GadgetSquad.id – Samsung sudah menjadi merek smartphone terkemuka dalam hal desain yang dapat dilipat. Dan sekarang raksasa teknologi asal Korea Selatan itu sedang mengerjakan faktor bentuk yang berbeda untuk meluncurkan perangkat dengan layar yang dapat digulung. 

Menjelang SID 2021, Samsung Display telah memamerkan layar OLED untuk perangkat S-Foldable, Slidable, dan Rollable. Namun, tampilan tersebut diungkapkan oleh Samsung Display dan bukan unit Elektronik, demikian dilaporkan Gizmochina.

Sekarang, Samsung Electronics telah mengajukan merek dagang di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) untuk nama Samsung Galaxy Z Roll, menurut LetsGoDigital. Seperti namanya, ini untuk smartphone pertama perusahaan yang dapat digulung. 

Samsung telah menggunakan faktor bentuk tidak tradisional di bawah seri Galaxy Z-nya dan terus melakukan hal yang sama dengan tampilan yang dapat digulung. Ini melanjutkan tren Samsung dengan nama-nama sederhana untuk perangkat seperti Galaxy Z Fold untuk hape lipat dan Galaxy Z Flip untuk ponsel flip mirip kulit kerang. 

Saat ini, tidak banyak yang diketahui tentang smartphone Galaxy Z Roll yang dapat digulung dari Samsung. Namun, kabar terdengarbahwa akan lebih banyak informasi tentang perangkat itu di bulan Agustus, ketika perusahaan diharapkan meluncurkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

LG juga mengerjakan smartphone yang dapat digulung bernama LG Rollable yang telah dipamerkan perusahaan tahun lalu. Namun, perangkat tersebut telah dihentikan mengingat LG mengambil langkah keluar dari bisnis smartphone. 

Selain itu, ada juga Oppo yang telah memamerkan smartphone dengan layar yang dapat digulung bernama Oppo X 2021, tapi hanya diluncurkan sebagai Smartphone Konsep. Tidak mungkin OPPO berencana meluncurkan smartphone secara komersial dalam waktu dekat.

Mengingat bagaimana keadaannya, tampaknya Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang secara komersial meluncurkan ponsel layar yang dapat digulung.