GadgetSquad.id – Intel hari ini mengumumkan ketersediaan lebih dari 30 desain laptop berbasis prosesor 12th Gen Intel® Core™ mobile terbaru di Indonesia, mulai bulan ini. Jajaran laptop terbaru itu termasuk produk-produk dari enam brand terkemuka – Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo dan MSI, dengan lebih banyak desain akan hadir dalam beberapa bulan mendatang.

Cekiel Danielson, Director of Consumer Sales – Asia, Intel Corporation, mengatakan, “Kami sangat antusias dengan peluncuran prosesor 12th Gen Intel Core terbaru di Indonesia dan bergabungnya para mitra OEM kami untuk menampilkan jajaran laptop yang ditenagai oleh prosesor baru itu, dari laptop ultra-tipis sampai laptop berperforma tinggi untuk para enthusiast, dalam desain yang ramping, sehingga menghadirkan performa terdepan dan teknologi termutakhir bagi kalangan konsumen dan bisnis.”

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ Mobile

Prosesor12th Gen Intel® Core™ mobile adalah prosesor pertama berbasis teknologi proses Intel 7 dan menggunakan performance hybrid architecture terbaru untuk menghasilkan peningkatan performa yang besar guna menangani berbagai beban kerja PC. Fitur-fitur andalan dalam keluarga prosesor generasi ke-12 ini adalah, dukungan memori yang luas untuk modul DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s, konektivitas hampir tiga kali lebih cepat pada channel eksklusif berkecepatan tinggi tanpa interferensi sebagaimana yang sering terjadi pada konektivitas Wi-Fi dengan teknologi lama, serta mendukung teknologi Thunderbolt™ 4 yang memberikan kecepatan transfer data hingga 40Gbps dan konektivitas PC ke beberapa monitor beresolusi 4K dan berbagai aksesori lainnya.

Keluarga prosesor 12th Gen Intel® Core™ mobile meliputi prosesor U- dan P-series mobile terbaru. Dengan hingga 14 core dan 20 thread dan menampilkan grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe, prosesor P-series terbaru akan bekerja dengan base power 28W dan dirancang untuk laptop thin-and-light dengan performa tinggi. Sedangkan prosesor U-series bekerja dengan base power 9 hingga 15W dan dirancang untuk laptop yang dioptimalkan dengan form factor thin-and-light. Jajaran prosesor mobile ini dirancang khusus untuk performa yang dibutuhkan oleh berbagai laptop thin-and-light serta beragam form factor mutakhir.

Keluarga prosesor ini juga mencakup 12th Gen Intel® Core™ H-series, yang salah satunya yaitu Intel Core i9-12900HK tidak saja menjadi platform mobile gaming terbaik di dunia tapi juga merupakan prosesor mobile tercepat yang pernah diciptakan. Dengan menggabungkan Performance-cores (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores) dengan prioritas beban kerja secara cerdas dan distribusi manajemen melalui Intel® Thread Director, prosesor Intel Core i9-12900HK terbaru meningkatkan performa sistem dalam aplikasi single maupun multi-threaded.

Hadir pula prosesor 12th Gen Intel® Core™ HX series yang menggunakan silikon berkaliber desktop dalam paket mobile – untuk menghadirkan kinerja tingkat tinggi pada alur kerja profesional seperti CAD, animasi, dan efek visual. Seri prosesor ini menawarkan hingga 16 core (8 Performance-core dan 8 Efficient-core) dan 24 thread yang bekerja dengan base power prosesor 55W. Desain sistem yang menggunakan HX-series akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat.

Baca Juga: Laptop Asus ROG Terbaru dengan 12th Gen Intel Core Hadir di Indonesia

Intel Evo, Third Edition

Dengan spesifikasi edisi ketiga yang baru, desain-desain laptop yang menggunakan badge Intel® Evo™ akan menjalankan beban kerja paling intensif yang pernah ada, dengan cara menguji kondisi-kondisi nyata untuk memastikan pengalaman konferensi video yang unggul, selain tingkat respons yang luar biasa, instant wake, daya tahan baterai yang lama dan fast charging. Laptop Intel Evo dengan 12th Intel Core dioptimalkan untuk multitasking – semuanya dengan tetap mempertahankan konektivitas yang tinggi, kualitas gambar, dan sound yang hebat ketika melakukan video call dengan banyak orang.

Ketersediaan Lokal

Perangkat dengan prosesor 12th Gen Intel Core, serta desain-desain yang tersertifikasi Intel Evo, sudah tersedia di Indonesia mulai hari ini dan bisa ditelusuri di website masing-masing brand maupun melalui retail dan reseller resmi.

Berikut adalah jajaran laptop yang menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ yang tersedia di Indonesia saat ini, sebanyak 13 di antaranya adalah perangkat Intel® Evo™:

BrandLaptop yang ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ mobile
ACERACER New Swift 5 (Intel Evo)
ACER New Spin 5 (Intel Evo)
ACER Predator Helios 300
ASUSASUS Zenbook 14 OLED (Intel Evo)
ASUS Zenbook Pro 14 Duo (Intel Evo)
ASUS TUF Gaming-F15
ASUS ROG Scar 15/17
ASUS ROG Zephyrus M16
ASUS ROG Flow Z13
DellDell XPS13 (Intel Evo)
HPHP Gaming Omen
HP Spectre X360 (Intel Evo)
LenovoLenovo Yoga 9i (Intel Evo)
Lenovo Yoga Slim 9i (Intel Evo)
Lenovo Yoga Slim 7i Pro (Intel Evo)
Lenovo Legion 5i Pro
Lenovo Legion 5i
Lenovo Ideapad Gaming 3i
Lenovo Legion Tower 7i
MSIMSI Summit E13Flip (Intel Evo)
MSI Prestige 14 (Intel Evo)
MSI Summit E14 Flip (Intel Evo)
MSI Summit E14 (Intel Evo)
MSI Stealth GS66
MSI Raider GE76
MSI Raider GE66
MSI Vector GP66
MSI Crosshair 15
MSI Katana GF66
MSI Katana GF76
MSI Modern 14