GadgetSquad.id – Rumor tentang MediaTek yang sudah bekerja pada chip ponsel 4nm bukanlah hal baru. Beberapa informasi bahkan percaya bahwa vendor tersebut akan menjadi yang pertama merilis chip berdasarkan fabrikasi 4nm.

Desas-desus tersebut selanjutnya dikonfirmasi oleh dua keterangan rahasia Weibo yang terkenal. Mereka percaya bahwa chipset Dimensity 2000 yang akan datang akan didasarkan pada proses manufaktur 4nm dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), sebagaimana dilaporkan GSM Arena.

MediaTek juga telah membagikan beberapa sampel kepada mitra perangkat kerasnya untuk pengujian internal. Jika semuanya berjalan dengan baik, kita akan melihat handset bertenaga Dimensity 2000 pertama memasuki pasar awal tahun depan. 

Selain itu, chip andalan perusahaan akan menggunakan arsitektur ARM V9 baru serta inti Cortex-X2 baru untuk beberapa pemecahan angka yang serius. Orang akan berasumsi bahwa kinerja Dimensity 2000 tidak akan jauh berbeda dari SoC tingkat atas Qualcomm untuk tahun 2022.

Kopetitornya, Qualcomm, juga dilaporka akan menghadirkan chip dengan fabrikasi 4nm Snapdragon 898. Menurut Ice Universe di Weibo chipset ini dibuat dengan Cortex-X2 baru akan memiliki clock di 3.09GHz. ARM mengumumkan CPU berkinerja tinggi ini akan datang pada pada bulan Mei dan dikatakan membawa peningkatan 16 persen dalam kinerja dibandingkan Cortex-X1. 

Snapdragon 898 akan menjadi chipset 4nm yang akan diproduksi oleh Samsung seperti yang diberitakan awal bulan ini, ketika masih disebut sebagai Snapdragon 895. Varian dengan clock lebih tinggi plus yang diharapkan akan dirilis pada pertengahan 2022 akan diproduksi oleh TSMC.