Gagal Saingi WhatsApp, Aplikasi Chating Google Allo Resmi Ditutup

0

GadgetSquad.id – Tidak mampu bersaing dengan WhatsApp, Google akhirnya menutup dengan Aplikasi Chatting Google Allo. Banyak yang berspekulasi penutupan Aplikasi ini dikarenakan sepi peminat.

google allo

Seperti dilansir The Verge, Selasa (12/3/2019), aplikasi Chatting yang diluncurkan pada september 2016, Google Allo, resmi ditutup. Aplikasi ini menjadi andalan Google untuk bersaing dengan WhatsApp, Line, dan aplikasi chat sejenis.

Hal ini diperkuat pernyataan dari Head of The Communications Group Google Anil Sabharwal yang mengatakan, penutupan Allo karena aplikasi ini belum mencapai tingkat daya tarik yang diharapkan oleh Google.

Baca juga: Awas! Penipuan Via WhatsApp dan Facebook Makin Banyak, Begini Cara Menangkalnya

Keputusan Google untuk menghentikan layanan Allo sebenarnya sudah diketahui sejak tahun lalu. Pada Desember 2018, Google menjelaskan dalam blognya bahwa layanan Allo akan dihentikan pada Maret 2019.

“Kami mengucapkan selamat tinggal kepada Allo pada bulan Maret, 2019. Selama waktu kami bersama, kami membawakan Anda cara yang lebih cerdas untuk mengobrol, dengan fitur-fitur seperti Google Assistant, Allo untuk web dan stiker selfie.”

“Kami sedang berupaya membawa fitur favorit Anda ke aplikasi Messages sehingga Anda dapat melakukan percakapan yang lebih kaya dengan semua teman Anda. Jika Anda memiliki ponsel Android, kami harap Anda akan mencoba Messages,” tulis Google di laman Allo saat dikunjungi Rabu (13/3/2019).

Gagal Saingi WhatsApp, Aplikasi ChatiGoogle Allo Resmi Ditutup

Baca juga: Redam Hoax, Forward Pesan via WhatsApp Kini Dibatasi

Penutupan dari Allo tidak serta merta Google meninggalkan penggunanya, mereka merekomendasikan pengguna untuk beralih ke Android Messages.

Namun tidak sepert aplikasi Google allo yang memiliki fitur untuk melakukan pesan instan, Android Messages merupakan aplikasi standar Android untuk berkirim pesan SMS.

Google sendiri telah meluncurkan layanan RCS khusus untuk pelanggan Google Fi, demikian dilansir The Verge. Google mengklaim bahwa mereka sedang mengembangkan aplikasi chat mirip iMessage bernama RCS dengan kemampuan SMS. kemungkinan aplikasi chat ini akan menjadi aplikasi pesan default untuk ponsel Android.

Perlu diketahui, aplikasi Google Allo pertama kali diluncurkan pada acara Google I/O 2016. Aplikasi ini muncul bersamaan dengan aplikasi video call Google Duo.