GadgetSquad.ID – Ajang Telkomsel The NextDev menemui babak baru. Jika biasanya Telkomsel The NextDev, berfokus kepada pencarian talenta muda di industri berbasis digital, kali ini ajang tahunan tersebut menghadirkan “The NextDev Summit”

The NextDev Summit 2019 sendiri merupakan ajang konferensi, untuk mendukung pertumbuhan ekosistem startup dan ekonomi digital Indonesia yang berdampak sosial.

Mengusung tema “Spark the Change”, The NextDev Summit 2019 bertujuan mengakselerasi semangat untuk memberikan perubahan yang berarti melalui kolaborasi dari para pemain-pemain kunci di berbagai bidang.

“Ini mimpi kami yang sangat panjang sejak lima tahun lalu, sejak memulai visi kami dengan The NextDev. Ini merupakan salah satu upaya kami mendukung cita-cita pemerintah agar Indonesia bisa menjadi ekonomi digital terbesar di ASEAN 2025,” kata GM CSR Telkomsel, Tubagus Husniyullah.

Jika tidak ada kendala The NextDev Summit 2019 berlangsung 7 Desember nanti, serta akan melibatkan 105 pembicara dari industri teknologi. Selain itu juga 50 startup dengan kiprah paling menarik di Indonesia dengan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Konferensi ini pun terdiri 50 sesi tatap muka yang mencakup workshop, diskusi panel, diskusi santai, dan sejumlah presentasi. The NextDev Summit 2019 sendiri, menargetkan dikunjungi 5.000 peserta

Terkait pengisi acara, beberapa nara sumber top dipastikan siap menjadi pembicaras di ajang The NextDev Summit 2019.

Para pembicara tersebut meliputi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, President of Huawei Southern Pacific Region Jeffrey Liu, Google Newlab Innovation Lead dan Data Editor Google Simon Rogers, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

NextDev Summit 2019 juga menjadi puncak dari The NextDev Talent Scouting 2019, ajang pencarian startup berbakat yang Telkomsel selenggarakan di sembilan kota di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini.

Dalam acara ini, Telkomsel bersama dua juri lainnya, yakni pendiri Benih Batik Andy F. Noya, dan Dirjen PPI Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, akan menentukan startup terbaik dari The NextDev Talent Scouting 2019.

Telkomsel pun turut memberikan kesempatan kepada startup-startup untuk mengikuti sesi bersama para penanam modal. Beberapa firma investasi yang berpartisipasi adalah Grab Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, Angin, Emtek, GDP Ventures, East Ventures, Metra Digital Inovasi, Fenox, Alpha JWC Ventures, dan Mountain Kejora.

Telkomsel bekerjasama dengan Huawei Technologies untuk menghadirkan pengalaman teknologi telekomunikasi digital 5G dalam acara ini.

Salah satu bentuk kegiatan terkait 5G yang menjadi highlight utama dalam The NextDev Summit 2019 adalah teknologi instant facial recognition, yang mampu menganalisis dan mendeteksi fitur wajah pengguna dan menampilkan informasi yang tertuang sebelumnya di database.