Google Maps Kini Sediakan Rute Khusus Motor Serta Jalur Ganjil Genap

GadgetSquad.ID – Google kembali berinovasi pada layanan Google Maps. Kali ini di Googlpe Maps versi terbaru, sudah tersedia mode atau rute khusus bagi pengendara motor.

Krish Vitaldevara, Group Product Manager Google Maps, bertutur, adanya mode ini diharapkan bisa membuat para biker, mengambil rute perjalanan yang tepat. Nantinya pengendara motor, tidak lagi diarahkan ke rute mobil, seperti jalan tol.

Tidak hanya itu, Google juga memberi jalur pintas kepada pengendara. Sehingga rute perjalanan akan lebih cepat. “Fitur ini sudah dikembangkan empat bulan. Melibatkan Google Street View, Local Guide, dan pihak ketiga,” ungkap Krish dalam keterangan resminya.

Jika Agan mau menjajalnya terbilang sangat mudah. Pertama pastikan dulu aplikasi Google Maps sudah terupdate ke versi 9.73.3 di Play Store. Bila sudah jalankan aplikasi seperti biasa.

Yang perlu diketahui, meski telah hadir di Indonesia, layanan ini belum sepenuhnya hadir di seluruh daerah. “Saat ini baru tersedia di daerah yang banyak pengendara motornya, seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota besar yang banyak motornya,” ungkap Krish.

Selain fitur rute motor, Google memberikan dua fitur baru lain di layanan peta digitalnya. Kini Google Maps memiliki sistem ganjil dan genap.

Jadi ketika menggunakan rute mobil, akan muncul opsi ganjil genap di bagian atas. Setelah menekannya kita akan diminta untuk memilih pelat nomor yang digunakan. Dari sini, Google Maps akan memberikan jalur yang sesuai saat aturan ganjil genap diberlakukan.

“Fitur ini pertama kali kami luncurkan di Indonesia. Rencananya kami akan mengaplikasikan kota-kota lain di dunia,” tukasnya.