Ternyata Ini Dia 5 Hp Terlaris Selama Ini

Jika berbicara mengenai produk Hp tentu gak ada habisnya. Belum lama hadir tipe Hp terbaru, sudah muncul tipe paling baru lainnya. Termasuk persaingan ketat antar merek Hp yang mengunggulkan fitur-fitur terbaru. Tidak heran jika dalam kurun waktu tertentu, hadir banyak Hp terbaru. Dari sekian banyak tipe Hp yang sudah diluncurkan, mana yang menjadi Hp terlaris selama ini ?

Hp terlaris

Dilansir dari Android Authority,  setidaknya ada 5 tipe Hp terlaris selama ini. Yaitu Hp yang berhasil mencatat angka penjualan paling tinggi selama lifecycle-nya atau selama kurun waktu keberadaannya. Atau selama Hp tersebut masih tersedia di pasaran dan belum discontinue. Selain itu juga menjadi Hp terlaris dalam kurun waktu satu dekade ini.

Kelima Hp terlaris menurut data yang dihimpun Android Authority tersebut, yaitu :

Samsung Galaxy S3 dan iPhone 5

Kedua smartphone tersebut sama-sama berhasil meraih angka penjualan yang hampir sama yaitu di kisaran 70 juta unit. Penjualan tersebut terjadi selama masa keberadaan keduanya. Angka penjualan yang ditampilkan tidak detil. Jika memang didapat angka detilnya, bisa jadi antara Samsung Galaxy S3 atau iPhone 5 yang lebih unggul.

Cukup tingginya angka penjualan kedua smartphone ini, tidak lepas dari kepopuleran dari seri sebelumnya. Samsung Galaxy S3 muncul ketika seri Galaxy S2 sedang banyak digandrungi pengguna. Begitu pun dengan iPhone 5, yang diluncurkan menyusul kesukesan iPhone 4s.

Selain itu, baik antara Samsung Galaxy S3 dan iPhone 5 hadir di pasaran saat momentum yang pas. Yaitu ketika pertumbuhan pangsa pasar smartphone sedang menanjak. Di mana pengguna ‘haus’ akan adanya smartphone terbaru.

iphone 5

Kedua Hp terlaris ini sama-sama dirilis pada 2012. Tingginya penjualan Samsung Galaxy S3 semakin membuat posisi Samsung sebagai vendor nomor satu semakin kokoh. Bahkan mulai meninggalkan vendor lain yang juga mengusung smartphone Android. Dan bagi Apple, larisnya iPhone 5, semakin memperpanjang jejak sukses dengan produk iPhone-nya.

Baca juga : 7 Hp Samsung Paling Baru Saat Ini

iPhone 7 dan 7 Plus

Di posisi selanjutnya ada iPhone 7 dan 7 Plus. Kedua Hp terlaris ini memang sengaja dijumlahkan angka penjualannya. Karena keduanya diluncurkan dalam waktu yang berbarengan. Selain itu karena tidak adanya perbedaan fitur yang terlalu jauh antara kedua iPhone tersebut. Angka penjualan iPhone 7 dan 7 Plus selama  lifecycle-nya mencapai 78 juta unit.

hp terlaris

Ada beberapa fitur menarik saat itu yang dibawa kedua Hp terlaris tersebut, hingga mengapa akhirnya bisa meraih penjualan yang tinggi. Fitur yang dimaksud antara lain kemapuan tahan air, pilihan kapasitas memori internal yang lebih besar dan daya tahan baterai yang lebih lama. Itulah yang membuat para pecinta iPhone atau pengguna lain pada umumnya tertarik untuk membeli iPhone 7 dan 7 Plus saat itu.

Samsung Galaxy S4

Kesuksesan Galaxy S3 ternyata masih terus merembet pada seri smartphone penerusnya, yaitu Samsung Galaxy S4. Dan memang sedikit banyak, faktor kesukesan seri sebelumnya memberi andil pada keberhasilan Samsung Galaxy S4 yang diluncurkan pada 2013. Hp terlaris yang satu ini sukses membukukan penjualan mencapai angka 80 juta unit.

Ditambah Samsung Galaxy S4 juga membawa beberapa peningkatan dari tipe sebelumnya. Mulai dari spesifikasi hardware yang lebih tinggi, kemampuan software yang diperbarui hingga kelengkapan fitur yang ditingkatkan. Seperti fitur Touchwiz, Eye Tracking dan Air View yang menjadi daya tarik. Keberadaan fitur khas Samsung tersebut juga semakin menegaskan kekuatan Samsung dibandingkan vendor smartphone Android lainnya.

Nokia 5230

Jangan heran dulu. Nokia memang dalam kurun waktu selama ini sedang mengalami penurunan. Terutama saat munculnya smartphone berbasis Android. Tapi ternyata ada tipe Hp Nokia yang sukses meraup penjualan yang bagus. Hp terlaris tersebut yaitu Nokia 5230.

hp terlaris

Nokia 5230 dirilis pada 2009. Hp ini tidak mengadopsi OS Android, melainkan masih menggunakan OS buata Nokia yaitu Symbian. Selain itu fitur yang dibawanya juga tidak berspesifikasi tinggi. Hp ini hanya dibekali layar berukuran 3,2 inci , kamera 2 Mpix dan memori internal 70 MB. Harganya yang murah ternyata yang menjadi daya tarik Hp Nokia yang satu ini. Dan Nokia 5230 menjadi Hp terlaris untuk segmen smartphone murah, di mana sukses terjual sebanyak 150 juta unit.

Baca juga : 8 Hp 1 Jutaan Ini Lancar Buat Main Game Berat

iPhone 6 dan 6 Plus  

Sebelumnya terlihat angka penjualan iPhone 7 dan 7 Plus terbilang tinggi. Tapi ternyata Apple mengalami penurunan penjualan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu iPhone 6 dan 6 Plus. Ini lantaran kedua tipe iPhone ini berhasil terjual sebanyak 220 juta unit.

Bahkan itu membuat iPhone 6 dan 6 Plus berhasil mencatatkan rekor. Yaitu sebagai tipe iPhone paling laku sepanjang sejarah kehadiran produk smartphone buatan Apple. Bahkan akan tetap sulit dikejar oleh iPhone X , iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang saat ini masih dijual di pasaran.