Walaupun dibatalkan untuk pamer di ajang Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona karena wabah virus corona, akhirnya vivo harus mengatur kembali jadwal peluncuran untuk smartphone flasghip terbarunya yaitu, APEX atau singkatan dari All Prototype Experience.

 Mau tidak mau vivo memperkenalkan generasi ketiga dari smartphone purwarupa APEX, yaitu APEX 2020 dinegara asalnya China. Perangkat ini dikenall sebagai purwarupa smartphone dengan fitur revolusioner, APEX 2020 melengkapi rangkaian teknologi APEX generasi sebelumnya, sekaligus menjadi manifestasi komitmen vivo dalam inovasi yang berkelanjutan. Mewakili wawasan vivo yang komprehensif akan konsumen dan industri smartphone, APEX 2020 menampilkan terobosan dalam visual desain smartphone masa depan

APEX 2020 mengusung desain layar 120 ° FullView Edgeless Display yang menghilangkan bingkai di setiap sisi serta pada tampilan depan. Dengan In-Display Camera dan vivo Wireless Super FlashCharge 60W, APEX 2020 memiliki Desain Super Unibody tanpa lubang. vivo juga berhasil menanamkan mekanisme layaknya gimbal ke kamera utama APEX 2020 yang dilengkapi dengan Continuous Optical Zoom  hingga 5x-7,5x. Fitur ini menampilkan kemajuan teknologi terbaru dari vivo dan rencana kedepan untuk menghadirkan teknologi fotografi dan desain inovatif. 

Harry Hong, General Manager of Product vivo menyatakan, “APEX bukan hanya sekedar prototipe, melainkan kreasi revolusioner yang dibawa dalam teknologi mobile. Melalui APEX 2020, kami bangga melihat visi vivo direalisasikan, sebagai perusahaan teknologi yang terus mendorong batas-batas teknologi seluler dan menjelajahi berbagai kemungkinan. Ini juga menunjukkan aspirasi vivo untuk terus menghadirkan rangkaian pencapaian inovasi. vivo akan berusaha mengimplementasikan teknologi inovatif APEX, memungkinkan lebih banyak konsumen untuk menikmati teknologi tersebut.” 

APEX 2020 telah dilakukan pada eksplorasi vivo dan mengejar tampilan layar yang benar-benar FullViewTM didukung desain Super Unibody. Dibalut tampilan layar lengkung 6.45-inci yang dapat menekuk hingga 120° di kedua sisi. Fitur ini memaksimalkan tampilan bezel-less dengan tanpa adanya bingkai tambahan di sisi samping serta tampilan depan. Mendukung aspek estetika dan kemudahan penggunaan, tombol fisik pada APEX 2020 digantikan tombol virtual berbasis sentuh.

In-Display Camera dari APEX 2020 mampu menghadirkan kemampuan terbaru dengan kemungkinan kamera depan tanpa gerakan mekanis. Kamera depan yang kasat mata menghadirkan desain Super Unibody tanpa celah bukaan dan memberikan ruang lebih luas lagi di dalam bodi. 

Melalui inovasi dalam penempatan piksel layar dan desain sirkuit, APEX 2020 telah berhasil meningkatkan transmisi cahaya layar tepat di atas kamera depan hingga 6 kali lipat dibandingkan bagian lain dari layar, dan secara efektif mengurangi hambatan optik, difraksi, dan gangguan cahaya flash lainnya dengan mengandalkan serangkaian optimisasi secara alogaritma guna meningkatkan kualitas foto. Kualitas foto final juga disempurnakan melalu serangkaian optimisasi algoritma tersebut. 

Saat ini, hampir semua solusi pengambilan gambar yang diperbesar, bergantung pada hybrid-zoom. Pengambilan gambar yang diperbesar perlu diintegrasikan dengan algoritma digital, ada hasil yang bervariasi dalam resolusi dan kualitas gambar. APEX 2020 menjadi smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan ‘Continuous Optical Zoom’ hingga 5x-7.5x dan menghasilkan gambar dalam resolusi dan kualitas tinggi. 

APEX 2020 dilengkapi dengan “4-group lenses combination” dengan 2 kamera tetap dan dua kamera dinamis yang mampu menghasilkan pembesaran zoom yang terus menerus dan real-time focus. Didukung struktur periskop, keseluruhan modul ini hanya setebal 6.2mm, sehingga vivo dapat membenamkan lensa profesional tersebut ke dalam bodi ramping APEX 2020. Untuk meningkatkan kualitas gambar, vivo telah menambahkan algoritma multi-frame sehingga pemandangan jarak jauh sekalipun dapat ditangkap dengan jernih. 

Kehadiran 5G mendorong frekuensi pengambilan konten video dari smartphone menjadi semakin besar. Demi memenuhi kebutuhan untuk pengambilan video yang lebih leluasa, vivo telah berhasil menempatkan mekanisme “Gimbal” ke dalam kamera utama APEX 2020. Hal ini dapat meningkatkan stabilisasi optik di depan-belakang dan kanan-kiri dengan arah ke atas dengan performa yang telah ditingkatkan. Berbagai pengujian dilakukan di dalam laboratorium untuk membandingkan dengan system OIS yang biasa, hasilnya adalah sudut stabilisasi APEX 2020 yang meningkat hingga 200%, serta kualitas pengambilan konten yang lebih konsisten. 

Fitur ini sangat berpengaruh dalam mengurangi gambar kabur yang disebabkan oleh tangan yang bergoyang. Pengguna juga dapat menikmati videografi dengan kualitas yang lebih halus. Tidak perlu membawa peralatan lainnya seraya handset ini sudah siap untuk mengambil gambar dalam momen-momen terbaik. Dengan pengambilan gambar yang stabil, dapat juga meningkatkan waktu eksposur secara efektif sehingga APEX 2020 memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk fotografi minim cahaya. 

APEX 2020 juga memiliki teknologi revolusioner pengisian daya nirkabel Super Flash Charge 60W, yang mampu mengisi daya handset dengan baterai 2000mAh hanya dalam 20 menit, menawarkan pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya kabel konvensional. APEX 2020 juga dilengkapi dengan inovasi lainnya seperti 3rd Generation Screen SoundCasting Technology, penghapusan photobomb secara instan, dan Voice Tracking Auto-Focus. APEX 2020 membawa pengalaman inklusif dan penuh kejutan bagi industri smartphone dan konsumen vivo di berbagai negara.