Setelah merilis teaser sebelumnya di social media, akhirnya TECNO Indonesia secara resmi menghadirkan produk terbarunya di Indonesia yakni, CAMON 20 Series. Ponsel teranyar yang berada di kelas menengah ini hadir dengan tiga varian yang terdiri dari CAMON 20 Premier 5G, CAMON 20 Pro 5G, dan CAMON 20 Pro.

“Produk CAMON 20 Series ini siap menjadi penantang baru di kelasnya yang memiliki kelebihan pada sektor kamera dengan slogan Steady Night Portrait Master dan kapasitas memori besar. Mulai dari varian standar yang dilengkapi dengan kamera 64MP RGBW dan memori internal 256GB, hingga varian tertinggi yang menawarkan teknologi Sensor Shift OIS + RGBW Pro, kamera 108MP Ultra Wide & Macro, serta dilengkapi dengan kapasitas storage 512GB dan didukung oleh prosesor MediaTek Dimensity 8050 pertama di Indonesia. Hal ini menjadikan CAMON 20 Series sebagai smartphone dengan kamera berperforma tinggi di kelasnya,” jelas Anthoni Roderick, Public Relations Manager TECNO Indonesia.

Camon 20 Premier 5G

Dari ketiga series tersebut, CAMON 20 Premier 5G membawa fitur-fitur yang mengesankan, terutama pada sektor kamera. Ponsel ini menawarkan teknologi Sensor-shift OIS (Optical Image Stabilization), yang merupakan teknologi stabilisasi gambar yang diadaptasi dari kamera profesional SLR (Single Lens Reflex). Jika sebelumnya OIS adalah stabilisasi menggunakan lensa, maka Sensor-Shift OIS menggunakan sensor sebagai stabilisasi gambarnya dan mampu mengkompensasi getaran atau goyangan hingga 5.000 kali per detik.

Selain itu, pada Camon 20 Premier 5G ini dibekali dengan kamera 108MP Ultra Wide & Macro, yang memungkinkan penggunanya dapat menangkap mengcapture dalam bidang pandang yang lebih luas dan objek terkecil dengan ketajaman gambar yang detail.

Untuk mendukung performanya ponsel ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 8050 (6nm) dengan dukungan kapasitas penyimpanan internal (ROM) 512GB dan RAM 16GB. Sedangkan untuk daya tahan hidupnya, seri tertinggi Camon 20 Series ini memiliki kapasitas daya sebesar 5000mAh yang sudah didukungan dengan pengisian cepat 45Watt Super Charger.

Camon 20 Pro

Sementara itu, seri CAMON 20 Pro hadir dengan kamera beresolusi 64MP yang dilengkapi dengan sensor RGBW. Filter warna putih ditambahkan untuk meningkatkan cahaya hingga 30% lebih banyak, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto berkualitas tinggi dengan detail yang tajam dan warna yang kaya.

Pada sektor layar, ponsel teranyar besutan Tecno ini dibekali dengan  layar AMOLED 120Hz yang menakjubkan, CAMON 20 Pro memberikan tampilan yang halus dan responsif. Pemindai sidik jari terintegrasi di dalam layar juga memastikan keamanan dan akses yang mudah. Ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G99 (6nm). Selain itu, dengan kapasitas penyimpanan internal (ROM) sebesar 256GB dan RAM 16GB, pengguna memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua foto, video, dan file penting. 

TECNO CAMON 20 Pro dilengkapi dengan 33Watt Flash Charger yang memungkinkan pengisian daya cepat. Baterai berkapasitas 5000mAh juga memastikan ketahanan dayanya cukup lama untuk mendukung beragam aktivitas.

Harga dan Ketersediaan

CAMON 20 Premier 5G hadir dengan varian 8+8GB/512GB yang dipasarkan dengan harga kompetitif di kelasnya, yakni Rp5.999.000. Sementara itu, seri CAMON 20 Pro (8+8GB/256GB) dipasarkan dengan banderol resmi Rp3.099.000. Untuk varian CAMON 20 Pro 5G, sesuai rencana akan diluncurkan pada akhir bulan Agustus 2023.

Pre-order CAMON 20 Series di beberapa toko Erafone berlaku mulai tanggal 1–10 Juli 2023 dengan benefit hingga 1 juta rupiah dan cicilan mudah 0% dengan kartu kredit atau pun tanpa kartu kredit. Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan tambahan diskon hingga 300 ribu rupiah khusus untuk kartu kredit BCA & Mandiri pada periode 1–16 Juli. Promo di Erafone ini juga berlaku di eraspace.com.

Pre-order CAMON 20 Series juga dibuka melalui beragam platform e-commerce TECNO Official Shop, yang dimulai dari periode pre-sale voucher pada tanggal 26 Juni – 5 Juli 2023 secara eksklusif di Shopee. Pada masa ini, konsumen bisa membeli voucher diskon seharga 10 ribu hingga 30 ribu rupiah agar bisa mendapatkan cashback hingga 300 ribu rupiah yang bisa digunakan pada masa pre-order 7–10 Juli 2023.