GadgetSquad.id – Android 12 beta publik sekarang sudah tersedia. Google meluncurkan Android 12 dalam acara konferensi pengambang I/ O 2021 pada hari Selasa, 18 Mei dengan antarmuka yang didesain ulang dan pengaturan privasi yang ditingkatkan.

Meskipun rilis stabil dari sistem operasi baru akan tersedia akhir tahun ini, pengguna dapat merasakan beberapa fitur utamanya dengan mengunduh versi beta publik pertama dari Android 12 (alias Android 12 Beta 1) di ponsel cerdasnya. Ini memiliki antarmuka baru berdasarkan bahasa desain yang disebut Material You.

Berdasarkan laporan dari Gadget NDTV, rilis beta publik pertama juga memberi pengguna gambaran sekilas tentang pengaturan privasi yang dibawa Google ke ponsel cerdas. 

Android 12 Beta 1 tersedia untuk diunduh di Google Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3A, Pixel 3A XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4A, Pixel 4A 5G, dan Pixel 5. Untuk menginstal rilis beta di ponsel Pixel, pengguna harus terlebih dahulu mendaftarkan perangkatnya dari situs Android 12 beta.

Pengguna akan diminta untuk mendaftar rilis Android 12 beta meskipun sebelumnya telah mendaftar di Program Beta Android 11. Setelah terdaftar, Android 12 Beta 1 akan tersedia untuk diunduh di ponsel pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat memeriksa ketersediaannya secara manual dengan membuka menu Pengaturan, pilih Sistem, ketuk Pembaruan Sistem, lalu Periksa pembaruan. Mungkin perlu beberapa saat agar rilis beta mencapai perangkat pengguna. 

Jika tidak memiliki ponsel Pixel, Google telah mengumumkan Android 12 Beta 1 untuk daftar smartphone pihak ketiga yang merupakan bagian dari program Pratinjau Pengembang Android 12. Ponsel ini termasuk Asus ZenFone 8, OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, Oppo Find X3 Pro, TCL 20 Pro 5G, Tecno Camon 17, iQoo 7 Legend, Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro, Realme GT, dan yang ZTE Axon 30 Ultra 5G.

Pengguna dapat memeriksa proses penginstalan rilis beta publik pertama Android 12 di salah satu ponsel ini dengan membuka tautan manufaktur yang tersedia di situs Pengembang Android. Google juga menghadirkan pratinjau pengembang pertama Android 12 pada bulan Februari, tapi saat itu terbatas pada ponsel Google Pixel. 

Android 12 memiliki antarmuka baru yang dapat dipersonalisasi dengan palet warna khusus dan widget baru yang dapat diubah ukurannya dengan fleksibilitas yang jauh lebih besar. Google telah menawarkan fitur yang disebut ekstraksi warna yang memungkinkan sistem untuk secara otomatis menentukan warna mana yang dominan, mana yang melengkapi dan mana yang terlihat bagus dari wallpaper pengguna (bisa jadi gambar yang Anda klik).

Dan bisa menerapkan warna-warna itu di seluruh antarmuka. Artinya, elemen seperti bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, dan widget, semuanya akan disesuaikan untuk melengkapi wallpaper pengguna.