pengguna Android 10 dan iOS13 dapat mengaktifkan mode gelap dengan mudah melalui pengaturan perangkat.

Sementara itu, pengguna Android 9 dan versi sebelumnya dapat mengaktifkan mode gelap melalui Pengaturan WhatsApp  Chat  Tema  pilih ‘Gelap’.