ASUS resmi memperkenalkan ROG Phone 3, generasi terbaru smartphone gaming premium yang juga merupakan bagian dari jajaran produk Republic of Gamers. Perangkat yang memang di khususkan untuk hardcore mobile gamer ini, tampil dengan performa paling powerful serta dilengkapi fitur gaming eksklusif yang tidak bisa dijumpai di smartphone lainnya.

Performa

ROG Phone 3 juga merupakan smartphone gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, SoC paling powerful saat ini. SoC ini merupakan varian yang lebih kencang dibandingan Snapdragon 865, dengan perbedaan utama di clock untuk Kryo 585 Prime yang lebih tinggi, mencapai 3.1 GHz. Dengan penggunaan RAM LPDDR5 dan storage UFS 3.1 perangkat ini sangat mendukung performa tinggi. Untuk kapasitas RAM dan storage nya hadir dengan dua varian yakni, RAM 8GB dengan storage 128GB sedangkan untuk varian tertinggi memiliki kapasitas RAM 12GB dengan ruang penyimpanan 256GB.

Layar

Bisa dibilang, layar ROG Phone 3 yang ada terbaik di pasaran saat ini, dengan layar AMOLED dan refresh rate 144Hz, satu-satunya layar AMOLED dengan refresh rate setinggi 144Hz. Seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua layar smartphone di Indonesia termasuk kelas flagship, memiliki layar dengan refresh rate 90Hz hingga 120 Hz.

Dengan resolusi 2340 x 1080p, yang juga didukung fitur 10 bit HDR10+ yang sangat responsive karena memiliki fitur respone time 1ms. Layar ini juga dilengkapi dengan TUV Rheinland Low Blue Light Certification, dengan solusi berbasis hardware untuk mengurangi flicker yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan mata. 

Kamera

Meskipun hape gaming, tapi spesifikasi kamera ROG Phone 3 yang ditawarkan tidak main-main. Hal ini terlihat dari kamera utama pada bagian belakang layar yang kini hadir lebih lengkap dari generasi sebelumnya dengan konfigurasi Triple camera. Pertama ada sensor Sony IMX686 sebesar 64MP, lensa kedua 13MP ultra wide dan terakhir 5 MP untuk lensa makro. Pindah ke kamera depan, ponsel gaming terbaru besutan ASUS ini dibekali dengan resolusi 24 MP yang posisinya ditempatkan di sisi kanan, dan menurut kami posisi ini sangat ideal untuk kebutuhan live streaming game.

Fitur

Sebagai gaming smartphone, ROG Phone 3 tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung gaming, seperti yang sudah ada di jajaran ROG Phone sebelumnya. Ponsel gaming ini telah dilengkapi fitur untuk mengoptimalkan kinerjanya melalui fitur X-Mode. Dengan mengaktifkan fitur ini, frekuensi CPU akan dinaikkan secara otomatis. 

Selain itu, memeberikan pengalaman game yang lebih lancar, ASUS membekali ponsel gaming ini dengan Fitur HyperFusion Network sehingga secara otomatis memilih jalur koneksi Internet melalui seluler atau Wi-Fi, tergantung dari koneksi mana yang dinilai lebih baik. ROG Phone 3 ini juga dibekali dengan Quad-Microphone System untuk komunikasi suara in-game yang lebih baik, memastikan ada mic yang tidak tertutup telapak tangan.

Aksesori Gaming Tambahan

Untuk menambah pengalaman game semakin seru, ASUS menyediakan aksesori gaming yang di jual secara terpisah mulai dari ROG Kunai 3 Gamepad, ROG TwinView Dock 3, ROG AeroActive Cooling 3 dan aksesoris lainnya yang bikin ROG Phone 3 ini jadi hp“Paling Gaming dan unik”

Baterai

Menyoal daya tahan hidupnya, seperti generasi sebelumnya ROG Phone 3 dibekali dengan baterai jumbo sebesar 6000 mAh dengan teknologi HyperCharge 30W. Satu hal yang menarik, baterai ROG Phone 3 isudah didukung dengan beberapa fitur baru di aplikasi PowerMaster untuk tetap menjaga kesehatan baterai. 

Harga dan Ketersediaan

ROG Phone 3 hadir di Indonesia dalam dua varian yaitu model yang menggunakanpenyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12) yang sudah bisa dipesan melalui Erafone, Urban Republic, ASUS ROG Store, dan ASUS Exclusive Store.