Begini Cara Facebook Dukung Komunitas Kamu Untuk Berkembang

0

GadgetSquad.id – Menjadi bagian dari suatu komunitas bisa membantu kita untuk menemukan dukungan, inspirasi, dan membuat kita merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Di Facebook, kami melihat semakin banyak komunitas berkumpul bersama untuk mendiskusikan berbagai macam topik sehingga kami mulai berpikir tentang apa yang dapat kami lakukan untuk mendukung mereka juga secara offline.

Lab Innovation Indonesia Facebook

“Program Ekosistem Hub dari Facebook di Indonesia merupakan sebuah fasilitas offline yang terdiri dari dua ruangan fisik yang kami bangun untuk komunitas sosial dan komunitas industri teknologi di Indonesia. Melalui Program Ekosistem Hub ini kami ingin memberikan dukungan yang tepat bagi komunitas sosial dan komunitas industri teknologi di Indonesia agar terus bertumbuh dan berkembang, serta bersama-sama menyebarkan dampak positif bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, baik di ranah online maupun offline,” ujar Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik, Facebook Indonesia.

Program Ekosistem Hub dibentuk berdasarkan tiga pilar, yaitu:

  • Membangun Bersama, dimana kami percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk terus membuat produk dan layanan yang dapat menyatukan semua orang dengan cara-cara yang bermakna.
  • Membangun kapasitas orang-orang di dalam komunitas. Merupakan kebanggan bagi kami untuk menyampaikan bahwa per hari ini kami telah menjangkau lebih 860 komunitas dan 21,000 developers di Indonesia melalui beragam program dan pelatihan.
  • Membangun masa depan. Kami sadar sekali bahwa ide-ide yang baik dan hebat akan bertahan dan terwujud apabila mereka memiliki dukungan yang tepat. Inilah alasannya mengapa Facebook di Indonesia memperkenalan program Ekosistem Hubnya.

Ruang Komunal Indonesia

Ruang Komunal Indonesia, yang pertama kali dibuka untuk umum pada 23 Mei 2018, adalah tempat untuk komunitas sosial berkumpul dan terhubung dengan lebih bermakna. Kami ingin menciptakan tempat bagi beragam komunitas sosial untuk saling belajar dan bagi para penggerak komunitas sosial lainnya untuk berbagi cerita dan pengalaman mereka satu sama lain.

Ruang Komunal Indonesia, atau yang dikenal juga dengan sebutan RuKi, didedikasikan untuk memberdayakan:

  • Komunitas yang menghubungkan orang secara online dan offline

○             Komunitas yang menciptakan rasa saling memiliki bagi semua orang, baik online maupun offline;

  • Komunitas yang berbuat baik

○             Komunitas yang berkontribusi untuk kebaikan sosial, baik dengan membuka koneksi yang mendukung banyak orang atau dengan berbagi ilmu dan keahlian/keterampilan;

  • Komunitas yang menumbuhkan pemahaman & membangun persamaan

 

○             Komunitas yang terbuka untuk semua orang, yang menghargai perbedaan pendapat, dan memberikan kebebasan agar semua opini bisa didengar.

Selama satu tahun semenjak RuKi dibuka untuk umum, sekitar 4387 orang dari 860 komunitas di wilayah Jabodetabek telah menggunakan fasilitas yang disediakan oleh RuKi untuk berinteraksi serta berbagi ilmu dan cerita. Sepanjang tahun tersebut RuKi juga telah menjalankan sekitar 212 program, baik yang diselenggarakan langsung oleh Facebook maupun yang diinisiasi oleh komunitas sendiri.

Beberapa program yang rutin diselenggarakan di RuKi selama satu tahun terakhir antara lain:

  • Ngupi (Ngumpul di RuKI) diadakan rutin di setiap akhir bulan, dengan tujuan memberi tempat bertemu dan networking antar komunitas sehingga tercipta kolaborasi- kolaborasi sosial yang lebih aktif dan masif
  • Meja Makan (Mencari Jawaban Bersama Kawan-Kawan) adalah program focus group discussion yang diadakan rutin 2-3 kali dalam sebulan sebagai tempat komunitas dapat menceritakan dan berdiskusi mengenai permasalahan yang dialami oleh komunitas dalam menjalankan misinya.
  • Kelas RuKI (capacity building class) adalah program yang diadakan sebanyak 2-3 kali dalam sebulan, untuk membantu komunitas dalam hal memberikan pengetahuan serta meningkatkan kemampuan personil sehingga komunitas dapat menjalankan misi sosialnya dengan lebih terarah dan berdaya.

Selain program rutin tersebut, kita bersama-sama juga telah dan akan terus menciptakan ruangan yang aman, nyaman, dan inklusif bagi semua insan. Sekadar rujukan untuk kegiatan itu, di antaranya sebagai berikut:

  • Toleransi – Kegiatan ini bertujuan untuk mengikis stigma-stigma negatif antar-umat beragama. Ruang Komunal mendukung inisiatif dari komunitas Sabang Merauke, Temu Toleran, dalam mengadakan kegiatan yang bertujuan memperkuat kerukunan antar umat beragama.
  • Difable – Kegiatan yang bertujuan menumbuhkan rasa empati bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus. Kegiatan yang juga melibatkan teman-teman disabilitas di antaranya:

○             Nonton bareng bersama teman netra dan Bioskop Bisik

○             Blind Adventure bersama Komunitas Fency (Fellowship Of Netra Community)

○             Nonton bareng dan ngobrol dengan bahasa isyarat bersama teman tuli dari Komunitas Gerkatin Kepemudaan

○             Belajar bersama dengan orang tua yang memiliki anak tuli dari Keluarga Bisindo serta Deafblind (buta tuli) dari Yayasan Gerkatin

○             Optimalisasi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus bersama komunitas Indonesia Care For Rare Disease

 

  • Kesehatan Mental – Faktanya kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif di samping positif. Kegiatan mental health bertujuan untuk memberikan wadah bagi teman-teman yang rentan atau bahkan menjadi korban mental dari era keterbukaan informasi. Beberapa kegiatannya, antara lain:

○             Art Therapy oleh komunitas Bipolar Care Indonesia

○             Diskusi suicide prevention serta internet yang sehat oleh komunitas Into The Light & IDF Youth

○             Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia bersama komunitas Bounce Back Project & Indonesia Future Leaders

  • Pemberdayaan Perempuan – Perempuan kerap kali memainkan peran ganda: sebagai pendidik generasi penerus sekaligus penopang ekonomi keluarga. Ajang ini merupakan sarana berbagi untuk perempuan-perempuan hebat; kegiatannya antara lain:
  • Arisan Digital bersama komunitas Girls In Tech
  • Financial Planner untuk Ibu Tunggal bersama komunitas Single Moms Indonesia

Ruang Komunal Indonesia berlokasi di Kawasan SCBD, Jakarta. Didalamnya dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ruangan beserta sofa, meja, kursi, jaringan internet, serta dapur yang berisi makanan ringan serta minuman. Fasilitas ini tersedia secara gratis untuk semua komunitas sosial di Indonesia. Para komunitas hanya perlu mendaftar via situs yang disediakan Facebook dan mengisi beberapa data untuk dapat menggunakan RuKi.

Informasi lebih lanjut mengenai RuKi, silahkan kunjungi http://fb.me/ruangkomunalindonesia

Lab Innovation Indonesia

Di Facebook, kami melihat pentingnya untuk membangun infrastruktur dasar yang tepat untuk mendukung perkembangan komunitas ICT melalui inovasi dan edukasi.

  • Edukasi: Kami menyadari pentingnya untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan – karena itulah kami bekerja sama dengan mitra lokal untuk membangun ekosistem. Kami percaya bahwa kombinasi dari sumber daya ini memiliki peranan untuk memberikan akses pengetahuan dan fasilitas yang dibutuhkan para inovator. Kami melakukan investasi dalam beragam

program untuk memberikan pelatihan, panduan, dan bimbingan bagi para developer dan start-up di seluruh dunia. Hal ini termasuk Developer Circles, FbStart, dan serangkaian program akselarasi di hub lokal.

  • Inovasi: Kami percaya bahwa pertumbuhan Facebook adalah hasil dari upaya kami untuk berinovasi. Kami ingin terus mendukung inovasi ini dengan mengembangkan produk-produk yang memadai bagi seluruh inovator di platform kami. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami meminta tanggapan dan masukan dari developer secara berkala tentang cara untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa kami, serta terus berinvestasi pada platform dan teknologi masa depan.
  • Komunitas: Komunitas adalah inti dari semua hal yang kami lakukan di Facebook dan bagian penting dari misi utama kami – memberikan orang kekuatan untuk membangun komunitas dan membawa dunia menjadi lebih dekat. Kami percaya komunitas developer di platform kami atau mereka yang berpartisipasi dalam program kami merupakan mitra yang penting dalam menciptakan komunitas ICT yang sehat. Seluruh program yang kami kembangkan, edukasi yang kami berikan, dan inovasi di dalam platform kami, bertujuan untuk membangun komunitas developer dan wirausaha yang mampu mencapai cita-citanya dan berkontribusi kembali untuk komunitas.

Lab Innovation Indonesia, atau disebut dengan LInov, adalah salah satu bentuk nyata dari ketiga poin diatas. LInov merupakan sebuah tempat fisik untuk startup, developer dan inovator untuk berkolaborasi, belajar, bertukar ide guna membantu mereka dalam mengembangkan keahlian dan jaringannya.

LInov kami rancang untuk menguatkan ekosistem industri teknologi di Indonesia, melalui pertemuan rutin, ruang berkolaborasi dan beragam pelatihan serta lokakarya yang akan dilakukan berdampingan dengan anggota Developer Circles, ahli industri dan para spesialis lainnya.

Kami juga merancang program-program untuk menciptakan talenta digital untuk mendukung “Indonesia 4.0” dan kami juga berkomitmen untuk memberi pelatihan 4,000 talenta digital dan juga membantu mereka dalam menemukan karir di industri teknologi dan berinovasi dalam menciptakan solusi menggunakan teknologi.

Salah satu program yang ada di LInov adalah “Developer Circles Javascript Training Course and Bootcamp” bekerja sama dengan Hacktiv8 dimana peserta akan menjalani pelatihan dasar pemrograman menggunakan Javascript selama 4 Minggu dan dilanjutkan oleh program bootcamp dimana peserta akan menjalani program pelatihan intensif selama 3 bulan.

LInov, yang berlokasi di area CoHive di Plaza Asia, akan resmi dibuka dan tersedia secara gratis untuk semua pelaku startup, developer dan inovator Indonesia mulai hari ini, 24 Mei 2019.

Informasi lebih lanjut mengenai LInov, silahkan kunjungi https://labinnovationindonesia-en.splashthat.com/