GadgetSquad.ID – Berkat konsistensinya, Oppo berhasil menjadi vendor smartphone terbesar keempat secara global, pada tahun 2021 lalu versi lembaga riset Catalys. Pencapaian tersebut direspom Oppo dengan kembali merilis hape baru.

Memperkuat posisinya di segmen flagship, Oppo resmi merilis Seri Find X5 Series. Terdiri dari dua tipe, yakni Oppo Find X5 dan X5 Pro, hape anyar ini dipersenjatai berbagai teknologi terbaik untuk bertempur di segmen flagship.

Bahkan pabrikan asal Tiogkok ini mengklaim, jika seri Oppo Find X5 series membawa standar baru terhadap teknologi pencitraan dari smartphone dan desain premium.

“Seri Find X5 Series merupakan sebuah pengembangan yang signifikan dalam Seri Find X, memiliki keindahan estetis, dan kemampuan yang mumpuni. Seri Find X5 berhasil melampaui keterbatasan yang ada dalam hal desain, teknologi pencitraan, baterai, dan performa. Perangkat ini dikembangkan dari kerangka rancangan Seri Find X3 yang sempat menjadi popular di kalangan konsumen dan kritikus,” kata William Liu, Presiden Pemasaran Global Oppo.

Soal kamera, menu imaging, Oppo Find X5 dan Find X5 Pro memiliki spesifikasi dan fitur yang mirip. Mereka memiliki tiga kamera belakang, yang terdiri dari dua lensa IMX766 50MP dan sebuah lensa telephoto 13MP.

Kamera selfie-nya, kedua HP ini kompak memakai lensa 32MP. Perbedaannya, kamera depan Oppo Find X5 Pro memakai kamera Sony IMX709 yang diklaim mampu menghasilkan foto selfie yang lebih baik, tekstur gambar yang lebih tajam, dan warna yang lebih akurat.

Oppo Find X5 Series dibekali dengan chip NPU pertama buatan Oppo yang disebut MariSilicon X. Oppo menjelaskan bahwa NPU ini dibuat khusus agar dapat menangkap gambar dengan jelas dan penuh detil di malam hari.

Khusus untuk Oppo Find X5 Pro, ia juga dilengkapi Hasselblad Natural Color Calibration dalam Pro Mode dan berbagai Master Filters.

Masih soal imaging, kedua hape membawa fitur 4K Ultra Night Video yang dapat diaktifkan pada kamera wide dan ultra wide.

Hal menarik lain dari Oppo Find X5 Series, tentu saja di sektor desain. Kedua HP tersebut mengusung layar lengkung khas smartphone premium.

Pada bagian penampang belakang, Oppo Find X5 Series masih memakai konsep modul kamera yang menyatu dengan bodi seperti Oppo Find X3 Pro.

Oppo Find X5 Series hadir dalam varian warna Ceramic White dan Glaze Black. Masing-masing telah mendapat sertifikat anti-air dan debu IP68.

Untuk spesifikasi lainnya, Oppo Find X5 hadir dengan layar AMOLED 6,55 inci beresolusi Full HD. Sedangkan Oppo Find X5 Pro punya layar AMOLED yang lebih besar, seluas 6,7 inci dengan resolusi Quad HD Plus.

Kedua HP tersebut telah memiliki refresh rate mulus 120 Hz dengan touch sampling 240 Hz, serta fitur LTPO yang akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis sesuai penggunaan agar baterai lebih irit.

Layar Oppo Find X5 dan Find X5 Pro juga telah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Masuk ke bagian dapur pacu, Oppo Find X5 memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 888. Adapun Oppo Find X5 Pro memakai prosesor yang lebih baru, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Kemampuan Oppo Find X5 akan ditunjang dengan RAM 8GB, sedangkan Find X5 Pro punya RAM 12 GB. Keduanya punya memori internal 256 GB dan berjalan dalam sistem operasi Android 12 yang dikemas dalam antarmuka ColorOS 12.1.

Oppo Find X5 dan Find X5 Pro dibekali dengan fast charging 80 Watt. Find X5 punya baterai 4.800 mAh, sedangkan Find X5 Pro punya baterai 5.000 mAh.

Harga dan ketersedian
OPPO Find X5 Pro akan tersedia mulai 14 Maret dengan harga €1299.
OPPO Find X5 akan tersedia mulai 14 Maret dengan harga €999.
OPPO Enco X2 akan tersedia mulai pertengahan April dengan harga €199.
Pre-order OPPO Find X5 Series dibuka pada tanggal 24 Februari.

Sayang belum diketahui apakah kedua hape Oppo Find 5X Series, bakal rilis di Indonesia dalam waktu dekat.