GadgetSquad.id – Persaingan pasar laptop di Indonesia ternyata masih terbilang sengit. Mulai dari pasar laptop harga terjangkau, kelas premium serta laptop gaming. Siapakah yang menjadi penguasa pasar laptop di Indonesia? Asus mengklaim menjadi nomor  satu. Ini didasarkan pada data yang dikeluarkan oleh Gfk.

Asus

ASUS mengklaim kembali mendominasi pasar dan menjadi brand laptop nomor satu di Indonesia. Menurut lembaga riset GfK, hingga bulan November 2018 ASUS menguasai pasar sebesar 41,8 persen untuk laptop consumer. Angka tersebut naik dari 41,2 persen di tahun sebelumnya. Kenaikan ini didukung oleh penjualan notebook ultrathin serta gaming yang mengalami pertumbuhan sepanjang 2018.

Baca juga : Pertama di Dunia, Ini 3 Laptop Gaming Terbaru 2019 dengan GPU NVIDIA GeForce RTX

“ASUS menutup tahun dengan gemilang dan memperkuat posisi sebagai brand laptop nomor satu di Indonesia,” ucap Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia. “Inovasi merupakan kunci keberhasilan ASUS kali ini. Berbagai teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna telah dihadirkan di jajaran laptop ASUS sepanjang tahun lalu,” ucapnya.

Pencapaian tertinggi diraih ASUS di segmen notebook ultrathin yang menurut GfK berhasil mencatat penguasaan pasar sebesar 23 persen, meningkat hampir empat kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 5,4 persen. Catatan juga menunjukkan seri ZenBook dan VivoBook mulai mendapatkan banyak perhatian di kalangan masyarakat Indonesia.

ASUS juga kembali menorehkan prestasi di pasar laptop gaming berbasis Nvidia GTX. Melalui seri Republic of Gamers dan TUF Gaming, ASUS berhasil meningkatkan eksistensinya dengan penguasaan pasar mencapai 60,1  persen. Di pasar laptop gaming ASUS juga menjadi yang terdepan dalam hal penjualan laptop berbasis GPU Nvidia GeForce GTX 1050, GTX 1050Ti, dan GTX 1060.

Di tahun 2018 ASUS gencar megadopsi teknologi NanoEdge Display dan ErgoLift Design. Tidak hanya untuk segmen laptop premium, teknologi eksklusif tersebut juga hadir di laptop mainstream seperti VivoBook S430 yang dirilis akhir 2018. Penerapan teknologi layar hampir tanpa bezel (bezeless) juga terdapat di lini laptop gaming, menjadikan jajaran ROG dan TUF Gaming terbaru tampil lebih ringkas dari kompetitornya.

Inovasi ASUS di 2019

Sebagai bukti komitmen untuk menghadirkan yang terbaik, ASUS sudah mempersiapkan berbagai inovasi yang membuat jajaran laptop ASUS sebagai pilihan terbaik penggunanya. Salah satu inovasi terbaru ASUS pada awal tahun ini telah dipamerkan di CES 2019.

Di ajang pameran elektronik terkemuka tersebut ASUS memperkenalkan jajaran laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX. Tidak tanggung-tanggung, ASUS menghadirkan GPU GeForce RTX ke semua lini laptop ROG mulai dari ROG Strix, ROG Zephyrus, ROG G703, serta ROG Mothership.

“Meluncurnya laptop ROG berbasis GeForce RTX membuat 2019 sebagai tahun istimewa untuk para gamer,” jelas Jimmy. “GeForce RTX menawarkan performa grafis yang sangat tinggi dan belum pernah ada di laptop gaming sebelumnya. Melalui lini produk ROG, gamer dipastikan akan mendapatkan pengalaman bermain terbaik, tidak hanya dari spesifikasi kelas atas yang dihadirkan tetapi juga dari beragam teknologi dan inovasi yang hanya ada di laptop gaming ROG, jelasnya.”

Baca juga: Uji Daya Tahan Laptop Asus Diinjak dan Dibanting, Ini Hasilnya! (Video)

Khusus untuk laptop consumer, ASUS terus mengembangkan teknologi yang dapat membuat laptop menjadi lebih ringkas dan mudah dibawa bepergian. Seri ZenBook terbaru yang akan dirilis tanggal 17 Januari di Indonesia adalah salah satu contohnya. Laptop terbaru ini tampil sebagai laptop paling ringkas di dunia dengan ukuran tidak lebih dari kertas A4.

Tidak hanya di kelas consumer, laptop profesional juga hadir dengan desain super ringkas. ASUS StudioBook yang diumumkan di CES 2019 merupakan contohnya. StudioBook merupakan mobile workstation yang ditenagai oleh prosesor Intel Xeon dan GPU Nvidia Quadro. Laptop ini dirancang khusus untuk para profesional yang membutuhkan performa komputasi serta mobilitas tinggi.