GadgetSquad.ID – Telkom melakukan manuver manis untuk memperkuat ekspansinya di segmen business to business (B2B), khususnya sektor unit usaha di berbagai daerah di Indonesia.

Perkenalkan bro ini dia Indibiz, sebuah solusi anyar yang dikembangkan Telkom di ranah B2B. Indibiz menjadi jurus Telkom, untuk lebih mendigitalilasi segmen B2B termasuk UKM skala makro.

Ada 4 pilar penting yang jadi jurus utama Indibiz untuk, membidik para UKM yang menjadi target. Pertama, solusi platform dan layanan digital.

Kedua, kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Kemudian yang ketiga, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan.

Adapun pilar keempat yakni, melakukan kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Yuk kenalan dengan berbagai solusi menarik yang dikembangkan Indibiz untuk segmen B2B maupun UKM

Salah satu adalah “Indibiz Ruko”, yang di dalamnya terdiri dari berbagai solusi menarik. seperti Indibiz Pay.

Sesuai namanya Indibiz Pay merupakan solusi digital untuk proses pembayaran. Indibiz Pay menawarkan aneka menu utama pembayaran mulai dari QRIS, Top Up & Tagihan, serta pencatatan transaksi.

Noval Rumangun, Channel Management Directorate Enterprise and bussines service telkom indonesia, menuturkan, salah satu daya tarik Indibiz Pay, bisa lebih cepat menerbitkan QRIS untuk solusi pembayaran.

“Biasanya di platfrom lain butuh lebih dari satu untuk menerbitkan atau mencetak QRIS. Di Indibiz Pay, konsumen cukup menunggu satu hari saja,” jelas Noval.

⁹Masih dalam lingkup Indibiz Pay, tersedia juga layanan Indibiz POS (Kasir digital). POS Indibiz adalah layanan yang menawarkan managemen data seperti persediaan barang secara real time.

Berbagai data yang akurat tersebut tentunya bisa diintegrasikan dengan sistem pembukuan akuntansi pelanggan sehingga berbagai pencatatan secara end-to-end tercatat dengan baik.

Selanjutnya adalah, Indibiz OCA (Komunikasi Omnichannel). Solusi IndiBiz omni channel layaknya assistant digital para pelaku usaha. Layanan ini memiliki tools media komunikasi interaktif (seperti promosi) antara perusahaan (sistem/komputer) dan pelanggan.

Sarana promosinya bisa dalam bentuk teks, audio, video di website, ataupun aplikasi mobile menggunakan platform berbasis artificial intelligence (AI). Penggunaannya pun bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Layanan berikutnya, IndiBiz CCTV (Sistem Keamanan). Indibiz CCTV didukung sistem digital yang canggih yang memungkinkan pemilik usaha memantau aset usahanya kapan saja melalui berbagai gadgetnya seperti smartphone.

Kamera CCTV juga dilengkapi teknologi internet of things (IoT) yang dapat menangkap citra visual dengan detail tinggi secara real time.

Tak sampai disitu, terdapat juga layanan Indibiz PaDi UKM (Platform akses pasar). Indibiz PaDi UKM berbentuk marketplace, mempertemukan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan produk milik UKM, yang dapat ditransaksikan secara B2B maupun B2C (Business to Consumer).

“Selain menyiapkan platform marketplace-nya, kami juga menyediakan pasarnya atau pembeli dari 94 perusahaan BUMN, yang tentu saja menjadi captive market untuk UKM yang memanfaatkan layanan Padi UMKM,” urai Noval.

Di luar berbagai solusi kece dalam lingkup Indibiz Ruko, terdapat lini layanan lain yang tidak kalah menarik ditawarkan Indibiz

Antara lain solusi tersebut adalah Indibiz Hotel, Indibiz Education dan Indibiz Finance. Masing-masing lini juga menghadirkan menu khusus demi memanjakan segmen B2B termasuk pelaku UKM.

selamat atas kehadiran Indibiz.